Tanya Jawab Islam Tentang Keluarga: Ingin Benahi Keharmonisan Keluarga? Begini Caranya

0
69
tanya jawab islam1

Tanya Jawab – Dalam menjalankan biduk rumah tangga, ini bukanlah persoalan yang mudah. Itu sebabnya untuk membangun sebuah rumah tangga juga ada aturan dan tuntunannya dalam agama Islam. Sehingga dapat tercipta keluarga yang harmonis dan diberkahi serta diridhai Allah SWT.

Dengan mengikuti aturan agama, maka ini akan membantu mewujudkan keluarga yang baik dan menghindarkan dari perceraian. Apalagi yang kita tahu banyak sekali fenomena perceraian di kalangan masyarakat. Untuk membangun keluarga yang harmonis sesuai dengan agama, maka ada prinsip-prinsip yang harus diterapkan. Yuk simak pada ulasan berikut ini.

Tanya Jawab Islam Tentang Keluarga, Prinsip Untuk Bina Keluarga Harmonis

Tanya jawab islam tentang keluarga – Keluarga merupakan salah satu kehidupan yang diharapkan dapat berjalan dengan baik dan harmonis. Terlebih lagi siapa orang yang tidak mendambakan pernikahan yang bahagia. Untuk mencapai kebahagiaan dalam berumah tangga atau membangun keluarga bukan hanya perihal cinta saja. Namun juga didasarkan pada aturan agama sehingga niatnya juga berbanding lurus dengan yang ada pada ketentuan agama.

Dalam membina sebuah keluarga, membangun keluarga yang harmonis diperlukan dasar yang akan menguatkannya. Dalam hal ini, anda bisa menerapkan prinsip untuk membangun keluarga. Ada beberapa prinsip yang akan disebutkan pada tanya jawab islam tentang keluarga ini, salah satu prinsip untuk membangun keluarga adalah niat.

  • Semua hal yang dilakukan akan dinilai dengan niatnya terlebih dahulu.Begitu juga dengan membangun keluarga, pastikan bahwa niat membina keluarga sudah baik dan benar. Jangan hanya memikirkan untuk memburu kebahagiaan bagi diri masing-masing saja. Sebagai orang yang memeluk agama islam, maka membina keluarga harus diniatkan sebagai ibadah terlebih dahulu. Jadi, ini akan membawa anda pada cara membangun keluarga yang mana mencari ridho dan pahala sebanyak mungkin.
  • Jika sudah menerapkan prinsip membangun keluarga dengan niat yang benar dan baik. Maka prinsip selanjutnya adalah membangun keluarga dalam konteks upaya untuk meningkatkan iman. Sehingga tidak jauh beda dengan niat yang harus diluruskan tadi. Dengan memegang prinsip bahwa keluarga atau membina keluarga adalah untuk meningkatkan iman dan amal shaleh.

Dengan prinsip bahwa membina keluarga adalah untuk meningkatkan iman, maka segala sesuatu yang dilakukan dalam keluarga akan selalu berpegang pada aturan agama. Ini sudah pasti akan memudahkan anda mewujudkan keluarga yang sakinah, mawadah dan warohmah. Dalam tanya jawab islam tentang keluarga, prinsip lainnya disebutkan juga.

  • Jika sudah berbicara prinsip niat dan juga untuk meningkatkan iman. Maka tanya jawab rumah tangga dalam islam menyebutkan juga prinsip yang harus dipegang dan diterapkan adalah rumah tangga harus memiliki pemimpin. Inilah tugas dari seorang laki-laki yang mana harus bisa memimpin keluarganya.

Sebagai seorang pemimpin, maka laki-laki diharuskan mempergauli istrinya dengan baik. Dengan kata lain memperlakukan istri dengan cara yang baik. Begitupun istri. Istri juga memiliki kewajiban yang harus dilaksanakan untuk memperlakukan suami dengan baik juga. Jika sudah begitu maka keluarga dapat dijalankan dengan baik.

Dengan beberapa prinsip membangun keluarga yang telah disebutkan pada tanya jawab islam tentang keluarga ini. Maka ini bisa menjadi salah satu pegangan untuk membantu anda membangun keluarga dengan benar. Jika tidak didasarkan pada agama, maka sudah pasti biduk rumah tangga akan sulit dijalankan.

Bahkan keluarga yang memegang prinsip aja pasti menghadapi cobaan hidup. Apalagi jika membangun keluarga tanpa dasar agama yang benar. Semoga prinsip yang ada pada ulasan konsultasi syariah rumah tangga ini dapat membantu anda menciptakan keluarga yang harmonis dan juga bahagia dalam islam.

TIDAK ADA KOMENTAR

Ikut Berkomentar Yuk!