Thamrin City Hoaks Penjarahan Viral di Medsos, Simak Hukum Hoaks dalam Islam

0
28

Thamrin City – Publik dikejutkan dengan beredarnya video hoaks penjarahan diThamrin City Tanah Abang, Jakarta Pusat, Selasa (13/10/20) malam. Namun saksi mata di lokasi dan polisi membantah kabar tersebut.

Dikutip dari berbagai sumber, salah seorang saksi Sugianto mengaku jika tidak ada aksi penjarahan, melainkan aksi sejumlah massa yang membakar sejumlah barang dan menembakan kembang api. Massa diketahui datang dari Bundaran HI dan melakukan aksinya sekitar setengah jam.

Polisi menuturkan ada pergesekan masssa sehingga pihaknya membubarkan aski tersebut dengan tembakan gas air mata. Sementara kondisi Thamrin City saat ini sudah kembali aman. Pihaknya meminta masarakat setempat untuk ikut menjaga wilayah tersebut agar tidak terjadi insiden serupa.

Sobat Cahaya Islam sikap tabayun atau mengklarifikasi informasi yang benar adalah sikap yang harus dimiliki seorang muslim. Menyebarkan informasi yang tidak dipertanggungjawabkan kebenaranya akan menimbulkan kekacauan, provokasi hingga permasalahan hukum. Untuk itu janganlah menyebarkan informasi dengan tergesa-gesa sebagaimana hadist dan ayat berikut ini.

Viral Hoaks Penjarahan Thamrin City, Ini Hukum Hoaks dalam Islam

Rasulullah SAW dengan tegas mengatakan balasan bagi orang-orang yang menyebarkan berita palsu atau fitnah. Pernyataan ini tercantum dalam hadist di bawah:

“Cukuplah seseorang dikatakan sebagai pendusta apabila dia mengatakan semua yang didengar.” (HR. Muslim nomor 7)

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda tentang mencari ketenangan dalam islam,

“Ketenangan datangnya dari Allah, sedangkan tergesa gesa datangnya dari setan.” (HR. Al Baihaqi dalam As Sunan Al Kubra 10/104 dan Abu Ya’la dalam Musnad nya 3/1054)

Untuk itu Allah SWT memerintahkan umatnya untuk selalu memeriksa kebenaran suatu informasi. Allah berfirman:

يَٰٓأَيُّهَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُوٓا۟ إِن جَآءَكُمْ فَاسِقٌۢ بِنَبَإٍ فَتَبَيَّنُوٓا۟ أَن تُصِيبُوا۟ قَوْمًۢا بِجَهَٰلَةٍ فَتُصْبِحُوا۟ عَلَىٰ مَا فَعَلْتُمْ نَٰدِمِينَ

Yā ayyuhallażīna āmanū in jā`akum fāsiqum binaba`in fa tabayyanū an tuṣībqaumam bijahālatin fa tubiḥụ ‘alā mā fa’altum nādimīn Terjemah

“Hai orang-orang yang beriman, jika datang kepadamu orang fasik membawa suatu berita, maka periksalah dengan teliti agar kamu tidak menimpakan suatu musibah kepada suatu kaum tanpa mengetahui keadaannya yang menyebabkan kamu menyesal atas perbuatanmu itu” (Al-Hujurat:6)

 

Di zaman serba canggih ini suatu informasi akan cepat menyebar ke mana saja. Betapa sering kita jumpai informasi yang tidak benar tersebar di media sosial. Sebagai muslim kita tidak boleh menelan bulat-bulat informasi sebelum menilik sumber dan kevalidannya.

Berikut ini tips terhindari dari berita hoaks:

Tips Terhindar dari Berita Hoaks

1. Lihat Judul dan Situsnya

Sebelum membaca konten sebuah berita, ada baiknya kita meneliti terlebih dahulu judulnya, jika disematkan kata-kata yang bombastis dan provokatif besar kemungkinan itu adalah berita hoaks. Setelah itu cek situsnya apakah kredibel atau tidak.

2. Hati-hati Jebakan Phising

Phising adalah penipuan yang dilakukan dengan cara meminta pembacanya mengklik sebuah link dalam suatu unggahan. Phising biasanya dilakukan melalui email, telepon atau pesan teks dengan meminta korbannya mengklik sebuah tautan atau meminta identitas pribadi korbannya.

3.Pakai Autentikasi Dua Faktor

Fitur autentikasi dua faktor berfungsi untuk melindungi akun-akun pribadi dari seseorang yang berniat mengakses akun pribadi anda.

4. Cek Keaslian Foto

Di zaman serba canggih ini, foto dan video bisa mudah dimanipulasi. Terkadang orang awam mudah percaya dengan foto atau video yang menyebar tanpa meneliti keabsahan informasinya. Cara mengetahuinya bisa dengan cara mencari foto tersebut di mesin pencarian Google, kemudian membandingkannya dengan foto yang serupa.

5. Ikut Gerakan Anti Hoaks

Sobat Cahaya Islam bisa mengikuti komunitas-komunitas anti hoaks. Selain belajar menjadi pembaca yang baik, kita juga bisa ikut berpartisipasi memberantas hoaks yang tersebar di sekitar kita. Jika menemukan konten yang sesuai dengan ciri-ciri hoaks maka segera laporkan konten tersebut menggunakan fitur yang tersedia di setiap media sosial atau bisa mengadukannya langsung ke  e-mail [email protected]

Sobat Cahaya Islam semoga kita bisa terhindar dari informasi yang menyesatkan. Informasi hoaks penjarahan Thamrin City bisa menjadi pelajaran berharga bagi kita agar tidak mudah percaya dengan informasi-informasi yang tersebar di media sosial.

 

TIDAK ADA KOMENTAR

Ikut Berkomentar Yuk!