Allah Sang Pemberi Kemenangan: Kisah 4 Sahabat Rasulullah yang Jago Perang

0
2838

Sejarah islam memang selalu menjadi pembahasan yang menarik untuk dibicarakan bersama. Dimulai dari masa awal dakwah Rasulullah, Hijrahnya beliau, masa Khalifah dan banyak lagi cerita-cerita menegangkan sekaligus menginspirasi yang bisa kita sebagai orang islam yang beriman petik hikmahnya. Diantara banyak kisah-kisah tersebut, banyak tersebutlah tokoh-tokoh yang kemudian menjadi sebuah representasi dari simbol bukti digdayanya Allah. Allah sang pemberi kemenangan! Itulah yang akan tim Cahayaislam bahas disini. Melalui sejarah singkat 4 sahabat Rasulullah yang jago berperang.

Sebenarnya ada banyak sekali sih sahabat Rasulullah yang dikenal dengan kehebatannya bermain pedang dan busur panah dalam perang. Namun, dalam artikel hari ini kita akan memfokuskan pada riwayat singkat 4 orang sahabat Rasul yang spesial dan benar-benar menjadi bukti Allah sang pemberi kemenangan. 4 sahabat tersebut merobek impresi dan menegaskan bahwa bila Allah telah memberikan kemenangannya kepada seseorang! Maka mau tidak mau menanglah orang tersebut! Tidak peduli apapun! Cek deh:

Usamah bin Zaid sang kapten perang yang memimpin perang bersama Umar RA dan Abu Bakar RA!

Sahabat Rasulullah yang satu ini dikenal dalam beberapa kisahnya dimana dia dperintahkan oleh Rasulullah untuk memimpin perang melawan bangsa Romawi. Yang menakjubkan dari Usamah bin Zaid sang kapten perang ini adalah dia memimpin perang yang didalamnya ada dua sahabat Rasulullah paling termashur yaitu Umar bin Khattab dan Abu bakar Ash Shiddiq RadhiAllahu Anhum.

Amr bin Ma’di yang membuat orang mati hanya dengan mendengar namanya!

Nama Amr bin Ma’di sebenarnya tidak dikenal karena dia membuat mati orang yang mendengar namanya, namun reputasinya sebagai prajurit yang sangat kuatlah yang membuatnya dikenal oleh banyak orang. Beliau dikenal sebagai pembelah prajurit, tidak peduli bagaimanapun beliau selalu bisa membelah musuh menjadi dua walaupun musuh memakai baju besi terkuat sekalipun.

Suatu ketika ada seseorang yang bertemu dengan Amr bin Ma’di disebuah jalan. Tak ada angin, tidak ada badai, orang tersebut marah dan kemudian menantang beliau tanpa tahu siapa sebenarnya beliau. Beliau kemudian berkata dengan lantang “Wahai rojul, apakah engkau tidak tahu siapa aku? Aku adalah Amr bin Ma’di!” – mendengar namanya, sontak orang yang menantangnya tersebut jatuh pingsan dan kemudian meninggal.

Ahmad bin Ishaq sang gada pemecah tengkorak musuh

Sahabat yang lain yang juga dikenal sebagai ikon bukti Allah sang maha pemberi kemenangan adalah Ahmad bin Ishaq. Namanya termashur karena dia memiliki senjata favorit berupa gada tongkat besi yang memiliki berat 17 kilogram. Beliau pernah diperintahkan untuk melawan satu orang kafir kuat yang notabene pada waktu itu dikenal kemampuannya setara dengan seribu orang lelaki. Dan singkat cerita dengan senjata gada miliknya itulah Ahmad bin Ishaq berhasil memecahkan tengkorak musuhnya tersebut.

Ali bin Abi Thalib sang ahli pedang bercabang dua

Ali RA juga termasuk sebagai salah satu ikon bukti Allah sang pemberi kemenangan. Beliau dikenal dengan kepiawaiannya dalam memainkan pedang. Yang unik disini adalah, pedang yang digunakan beliau berbeda dengan pedang kebanyakan. Pedang beliau memiliki dua cabang yang tajam pada ujungnya dimana ketika perang cabang diujung pedang tersebut digunakan untuk menangkis serangan musuh dan menebas tenggorokan musuh yang dihadapinya.

Nah, Mereka berempat memiliki kesamaan, yakni memiliki postur tubuh yang tidak terlalu tinggi. Sehingga bila dilihat sebenarnya 4 sahabat Rasulullah diatas jauh dari kata mampu untuk menjadi ikon kepahlawanan. Namun, Allah sang pemberi kemenangan membuktikan bahwa kemenangan dan kemampuan seseorang untuk menang tidak diukur dari penampilan fisik. Dan bila Allah sudah mentakdirkan menang! Tidak ada satu orangpun di dunia ini yang sanggup membendungnya.

TIDAK ADA KOMENTAR

Ikut Berkomentar Yuk!