Avatar Facebook Ramai Dipasang, Bagaimana Hukum Pasang Foto Sendiri Di Medsos?

0
158

Avatar Facebook– Sebuah fitur baru di facebook sedang ramai digunakan oleh para pengguna facebook. Fitur avatar facebook ini sebenarnya sudah diuji coba sejak pertengahan tahun 2019.

Akan tetapi, pada saat itu fitur ini baru tersedia di sejumlah negara. Fitur avatar facebook ini mirip seperti bitmoji yang telah hadir lebih dulu di aplikasi snapchat. Kini, fitur ini sudah digunakan di berbagai negara, salah satunya adalah Indonesia.

Sobat cahaya islam, islam mengajarkan kepada kita untuk mempelajari segala sesuatu yang ada di muka bumi ini sebagai bekal kita di dunia dan akhirat. Salah satunya adalah teknologi avatar facebook ini.

Asalkan penggunannya tidak berlebihan dan tidak melalaikan kita kepada kewajiban kita kepada Allah SWT. Selain fitur ini, masih banyak juga orang yang memasang fotonya di facebook. Lalu, bagaimanakah hukum memasang foto diri kita sendiri di facebook?.

Avatar Facebook Dipasang, Ini Hukum Memasang Foto Sendiri Di Medsos

Avatar facebook digunakan untuk berbagi ekspresi pengguna dan mengungkapkan perasaanya di dunia maya. Hal ini mirip dengan memasang foto-foto selvi di facebook dengan tujuan berbagi sesama pengguna. Lalu, bagaimana hukum memasang foto di medsos seperti facebook?

Memasang foto pada media sosial sebenarnya boleh apabila bertujuan untuk kebaikan, seperti untuk menunjukkan siapa pemilik akun medsos tersebut. Sedangkan bila tujuannya untuk riya’ atau hal yang tidak baik, maka hal itu tidak diperbolehkan.

Ada juga ulama yang berpendapat bahwa memasang foto di medsos tidak diperbolehkan bagi wanita muslimah. Hal itu dikarenakan wanita dapat menjadi fitnah atau cobaan bagi laki-laki. Sehingga ketika seorang wanita meng-upload foto dirinya ke internet, keindahan yang dimilikinya dapat dilihat jutaan laki-laki yang bukan mahramnya. Hal itu didukung oleh hadist yang berbunyi:

اَلْمَرْأَةُ عَوْرَةٌ، فَإِذَا خَرَجَتْ اِسْتَشْرَفَهَا الشَّيْطَانُ

Wanita adalah aurat, jika ia keluar maka setan akan mengiringinya. [HR. At-Tirmidzi (no. 1173) dan lainnya. Dishahihkan oleh Syaikh al-Albâni].

Memasang foto di medsos tidak diperbolehkan bagi seorang wanita yang berjilbab maupun tidak berjilbab. Sedangkan laki-laki juga tidak diperbolehkan meng-upload foto wanita dengan gaunnya yang sedemikian rupa dengan hiasan-hiasannya.

Ijma’ ulama mengatakan bahwa wanita tidak boleh mempercantik wajahnya di depan laki-laki yang bukan mahramnya. Tidak diperbolehkan juga pergi keluar rumahjika ada laki-laki yang akan melihatnya. Sehingga sebaiknya wanita jika pergi keluar rumah disertai dengan mahramnya.

Wanita yang memasang foto di sosmed memang dosanya lebih kecil daripada wanita yang pergi untuk memperlihatkan keindahan dirinya, seperti di diskotik. Akan tetapi, itu namanya tetaplah dosa walau sekecil apapun.

Oleh karena itu, lebih baik tidak memasang foto di sosmed dikarenakan berdosa. Apabila sudah terlanjur, lebih baik segera menghapus foto-foto yang pernah dipasang sebagai bentuk taubat kepada Allah SWT. Sehingga foto-foto tersebut tidak menjadi dosa jariyah yang terus mengalir sampai kita meninggal dunia dan bertemu dengan Allah SWT.

Itulah hukum memasang foto di sosmed. Semoga kita para wanita muslimah terhindar dari dosa jariyah tersebut. Sehingga kita dapat memperingan timbangan dosa kita di hari pengadilan nantinya. Semoga surga bisa menjadi milik kita. Amiinn ya robbal alamiinn..

TIDAK ADA KOMENTAR

Ikut Berkomentar Yuk!