Ustadz Yusuf Mansur Sakit, Muslim Harus Tahu 7 Hikmah Sakit

0
56

Ustadz Yusuf Mansur – Penceramah terkenal yang mendirikan Pondok Pesantren Darul Qur’an dengan cabang di mana-mana terlihat lemas di atas ranjang rumah sakit. Lewat akun Twitter-nya, beliau meminta uluran doa untuk kesehatannya.

Dalam waktu singkat, doa dan komentar untuk kesembuhan Ustadz Yusuf Mansur terlontarkan, baik dari kalangan netizen hingga tokoh-tokoh selebritis berharap kesembuhannya. Hal ini layak bagi beliau, pasalnya jasa beliau banyak untuk orang lain, khususnya untuk dakwah Islam.

Ustadz dengan nama asli Jam’an Nurkhatib Mansur ini, belum diketahui secara pasti tentang penyakitnya yang di derita. Segenap keluarga dan masyarakat luas berharap atas kesembuhannya.

Sobat Cahaya Islam, sehat dan sakit adalah anugerah tersendiri. Sakit pun disebut anugerah sebab lewat sakit Allah SWT tunjukkan kekuasaan-Nya dan lewat sakit itu akan diperingatkan tentang kematian, peristiwa yang pasti terjadi.

Ustadz Yusuf Mansur Sakit, Ada 7 Hikmah Ketika Sakit

Hikmah atau makna yang terkandung dalam suatu peristiwa dan merupakan kebijaksanaan Allah SWT memiliki banyak hikmah di antaranya sebagai berikut.

  1. Didatangi Empat Malaikat

Ketika ada orang mukmin yang menderita sakit Allah SWT mendatangkan empat malaikat kepadanya. Empat malaikat memiliki tugas masing-masing.

Malaikat pertama = mencabut kekuatan raga

Malaikat kedua = mencabut kelezatan rasa dalam lidah

Malaikat ketiga = mencabut kecerahan wajah

Malaikat keempat = mencabut dosa

  1. Diampuni Dosanya

Salah satu dari empat malaikat yang mendatangi orang sakit yakni malaikat yang bertugas mencabut dosa, dengan syarat ikhlas menjalani dan sabar dalam menghadapi kesakitan yang diderita.

  1. Ingat Kepada Allah SWT

Setelah sekian lama berkecimpung dalam dunia yang mana membawa arus untuk menempuh target-target bersifat duniawi, hingga lupa ada yang perlu diingat selalu dalam keadaan apa pun yakni Allah SWT.

Melalui lantaran sakit, manusia diperingatkan bahwa dia lemah tidak berdaya. Maka dalam kondisi lemah, akan ingat kepada Yang Maha Kuasa seraya meminta kesembuhan dari sakit.

  1. Ingat Kematian

Kematian pasti, tidak terduga dan rahasia. Andai kematian seseorang tahu kapan itu, otomatis akan berbondong-bondong untuk berbuat kebaikan selama sisa waktu hidupnya.  Namun, kematian rahasia justru akan terlihat orang yang iman benaran atau tidak.

Bisa jadi lewat sakit, manusia jadi ingat mati yang akan menyergap kapan saja dan bersiap-siap untuk bekal setelah mati.

  1. Menghindarkan dari Api Neraka

Ketika sakit tidak dibenarkan untuk mencaci-maki, berkeluh-kesah, dan menyerah begitu saja. Berdasarkan riwayat hadis bahwa orang mukmin yang sakit demam akan dijauhkan dari api neraka bila menjalaninya dengan sabar.

  1. Menguji Keimanan

Fluktuasi (naik-turun) iman selalu datang kepada orang siapa pun itu. Keadaan sakit merupakan cara ampuh menguji keimanan seseorang. Masihkah ada iman ketika tubuh sedang tidak berdaya? Atau iman justru semakin kuat di dada penderita sakit.

Ibarat pohon kelapa semakin tinggi pohon semakin kencang angin menerjang. Manusia pun sama, semakin tinggi kedudukannya maka beragam pula ujiannya.

  1. Doanya Mustajab

Dianjurkan untuk meminta doa orang yang sakit, sebab doa orang yang sakit salah satu dari banyak orang yang doanya mustajab. Sebagaimana dalam sebuah hadis berikut.

إذا دخلتَ على مريضٍ فَمُرْه يدعو لك فإن دعاءَه كدعاءِ الملائكةِ

Apabila kamu menjenguk orang sakit, minta dia untuk mendoakanmu. Karena doanya seperti doa Malaikat. (HR. Ibnu Majah no.1441)

Tujuh hikmah dari sakit di atas semoga menjadi pencerahan bagi kita semua. Ustadz Yusuf Mansur yang terbaring sakit semoga lekas diberi kesembuhan. Sakit adalah kehendak Allah SWT, maka sembuh pun kehendak-Nya juga.

 

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY