Sayangi Kucing Dengan Beberapa Cara Ini Menurut Islam!

0
124
Sayangi Kucing 1

Sayangi kucing – Kucing adalah salah satu hewan yang lucu dan menggemaskan. Sehingga banyak orang menjadikan kucing sebagai hewan peliharaan atau teman di rumah. Namun sayangnya, ada sebagian orang yang justru menyiksa hingga membunuh kucing. Padahal di jaman Nabi Muhammad sendiri, kucing ini termasuk hewan kesayangan Rasulullah lho. Jaman yang semakin berkembang saat ini, justru membuat fenomena penyiksaan hewan seperti kucing semakin banyak.

Sayangi Kucing 1

Tidak jarang kita mendengar berita pembunuhan kucing, kucing yang diinjak hingga mati dan lain sebagainya. Dan tentu saja ini bukanlah tindakan yang dibenarkan dalam ajaran islam. Karena islam adalah agama yang mengajarkan kasih sayang antar makhluk Allah SWT. Sehingga tindakan menyakiti hewan adalah bentuk penyimpangan terhadap ajaran islam. Ini juga hukumnya dilarang dan menjadi sebab dosa tentunya.

Sayangi Kucing Yuk! Beberapa Cara Menurut Islam Ini Bisa Dilakukan

Sayangi Kucing 3

Sayangi kucing dengan beberapa cara yang sesuai dengan ajaran islam. Ini merupakan tindakan yang tepat. Bukan malah menyiksa hingga membunuh makhluk yang tidak berdosa ini. Sobat CahayaIslam, menyiksa hewan adalah bentuk penyimpangan terhadap ajaran islam. Dan lagi islam saja mengajarkan kaum muslimin untuk saling berbuat baik kepada makhlukNya. Yang artinya juga berbuat bagi dengan hewan.

Dan tiadalah Kami mengutus kamu, melainkan untuk (menjadi) rahmat bagi semesta alam.

Dalam ayat ini dijelaskan bahwasanya kita seharusnya menjadi rahmat bagi semesta alam. Yang berarti sebagai seorang muslim kita harus membawa rahmat atau kebaikan bagi semesta. Allah memerintahkan kita agar memberikan manfaat kepada siapapun makhlukNya, termasuk bagi hewan seperti kucing.

Lalu bagaimana cara menyayangi kucing menurut islam?

Sayangi Kucing 2

Merawat dan Memperlakukan Dengan Baik

Cara menyayangi kucing adalah dengan merawat dan memperlakukannya dengan baik. Ini sama halnya dengan memberikan kasih sayang. Jika sobat CahayaIslam bukanlah pecinta kucing, cukup perlakukan dengan baik. Jangan sampai memukul apalagi melakukan penyiksaan terhadap kucing. Karena ini termasuk perbuatan dosa lho.

Memberi Makan Kucing

Cara menyayangi kucing bisa dilakukan dengan memberikan makan. Seringkali kita melihat kucing liar yang kelaparan bukan. Maka bisa diberikan makan sebagai bentuk kasih sayang kepada mereka. Jika sobat CahayaIslam memiliki kucing, maka berikan makan dengan tepat. Jangan sampai menelantarkannya hingga kelaparan. Ini karena memberi makan hewan termasuk bentuk sedekah.

Memberikan Tempat Yang Layak

Cara menyayangi kucing lainnya juga bisa dengan memberikan tempat yang layak untuk tempat tinggal mereka. Seperti memberikan alas tidur, tempat yang bersih dan lain sebagainya. Ini adalah bentuk kasih sayang yang bisa kita berikan kepada hewan seperti kucing. Apalagi kucing adalah hewan peliharaan yang lucu dan tidak berbahaya. Tentu saja sudah selayaknya diperlakukan dengan baik.

Sayangi kucing – Cara menyayangi hewan seperti kucing bisa dilakukan dengan berbagai cara. Selama tidak menyimpang dari ajaran islam tentu saja diperbolehkan. Apalagi kucing bukanlah hewan yang najis, dan lagi merupakan hewan kesayangan Rasulullah. Maka sobat CahayaIslam, mari kita berbuat baik kepada siapapun makhlukNya termasuk kucing. Ini menjadikan kita rahmat bagi semesta seperti yang Allah perintahkan.


Catatan Kaki:

(1) – Surat Al-Anbiya Ayat 107

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY