Supermoon, Ketahui 7 Adab Menyambutnya

0
105
supermoon

Supermoon – Supermoon adalah fenomena di mana bulan bersinar lebih terang dari biasanya. Fenomena Supermoon juga dikenal sebagai Full Crow Moon, Full Crust Moon, Full Sap Moon dan Lenten Moon.

Terkait fenomena supermoon yang terjadi di Indonesia pada Selasa malam, 8 April 2020, tidak ada amalan ibadah khusus. Supermoon adalah fenomena alam biasa yang menyebabkan air laut menjadi pasang karena posisi bulan yang dekat dengan bumi sehingga ada gaya tarik-menarik. Bagi warga yang tinggal di daerah pesisir sebaiknya waspada dan hati-hati pada air laut yang kemungkinan besar akan mengalami pasang.

supermoon

Kejadian supermoon merupakan tanda kebesaran Allah. Sebagai hambaNya, kita harus merenungi setiap fenomena alam. Sehingga kita bisa merasakan kehadiran Allah, satu-satunya Tuhan kita. Merasakan kehadiran Allah membuat kita merasakan ketenangan dan ketentraman jiwa. Senantiasa takut untuk melakukan perbuatan-perbuatan yang dilarang-Nya.

“(Yaitu) orang-orang yang beriman dan hati mereka menjadi tentram dengan mengingat Allah. Ingatlah, hanya dengan mengingat Allah-lah hati menjadi tentram.” (QS. Ar-Ra’d ayat 28)

5 Adab Saat Fenomena Supermoon

Meskipun tak ada ibadah atau amalan khusus saat terjadi fenomena supermoon, tapi Sobat Cahaya Islam harus melakukan 5 adab saat munculnya bulan besar. Karena bagaimanapun fenomena supermoon terjadi atas kuasa Allah SWT.

Berikut adalah 5 adab yang harus diketahui dan jalankan oleh Sobat Cahaya Islam:

  1. Senantiasa Memiliki Rasa Takut

Saat terjadi peristiwa alam apapun, termasuk fenomena bulan besar sebaiknya kita sebagai hamba-Nya menunjukkan rasa takut kita kepada allah. Memiliki rasa takut kepada Allah sangat penting. Kenapa? Rasa takut akan membuat kita lebih taqwa dan berusaha semaksimal mungkin untuk tidak mendekati perbuatan-perbuatan maksiat.

supermoon

  1. Bertaubat kepada Allah SWT

Istighfar adalah salah satu rangkaian proses taubat. Istighfar artinya memohon ampun kepada Allah atas dosa-dosa yang telah diperbuat. Kita bisa berdzikir kepada Allah, membaca Al-Quran selama fenomena bulan besar.

  1. Menunjukkan Rasa Haru

Bulan super adalah satu dari sekian bukti kebesaran Allah. Sudah sepantasnya kita sebagai hambaNya menunjukkan rasa haru selama supermoon berlangsung. Peristiwa alam yang luar biasa ini terjadi karena Allah. Allah menciptakan dan menunjukkannya kepada makhluk-makhlukNya di muka bumi. Betapa Maha Agung dan Maha Besarnya Allah Sang Pencipta kehidupan. Manusia tidak pantas menyombongkan dirinya.

  1. Merasakan Adanya Peringatan dari Allah

Hendaknya kita merasakan bahwa fenomena tersebut juga semacam peringatan. Fenomena ini memperingatkan kepada manusia bahwa Allah itu berkuasa atas segala sesuatu. Hal-hal yang dianggap mustahil oleh manusia, bagi allah itu sangatlah mudah. Bulan besar menunjukkan pada manusia bahwa Allah lah yang menciptakan segala sesuatu yang ada di langit dan di bumi.

supermoon

  1. Berdzikir dalam Waktu Cukup Lama

Dzikir membuat kita selalu mengingat Allah. Saat malam di mana terjadi supermoon, adalah waktu yang tepat untuk melantunkan dzikir kepada Allah serta shalawat ke Baginda Nabi Muhammad SAW. Gunakan waktu tersebut untuk mengingat kebesaran Allah sambil mengagumi fenomena alam bulan super yang terjadi atas kehendak Allah.

Itulah 5 adab yang hendaknya Sobat Cahaya Islam lakukan saat ada fenomena alam ini. Diharapkan dengan melakukan 5 adab di atas, sobat Cahaya Islam bisa meningkatkan keimanan serta ketaqwaan kepada Allah.

TIDAK ADA KOMENTAR

Ikut Berkomentar Yuk!