Yakub Hasibuan Melamar Jessica Mila, Ini Persiapan yang Benar Menurut Islam

0
131
Yakub Hasibuan melamar

Yakub Hasibuan Melamar – Sobat Cahaya Islam, kemarin Yakub Hasibuan melamar perempuan pilihannya, Jessica Mila. Tepatnya pada hari Minggu, 21 Agustus 2022 di Bali.

Yakub sendiri berprofesi sebagai pengacara, sedangkan ayahnya Otto Hasibuan juga pengacara senior. Yang namanya selama ini sangat kondang dan tak asing di telinga masyarakat Tanah Air.

Otto Hasibuan mengakui bahwa dirinya telah memberikan restu pada hubungan anaknya tersebut. Asalkan keduanya merasa bahagia dan cocok satu sama lain, maka sebagai orang tua hanya bisa mendukung.

Sedangkan persiapan dari acara lamaran surprise itu pun sangatlah romantis. Bahkan momen tersebut juga disaksikan oleh beberapa teman karib dari Yakub maupun Jessica. Seperti Vidi Aldiano, Enzy Storia, Febby Rastanty dan Yuki Kato.

Namun tahukah, Sobat? Bahwa ada beberapa persiapan melamar perempuan yang benar menurut Islam. Seperti apa? Demikian penjelasannya.

Yakub Hasibuan Melamar Jessica Mila, Ini Persiapan yang Benar Menurut Islam

Yakub Hasibuan melamar

Selama ini kita tahu, bahwa Islam adalah agama yang memiliki tata cara hidup lengkap dan sempurna di dalam segala bidang. Khususnya soal melamar atau khitbah.

Lamaran ini bertujuan untuk meminta seorang perempuan agar berkenan dijadikan isteri. Lalu dia juga wajib memberikan jawaban ‘ya’ atau ‘tidak’.

Ketika si perempuan telah mengucapkan ‘ya’ sebagai kesediaannya, maka dia tidak diperbolehkan menerima lamaran dari laki-laki lain.

Lalu apa saja yang perlu dipersiapkan?

1.      Menemui Orang Tua Perempuan

Pertama, ketika ada seorang laki-laki yang berniat melamar perempuan, maka dia dianjurkan untuk menemui wali darinya. Yakni bisa ayahnya, ibunya, atau saudara laki-lakinya.

2.      Meminang dengan Hamdalah

Selanjutnya, saat melamar wanita hendaklah mengucapkan kalimat hamdalah sebagai rasa syukur kepada Allah SWT. Yang telah mempertemukan dengan sosok yang telah diidamkannya selama ini.

Selain itu, dengan membaca kalimat hamdalah maka akan ada keberkahan dalam niat baiknya tersebut.

كُلُّ كَلاَمٍ لاَ يُبْدَأُ فِيهِ بِ لْحَمْدُ لِلَّهِ فَهُوَ أَجْذَمُ

“Setiap pembicaraan yang tidak dimulai dengan ‘alhamdu’, maka berkahnya terputus.” (HR. Abu Daud, no. 4840; Ibnu Majah, no. 1894. Al-Hafizh Abu Thahir mengatakan bahwa sanad hadits ini dha’if)

كُلُّ أَمْرٍ ذِى بَالٍ لاَ يُبْدَأُ فِيهِ بِالْحَمْدِ أَقْطَعُ

“Setiap perkara penting yang tidak dimulai di dalamnya dengan ‘alhamdu’, maka berkahnya terputus.” (HR. Ibnu Majah, no. 1894; Abu Daud, no. 4840. Al-Hafizh Abu Thahir mengatakan bahwa sanad hadits ini dha’if. Begitu pula didha’ifkan oleh Syaikh Salim bin ‘Ied Al-Hilaly dalam Bahjah An-Nazhirin, 2: 434)

3.      Jawaban dari Perempuan

Penting bagi seorang laki-laki menunggu apapun jawaban yang menjadi keputusan perempuan pinangannya.

Ada yang langsung dijawab, yakni diterima atau justru ditolak kala itu juga. Ada lagi yang meminta waktu untuk memikirkannya dan meminta petunjuk dari Allah SWT melalui shalat istikharah.

4.      Menentukan Waktu yang Tepat

Jika proses lamaran adalah dengan mendatangi kediaman kedua orang tua, maka perlu menentukan terlebih dahulu kapan waktu yang tepat baginya.

Meskipun tidak masalah jika tiba-tiba datang, namun alangkah baiknya jika memberikan kabar dulu kepada keluarga pihak perempuan.

Kemudian setelah mendapatkan konfirmasi maka segeralah mendatangi rumahnya tanpa mengulur-ulur waktu lagi.

5.      Doa

Yakub Hasibuan melamar

Setelah proses lamaran selesai, jangan pernah melupakan kesempatan untuk menutup acaranya dengan doa.

Hal ini tentu bertujuan agar semua yang direncanakan dengan niat baik bisa berjalan sesuai dengan harapan hingga ke depannya.

Jika pun akan menikah di kemudian hari, InsyaAllah akan diberikan jalan yang penuh dengan ridhaNya.

Demikian di atas merupakan ulasan mengenai kabar viral terbaru dari Yakub Hasibuan melamar Jessica Mila dan beberapa persiapan lamaran yang tepat menurut syariat agama Islam.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY