Sholat Taubat: Anjuran dan Tata Caranya

0
158
sholat taubat

Sholat Taubat – Suatu kesalahan atau dosa pasti sudah pernah dilakukan oleh setiap orang. Baik kesalahan besar maupun kecil manusia tak bisa terlepas dari dosa-dosa. Hendaknya kita memohon ampun kepada Allah SWT. Dengan melakukan sholat taubat kita bisa memohon ampun kepada Allah SWT atas segala dosa yang telah diperbuat, baik sengaja maupun yang tidak sengaja.

Sholat taubat menjadi sarana buat kita untuk memohon ampunan dari Allah. Sebelum melakukan sholat harus mengetahui tata cara bagaimana rangkaiannya. Setelah melaksanakan sholat tobat, Sobat Cahaya Islam sebaiknya jangan mengulangi dosa serta kesalahan lagi. Shalat taubat sebenarnya tata caranya sama dengan shalat sunnah lainnya.

Yang membedakan dengan shalat sunnah lainnya adalah pada niatnya. Tata cara sholat taubat yang benar adalah yang sesuai dengan anjuran Rasulullah SAW.

Anjuran Melaksanakan Sholat Taubat

Sholat taubat adalah ibadah yang memiliki dasar hukum yang kuat, baik dari hadist maupun dari Al-Qur’an. Berikut ini petikan ayat Al-Quran yang menyuruh orang-orang untuk melakukan sholat tobat.

“Hai orang-orang yang beriman, bertaubatlah kepada Allah dengan taubatan nasuhaa (taubat yang semurni-murninya). Mudah-mudahan Rabbmu akan menutupi kesalahan-kesalahanmu dan memasukkanmu ke dalam jannah yang mengalir di bawahnya sungai-sungai.” (QS. At Tahrim ayat 8)

sholat taubat

Waktu Melaksanakan Sholat Taubat

Sholat tobat sebaiknya segera dilaksanakan, karena tobat bukan perbuatan untuk ditunda-tunda. Sangat baik jika melakukan satu dosa atau kesalahan segeralah untuk memohon ampun kepada Allah. Sholat taubat bisa dilakukan kapan saja. Tidak ada waktu khusus dalam melaksanakan sholat sunah ini. Artinya bisa dilaksanakan baik siang maupun sore hari. Kecuali di waktu-waktu yang memang diharamkan.

Sebagian ulama berpendapat bahwa watu terbaik untuk melakukan sholat tobat adalah di 2/3 malam atau pada waktu sholat tahajjud. Sobat Cahaya Islam diharamkan melakukan shalat taubat pada waktu-waktu sebagai berikut ini:

  • Mulai dari terbit fajar kedua hingga terbit matahari.
  • Saat terbit matahri hingga matahari naik sepenggalah.
  • Ketika matahari di tengah-tengah hingga terlihat condong.
  • Setelah sholat ashar sampai matahri tenggelam.
  • Saat menjelang matahri tenggelam hingga benar-benar tenggelam.

sholat taubat

Niat dan Tata Cara Sholat Taubat

Sholat tobat sebaiknya dilakukan sendirian dan tidak berjamaah. Sholat ini termasuk sholat nafilah karena tidak disyariatkan untuk dilaksanakan secara berjamaah. Sebelum melaksanakan sholat, bacalah niatnya:

“USHALLI SUNNATAT TAUBATI ROK’ATAINI LILLAHI TA’ALA”.

Artinya: “Saya niat shalat sunnah taubat dua rakaat karena karena Allah.”

Shalat taubat sama dengan shalat sunnah pada umumnya. Salat taubat dikerjakan sebanyak dua rakaat dengan satu kali salam. Dan juga bisa dikerjakan dalam empat ataupun enam rakaat. Di bawah ini adalah tata cara sholat taubat.

  1. Baca niat
  2. Takbirotul Ihram
  3. Membaca doa iftitah (sunnah)
  4. Membaca Al-Fatihah
  5. Membaca surat dari Al-Qur’an
  6. Ruku’
  7. I’tidal
  8. Sujud
  9. Duduk di antara dua sujud
  10. Sujud kedua
  11. Melanjtkan rakaat kedua
  12. Membaca tasyahud akhir
  13. Salam
  14. Berdoa mohon ampunan

 

sholat taubat

Doa Sesudah Sholat Taubat

Setelah selesai melaksanakan sholat, sobat Cahaya Islam bisa beristighfar sebanyak-banyaknya. Membaca istighfar adalah untuk memohon ampun kepada Allah. Setelah itu bacalah doa sholat tobat nasuha seperti anjuran Rasulullah SAW, berikut doanya:

ALLAHUMA ANTA ROBBI LAA ILAAHA ILLA ANTA, KHOLAQTANI WA ANA ‘ABDUKA WA ANA ‘ALA ‘AHDIKA WA WA’DIKA MASTATHO’TU. A’UDZUBIKA MIN SYARRI MAA SHONA’TU, ABUU-U-LAKA BINI’MATIKA ‘ALAYYA, WA ABUU-U BIDZANBII, FAGHFIRLII FAINNAHUUA LAA YAGHFIRUDZ DZUNUUBA ILLA ANTA.

Artinya:

“Ya Allah Engkau adalah Tuhanku. Tidak ada sesembahan yang hak kecuali Engkau. Engkau yang menciptakanku, sedang aku adalah hambamu dan aku di atas ikatan janjimu dan akan menjalankannya dengan semampuku. Aku berlindung kepadamu dari segala kejahatan yang telah aku perbuat, aku mengakuimu atas nikmatmu terhadap diriku dan aku mengakui dosaku padamu, maka ampunilah aku. Sesungguhnya tiada yang mengampuni segala dosa kecuali Engkau.”

Jika sobat Cahaya Islam ingin selalu dicintai dan dilindungi oleh Allah, maka segeralah untuk bertaubat setelah melakukan dosa sekecil apapun. Semoga segala dosa kita diampuni oleh Allah. Salah satu cara yang dianjurkan panutan kita Rasulullah SAW adalah sholat taubat.

 

 

TIDAK ADA KOMENTAR

Ikut Berkomentar Yuk!