Sengketa Lahan di Pancoran Sudah Kondusif, Begini Cara Atasi Hal Ini Menurut Islam

0
30
Sengketa Lahan 2

Sengketa lahan – Sebelumnya terjadi bentrok warga di Pancoran yang dipicu karena adanya sengketa antara warga dengan Pertamina. Terjadi aksi lempar batu dan juga molotov yang berlangsung hingga dini hari. Namun kabarnya kini keadaan sudah kondusif. Meskipun kepolisian mengatakan bahwa bentrokan ini bukan terjadi pertama kalinya. Bahkan sudah dilakukan mediasi juga antara pihak yang terkait dengan sengketa ini. Kepolisian juga meminta kedua belah pihak agar menjaga situasi tetap kondusif.

Sengketa Lahan 1

Sengketa yang terjadi antara warga dan PT. Pertamina ini menimbulkan bentrokan. Hanya saja saat ini bentrokan sudah bisa diatasi dan situasi telah kondusif. Dalam kehidupan, terjadi gesekan atau bentrokan adalah hal yang wajar. Namun tentu saja jika sampai menimbulkan kerusuhan atau perselisihan maka ini tidak dibenarkan. Apalagi islam sendiri mengajarkan kaum muslimin untuk hidup dengan damai dan menjalin hubungan yang baik dengan sesama.

Sengketa Lahan di Pancoran Sudah Kondusif, Begini Beberapa Cara Untuk Atasi Hal Ini Menurut Islam

Sengketa Lahan 2

Sengketa lahan di Pancoran yang menimbulkan bentrokan merupakan salah satu tindakan yang tidak dibenarkan dalam islam. Apalagi akibat bentrokan memicu kekerasan dan tindakan yang menyimpang dari ajaran islam. Itu sebabnya, islam sendiri mengajarkan bagaimana mengatasi bentrokan atau gesekan yang terjadi dalam kehidupan. Hal ini dituangkan dalam sebuah ayat Al Quran berikut.

Maka disebabkan rahmat dari Allah-lah kamu berlaku lemah lembut terhadap mereka. Sekiranya kamu bersikap keras lagi berhati kasar, tentulah mereka menjauhkan diri dari sekelilingmu. Karena itu maafkanlah mereka, mohonkanlah ampun bagi mereka, dan bermusyawaratlah dengan mereka dalam urusan itu. Kemudian apabila kamu telah membulatkan tekad, maka bertawakkallah kepada Allah. Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang bertawakkal kepada-Nya.

Dalam ayat ini ditegaskan bahwasanya sebuah permasalahan seharusnya diselesaikan dengan baik-baik. Ayat ini juga menjelaskan bagaimana seseorang harus bersikap dengan orang lain saat menyelesaikan sebuah perkara. Islam melarang sikap kasar dan juga keras hati. Lalu bagaimana cara mengatasi sengketa yang terjadi menurut islam?

Musyawarah

Jika terjadi permasalahan seperti sengketa, maka islam sendiri menganjurkan musyawarah dalam menyelesaikannya. Tindak kekerasan atau bentrokan bukanlah ajaran islam. Itulah kenapa Allah memerintahkan kaum muslimin untuk bersikap lemah lembut dalam menyelesaikan suatu perkara. Dan juga Allah melarang kaum muslimin untuk bersikap kasar atau keras hati, karena ini tidak akan menyelesaikan perkara.

Mencari Jalan Keluar Yang Adil

Dalam menyelesaikan perkara sengketa tentu saja akan ada dua pendapat dan bahkan dua kemauan yang berbeda. Itu sebabnya, sangat penting melakukan mediasi dengan baik. Dan lagi yang terpenting adalah mencari jalan tengah dan jalan keluar yang adil. Sehingga tidak ada pihak yang dirugikan dan pihak yang diuntungkan. Islam sendiri juga mengajarkan bagaimana kaum muslimin untuk bersikap adil.

Sengketa lahan – yang menyebabkan bentrokan antara warga dan Pertamina tentu saja bukan ajaran islam. Islam mengajarkan kaum muslimin untuk menyelesaikan berbagai perkara dengan musyawarah yang baik dan adil. Maka sobat CahayaIslam, semoga kita senantiasa berbuat baik dan menjauhkan diri dari perselisihan ya.


Catatan Kaki:

(1) – Surat Ali ‘Imran Ayat 159

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY