Pentingnya bersabar, Ini Pelajaran Yang Dapat Dipetik Menurut Islam

0
200
Pentingnya bersabar 1

Pentingnya bersabar – Sabar adalah salah satu sikap yang Allah anjurkan. Hal ini karena sabar memiliki banyak keutamaan dan tentu saja Allah telah menjanjikan pahala dan juga surga bagi kaum muslimin yang mampu melakukannya. Terlebih melatih kesabaran bukanlah hal yang mudah, entah itu sabar untuk tidak marah, sabar terhadap cobaan ataupun sabar dalam berbagai hal.

Tidak mudahnya sabar membuat kesabaran ini menjadi sesuatu yang istimewa. Itulah kenapa Allah sangat menyukai orang-orang yang sabar dan juga melimpahkan banyak pahala untuk mereka. Orang yang mampu bersabar akan mendapatkan banyak manfaat dan juga pelajaran sebagai hikmah. Lalu apa saja pelajaran yang dapat dipetik melalui kesabaran menurut islam?

Pentingnya bersabar, Ini Pelajaran Yang Dapat Dipetik Menurut Islam

Pentingnya bersabar tentu saja karena adanya banyak manfaat serta keutamaan yang dapat kita petik sebagai seorang muslim. Sehingga sabar sendiri digambarkan sebagai sikap yang mulia sehingga Allah sangat menyukai golongan orang yang sabar. Sayangnya, menerapkan sabar itu tidak mudah dan inilah alasannya juga Allah menjanjikan pahala besar serta surga.

وَالَّذِينَ صَبَرُوا ابْتِغَاءَ وَجْهِ رَبِّهِمْ وَأَقَامُوا الصَّلَاةَ وَأَنْفَقُوا مِمَّا رَزَقْنَاهُمْ سِرًّا وَعَلَانِيَةً وَيَدْرَءُونَ بِالْحَسَنَةِ السَّيِّئَةَ أُولَٰئِكَ لَهُمْ عُقْبَى الدَّارِ

Dan orang-orang yang sabar karena mencari keridhaan Tuhannya, mendirikan shalat, dan menafkahkan sebagian rezeki yang Kami berikan kepada mereka, secara sembunyi atau terang-terangan serta menolak kejahatan dengan kebaikan; orang-orang itulah yang mendapat tempat kesudahan (yang baik),

Ayat ini menjelaskan tentang sikap sabar. Siapapun orang yang bersabar maka ia akan mendapatkan kebaikan. Dalam beberapa ayat Al Quran, Allah telah menjelaskan bagaimana Allah akan memberikan ganjaran bagi orang-orang yang mau bersabar. Tahukah sobat CahayaIslam, ada beberapa pelajaran yang dapat dipetik dari kesabaran?

Tentang Keikhlasan

Pelajaran yang dapat kita petik dari kesabaran salah satunya adalah pelajaran ikhlas. Jika seseorang ikhlas menerima suatu keadaan, cobaan ataupun takdir yang sudah Allah gariskan maka itu akan menjadikan kaum muslimin sabar. Sehingga apapun yang sedang Allah berikan maka akan diterima dengan ikhlas dan penuh kesabaran.

Tentang Bersyukur

Sabar sama halnya dengan belajar untuk bersyukur. Hal ini karena ketika Allah memberikan kita cobaan maka kita mencoba untuk tetap bersyukur. Rasa syukur inilah yang mendorong kita untuk dapat lebih sabar dan menerima keadaan yang ada. Tentu saja dengan terus berikhtiar atau berusaha.

Tentang Menahan Diri

Kesabaran bukan hanya berlaku untuk segala sesuatu yang tidak kita sukai, namun juga sesuatu yang kita sukai. Dengan sabar itu sendiri kita dapat belajar untuk menahan diri, baik dari hawa nafsu maupun emosi. Dalam islam sendiri, Allah menganjurkan kaum muslimin untuk menahan diri atau mengendalikan diri.

Pentingnya bersabar – Sabar adalah sikap yang Allah anjurkan kepada kaum muslimin. Sehingga kita dapat memetik hikmah serta pelajaran dari kesabaran itu sendiri. Diantaranya bagaimana belajar ikhlas, menahan diri dan juga bersyukur. Oleh karena itu sobat CahayaIslam, semoga kita dapat menjadi golongan orang yang senantiasa bersabar dan bisa mencapai rahmat-Nya.


Catatan Kaki:

(1) – Surat Ar-Ra’d Ayat 22

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY