Spesial Buat Pelajar: Kajian Islam Tentang Menyontek

0
679
Kajian islam tentang menyontek

Kajian islam tentang Menyontek – Jadi ceritanya tim cahaya islam kemarin habis nobar. Film yang kita tonton kala itu adalah film dari Thailand yang berjudul Bad Genius.Film ini menceritakan tentang siswa siswa pintar yang menyalah gunakan kepintaran mereka untuk curang dalam ujian. Yakni membantu teman temannya yang lain untuk menyontek ketika ujian. Berawal dari ujian sederhana di sekolah hingga akhirnya meluas cakupannya untuk ujian masuk universitas. Seru banget pokoknya deh.

Nah habis nonton itu kita semua jadi merasa kepikiran nih soal itu. Gimana ya perspektif islam tentang melakukan hal itu ketika ujian. Apakah mencontek ada hukumnya dan dibahas dalam Al Quran maupun Hadits ya? Akhirnya kita ngelakuin beberapa riset dan bertanya kepada beberapa ahli dan alim ulama mengenai hal itu. Dan Voila Kajian islam tentang menyontek hadir disini. Yuk kita bahas:

Kajian islam tentang Mencontek dan Perintah Rasul tentang bertindak Jujur

حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ نُمَيْرٍ، حَدَّثَنَا أَبُو مُعَاوِيَةَ، وَوَكِيعٌ، قَالاَ حَدَّثَنَا الأَعْمَشُ، ح وَحَدَّثَنَا أَبُو كُرَيْبٍ، حَدَّثَنَا أَبُو مُعَاوِيَةَ، حَدَّثَنَا الأَعْمَشُ، عَنْ شَقِيقٍ، عَنْ عَبْدِ اللَّهِ، قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صلى الله عليه وسلم ‏ “‏ عَلَيْكُمْ بِالصِّدْقِ فَإِنَّ الصِّدْقَ يَهْدِي إِلَى الْبِرِّ وَإِنَّ الْبِرَّ يَهْدِي إِلَى الْجَنَّةِ وَمَا يَزَالُ الرَّجُلُ يَصْدُقُ وَيَتَحَرَّى الصِّدْقَ حَتَّى يُكْتَبَ عِنْدَ اللَّهِ صِدِّيقًا وَإِيَّاكُمْ وَالْكَذِبَ فَإِنَّ الْكَذِبَ يَهْدِي إِلَى الْفُجُورِ وَإِنَّ الْفُجُورَ يَهْدِي إِلَى النَّارِ وَمَا يَزَالُ الرَّجُلُ يَكْذِبُ وَيَتَحَرَّى الْكَذِبَ حَتَّى يُكْتَبَ عِنْدَ اللَّهِ كَذَّابًا ‏”

Dalam satu hadits riwayat Muslim diatas (no. 2607). Rasulullah bersabda kepada hambaNya bahwa segala bentuk kejujuran akan menghantarkan orang yang memilikinya pada kebaikan. Lalu pada akhirnya kebaikan kebaikan itu akan membawanya pula ke Surga. Berlaku pula kebalikannya ya. Ketidak jujuran akan berakhir pada keburuakan yang akan berujung kepada neraka.

Dalam hadits tersebut dijelaskan pula bahwa kita tidak boleh secara sengaja berdusta atau merencanakan dusta. Karena Allah akan melabeli kita sebagai seorang ahli dusta. Nah, mencontek adalah salah satu bentuk ketidak jujuran.

Ancaman Allah yang serem buat orang yang mencontek

Menurut para alim ulama, menyontek tak hanya berdampak buruk pada karakter kita, namun itu akan mempengaruhi level keimanan kita. Dalam banyak sekali Kajian islam yang telah kami ikuti, bila kita membiarkan lemahnya keimanan hadir secara terus menerus. Pada akhirnya kita akan jauh dari Allah. Kita akan memiliki potensi besar jatuh ke lubang nista neraka.

Bahkan ketidak jujuran yang kita lakukan bisa memberikan ancaman neraka untuk kita lho. Seperti yang dijelaskan dalam surat Al Baqarah ayat 10 berikut ini:

فِي قُلُوبِهِمْ مَرَضٌ فَزَادَهُمُ اللَّهُ مَرَضًا ۖ وَلَهُمْ عَذَابٌ أَلِيمٌ بِمَا كَانُوا يَكْذِبُونَ

Di dalam hati mereka terdapat penyakit (dan bila dibiarkan), maka Allah akan menambahkan penyakit bagi mereka. Dan atas mereka orang orang yang berdusta Allah telah menyiapkan siksaan yang pedih.

****

Kesimpulannya gini sih, Meski secara spesifik dalam hadits maupun Al Quran tidak dijelaskan secara gamblang kegiatan mencontek itu sendiri. Namun Kecurangan dalam bentuk apapun merupakan hal yang dilarang dalam agama. Dan dilihat dari sisi lain bahwa mencontek adalah tabiat buruk yang berasal dari rasa malas untuk belajar. Islam mendorong umatnya untuk berusaha dan menjauhi sikap malas itu sendiri. Nah, jadi sobat cahaya islam semuanya, kalo masih ada yang suka nyontek. Yuk mulai ditinggalkan tabiat buruk tersebut. Semoga barokah yaa.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY