Yeni Hardianti Jadikan Dongeng Sebagai Media Dakwah, Begini Menurut Pendapat Islam

0
76
Yeni Hardianti 2

Yeni Hardianti – Baginya, dunia anak-anak adalah sesuatu yang amat disenanginya. Apalagi kegiatan bersama anak-anak itu sendiri menyenangkan. Sehingga ia melakukan berbagai kegiatan untuk anak-anak dengan senang dan sepenuh hati. Di bulan Ramadhan ini, ia juga menjalani peran sebagai pendongeng sekaligus pendakwah bagi anak-anak. Untuk memudahkan anak-anak mengambil pesan religi yang disampaikannya, ia membuat dakwah yang ringan dan mudah untuk dicerna anak-anak.

Yeni Hardianti 1

Karakter boneka yang dibuatnya membuat anak-anak menerima dakwah yang disampaikannya dengan lebih menyenangkan. Apalagi karakter boneka yang dibuatnay juga dapat menghipnotis para anak-anak. Dengan menjadikan dongeng sebagai media untuk berdakwah, tentu saja dakwah menjadi lebih bisa diterima. Apalagi biasanya anak-anak tidak suka jika terlalu dinasehati. Maka dari itu, Yeni membuat cara menarik dan disukai anak-anak untuk menyelipkan berbagai nasehat religi.

Yeni Hardianti Jadikan Dongeng Sebagai Media Dakwah, Begini Menurut Pendapat Islam

Yeni Hardianti 2

Yeni Hardianti menggunakan metode dongeng untuk menyampaikan nasehat kepada anak-anak dengan cara yang menyenangkan dan menarik. Ia sendiri merupakan salah satu guru di Sekolah Dasar Cimahi, sebelumnya merasa jenuh dengan pola pembelajaran yang dilakukan.

Apalagi antusias anak-anak yang menurun. Sehingga kemudian ia melakukan pelatihan mendongeng selama beberapa hari, dan menggunakan ini sebagai media pembelajaran. Dalam islam sendiri, berdakwah bisa dilakukan dengan berbagai metode atau cara.

Serulah (manusia) kepada jalan Tuhan-mu dengan hikmah dan pelajaran yang baik dan bantahlah mereka dengan cara yang baik. Sesungguhnya Tuhanmu Dialah yang lebih mengetahui tentang siapa yang tersesat dari jalan-Nya dan Dialah yang lebih mengetahui orang-orang yang mendapat petunjuk.

Ayat ini menjelaskan bagaimana dakwah harus menggunakan cara yang hikmah dan juga baik. Sehingga metode dongeng untuk memberikan dakwah yang baik kepada anak-anak tidaklah dilarang dalam islam. Apalagi ada beberapa manfaat juga yang bisa kita ambil lho dari berdakwah menggunakan metode dongeng ini. Apa saja itu?

Nasehat-Nasehat Bisa Diterima Dengan Baik

Manfaat menjadikan dongeng sebagai media dakwah bagi anak-anak bisa membuat nasehat-nasehat lebih diterima dengan baik. Hal ini karena anak sudah menyukai metodenya, sehingga untuk menyerap nasehat yang disampaikan juga lebih mudah. Dengan begitu, dakwah lebih bisa tersampaikan dengan baik tentu saja sobat CahayaIslam.

Agama Menjadi Lebih Menarik

Yang dimaksud disini adalah, dengan menggunakan dongeng sebagai media dakwah maka ini akan membuat pembelajaran agama lebih menyenangkan dan menarik. Dengan begitu, ini akan mengundang antusias anak-anak untuk belajar agama. Dan tentu saja akan lebih mencintai agama karena adanya pembelajaran yang menarik untuk mereka terima.

Lebih Banyak Pembelajaran Yang Diterima

Metode pembelajaran atau dakwah agama islam yang menarik bagi anak-anak, ini akan membuat lebih banyak pembelajaran yang diterima. Hal ini dikarenakan anak-anak tidak akan bosan dengan apa yang mereka terima. Itu akan membuat mereka juga lebih banyak menampung pelajaran atau nasehat yang disampaikan.

Yeni Hardianti – menjadikan dongeng sebagai media untuk dakwah bagi anak-anak. Sobat CahayaIslam, ini bisa memberikan banyak manfaat lho bagi pembelajaran agama untuk anak-anak.


Catatan Kaki:

(1) – Surat An-Nahl Ayat 125

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY