Tips Belanja Saat Idul Fitri, Apa Saja?

0
570
Belanja Saat Idul Fitri

Tips Belanja Saat Idul Fitri – Belanja untuk merayakan raya idul fitri cukup menguras tenaga namun menyenangkan. Apalagi sudah melewati berpuasa di Bulan Suci Ramadhan sebulan penuh.

Membuat persiapan bersama keluarga menjadi serba mendesak. Terutama dalam hal, berbelanja kebutuhan saat hari raya Idul Fitri.

Meskipun menjadi hal yang sangat disukai, terlebih bagi kaum perempuan. Tentu saja tidak perkenankan berbelanja dengan berlebihan.

Sebab, tidak sedikit rupiah yang harus dikocek untuk memenuhi berbagai kebutuhan. Sehingga jika tidak selektif, maka yang ada akan membuat kita terkesan melewati batas.

Allah SWT berfirman:

وَلَا تُؤْتُوا السُّفَهَاۤءَ اَمْوَالَكُمُ الَّتِيْ جَعَلَ اللّٰهُ لَكُمْ قِيٰمًا وَّارْزُقُوْهُمْ فِيْهَا وَاكْسُوْهُمْ وَقُوْلُوْا لَهُمْ قَوْلًا مَّعْرُوْفًا

“Dan janganlah kamu serahkan kepada orang yang belum sempurna akalnya, harta (mereka yang ada dalam kekuasaan) kamu yang dijadikan Allah sebagai pokok kehidupan. Berilah mereka belanja dan pakaian (dari hasil harta itu) dan ucapkanlah kepada mereka perkataan yang baik.” (QS. An-Nisa’;5)

Tips Belanja Saat Idul Fitri

Nah, Sobat Cahaya Islam, kita tetap bisa menemukan apa yang diperlukan saat berbelanja dengan menggunakan beberapa tips.

Berikut ini sudah ada beberapa tips yang bisa membantu lebih hemat uang belanja saat menjelang raya idul fitri. Apa saja?

1.     Membuat Daftar Belanja

Membuat daftar apa saja yang diperlukan, mulai dari hadiah atau bahan makanan. Hal ini merupakan cara agar kita tidak lupa saat berbelanja kebutuhan Idul Fitri.

Bila ingin membeli hadiah, maka tuliskan item tersebut dengan nama orangnya. Sehingga kita tidak akan merasa bingung, dapatkan secara online saat membeli pakaian.

2.     Mengatur Waktu

Selama berpuasa, pasti tingkat energi menjadi rendah. Oleh karena itu, cobalah untuk berbelanja saat diri kita merasa lebih berenergi.

Coba untuk menghindari keramaian saat berbelanja larut malam atau setelah berbuka puasa. Hal ini akan membuat kita menjadi lebih baik karena menghindari jam sibuk.

Namun jangan sampai lupa menunaikan shalat karena itu adalah satu kewajiban yang tidak boleh ditinggalkan. Selain itu, shalat juga mendekatkan rahmat Allah SWT kepada kita.

وَأَقِيمُوا الصَّلَاةَ وَآَتُوا الزَّكَاةَ وَأَطِيعُوا الرَّسُولَ لَعَلَّكُمْ تُرْحَمُونَ

“Dan dirikanlah shalat, tunaikanlah zakat, dan ta’atlah kepada rasul, supaya kamu diberi rahmat.” (QS. An Nur [24] : 56)

3.     Buat Rencana Belanja

Saat kita terburu-buru, pasti akan membuang-buang waktu pergi dari satu tempat ke tempat lain.

Pada akhirnya akan membuat kita mudah marah dan kelelahan. Coba untuk pergi ke kompleks pertokoan atau bazar lebaran yang letaknya berdekatan.

4.     Berbelanja Bersama Teman atau Keluarga

Ketika berbelanja bersama orang lain, kita lebih mudah membagi tugas satu sama lain. Sementara itu, bisa menyelesaikan sesuatu dengan cepat.

Terutama bila masing-masing mempunyai daftar. Kita bisa meminta seorang teman untuk turut menyelesaikan belanjaannya.

5.     Menyesuaikan Anggaran

Saat kita melakukan belanja pada menit-menit terakhir, maka pertahankan anggaran yang kasar. Hal ini dilakukan untuk menghindari pengeluaran berlebihan yang tidak perlu.

Kemudian, kita bisa memanfaatkan diskon yang menarik dan penawaran Idul Fitri. Kita juga bisa menemukan lebih banyak penawaran menjelang akhir bulan.

6.     Tawar-Menawar

Kita tidak perlu takut untuk melakukan penawaran terutama saat menjelang Idul Fitri. Hal ini karena sebagian besar tempat akan memberikan penawaran. Namun, kita tidak perlu mengunjungi banyak toko apabila tidak mendapatkan penawaran yang bagus.

Hal ini pun diperbolehkan, sebagaimana hadits di bawah ini,

Dari Ibnu ‘Umar, ia berkata, dari Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam,

لاَ يَبِعِ الرَّجُلُ عَلَى بَيْعِ أَخِيهِ وَلاَ يَخْطُبْ عَلَى خِطْبَةِ أَخِيهِ إِلاَّ أَنْ يَأْذَنَ لَهُ

“Janganlah seseorang menjual di atas jualan saudaranya. Janganlah pula seseorang melamar di atas khitbah saudaranya kecuali jika ia mendapat izin akan hal itu.” (HR. Muslim no. 1412)

7.     Membeli Barang Online

Saat kita ingin mencari busana online atau hal lain yang dibutuhkan. Maka ingatlah untuk memeriksa lama waktu pengirimannya.

Pastikan juga barang yang kita terima sudah tepat waktu. Melalui cara ini, kita bisa menghindari stres karena kerumunan besar dan berbelanja sesuai kebutuhan.

Itu saja beberapa Tips Belanja Saat Idul Fitri. Selamat merayakan lebaran bagi umat muslim, semoga selalu diberkahi.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY