Sholawat Nabi Beri Banyak Manfaat, Amalkan Sholawat Ini Setiap Saat

0
36

Sholawat Nabi – Bentuk penghormatan dan juga doa kepada Nabi Muhammad SAW, Nabi terakhir yang membawa agama Islam, yang mana ajarannya berlaku untuk seluruh umat dan sampai akhir zaman, lebih tepatnya bersifat universal.

Membaca sholawat nabi merupakan perintah yang langsung dari Allah SWT, mengingat bahwa Allah SWT sebelum menciptakan semua alam semesta lebih dahulu menciptakan nur Muhammad. Melalui firman-Nya Allah  mengajak umat Islam untuk bersholawat. Sebab Allah dan malaikat-malaikat juga membaca sholawat.

Hal ini tertuang dalam Al-Qur’an surah Al-Ahzab ayat 56 yang berbunyi

إِنَّ اللَّهَ وَمَلَائِكَتَهُ يُصَلُّونَ عَلَى النَّبِيِّ ۚ يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا صَلُّوا عَلَيْهِ وَسَلِّمُوا تَسْلِيمًا

“Sesungguhnya Allah dan Malaikat-malaikat-Nya bersholawat untuk Nabi. Wahai orang-orang yang beriman, bershalawatlah kalian untuk Nabi dan ucapkanlah salam penghormatan kepadanya.” [Al-Ahzab: 56]

Sobat Cahaya Islam, jelas bersholawat diperintahkan, yang lebih mengejutkan lagi yakni para ulama sepakat bila sholawat merupakan amalan yang pasti diterima, beda dengan ibadah lainnya.

Sholawat memiliki banyak macamnya, sehingga ada empat kitab yang berisi kumpulan sholawat yaitu Simtudduror, Al-Barzanji, Ad-Diba’i, serta Burdah. Banyak kita temui juga majelis-majelis sholawat.

Di antara majelis sholawat yang terkenal yakni grup sholawat pimpinan Habib Syekh As-Segaf dari Solo yang memiliki beribu penggemar bernama Syekhermania.

Adapun manfaat dari bersholawat kepada nabi banyak, banyak orang yang telah membuktikannya (testimoni). Berikut manfaat bersholawat.

7 Manfaat Sholawat Nabi yang Bisa Didapat

  1. Mendapatkan Pahala

Sholawat ibadah yang jelas diterima tentu mendatangkan pahala, Allah SWT saja sholawat mana rela tidak memberikan hamba-hamba-Nya yang selalu bersholawat.

  1. Memperoleh Ampunan

Dosa yang digoreskan sudah selayaknya dihapus menggunakan bacaan istighfar serta sholawat. Diriwayatkan dari sebuah hadis, barang siapa yang bersholawat, maka Allah SWT perintahkan seluruh makhluk untuk memohonkan ampun kepada orang yang bersholawat.

  1. Mendapatkan Syafaat Nabi Muhammad SAW

Dunia tidaklah abadi, ketika hari akhir telah tiba, sedangkan manusia disidang untuk dimintai pertanggungjawaban atas perbuatannya di dunia. Rapalan sholawat yang pernah dikumandangkan dapat memberi pertolongan (syafaat) dari Nabi Muhammad SAW.

  1. Mempercepat Dikabulkan Doanya

Dianjurkan agar doa cepat terkabul yakni dengan memuji Allah SWT terlebih dahulu dan bersholawat setelah itu baru meminta hajat. Istilah mudahnya memuji Allah dan rasulullah adalah bentuk membujuk seperti ketika meminta uang saku kepada orang tua.

  1. Diangkat Derajatnya

Diangkat derajatnya bagi orang yang bersholawat, hal ini sesuai logika di mana rasulullah manusia terbaik, bila kita sholawat otomatis mengikuti rombongan rasulullah, beserta keturunannya (habib).

  1. Memperlancar Rezeki

Rezeki tersendat, bersholawatlah dengan sholawat yang mudah seperti di bawah ini, sholawat nariyah dianjurkan dibaca setiap saat, atau setidaknya 11x setelah sholat fardhu.

أللّهُمَّ صَلِّ صَلَاةً كَامِلَةً وَسَلِّمْ سَلَامًا تَامًّا عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدِ الّذِي تَنْحَلُّ بِهِ الْعُقَدُ وَتَنْفَرِجُ بِهِ الْكُرَبُ وَتُقْضَى بِهِ الْحَوَائِجُ وَتُنَالُ بِهِ الرَّغَائِبُ وَحُسْنُ الْخَوَاتِمِ وَيُسْتَسْقَى الْغَمَامُ بِوَجْهِهِ الْكَرِيْمِ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ فِيْ كُلِّ لَمْحَةٍ وَنَفَسٍ بِعَدَدِ كُلِّ مَعْلُوْمٍ لَكَ

Allahumma sholli sholaatan kaamilatan wasallim salaaman. Taman ‘ala sayyidina Muhammadi lladzi tanhallu bihil ‘uqodu wa tanfariju bihil kurobu. Wa tuqdhobihil hawaaiju wa tunna lu bihiro ‘ibu wa husnul khotima wa yustaqol ghomawu biwajhihil kariim wa ‘ala aalihi washohbihi fii kulli lamhatin wa hafasim bi’adadi kulli ma’lu mi laka.”

  1. Penenang Jiwa

Bukan mantra bukan sihir, ketika hati gelisah, pikiran penat, bersholawatlah InsyaAllah akan tenang. Sholawat mengandung energi positif untuk orang yang membacanya.

7 manfaat sholawat nabi semoga dapat memberikan motivasi kepada kita untuk terus bersholawat kepada Nabi Muhammad SAW.

TIDAK ADA KOMENTAR

Ikut Berkomentar Yuk!