Quirkyalone Sesuai Syariat Islam yang produktif dan Dirahmati Allah?

0
377
Quirkyalone Sesuai Syariat Islam yang produktif dan Dirahmati Allah

Quirkyalone – Sobat cahayaislam yang baca ini ada yang masih jomblo / single? Gimana rasanya? Sedih? Kesepian? Galau? – hahaha, kalo perasaan itu yang sobat cahayaislam rasakan ketika sedang menyandang status sendiri tanpa pasangan, maka kamu gak termasuk dalam kategori Quirkyalone.

Apaan tuh Quirkyalone?

Jadi quirkyalone itu sendiri sebenernya sebuah istilah yang lumayan ngetrend baru baru ini. Bahkan sempat muncul sebagai trending topik dan hastags di beberapa sosial media lho! – Istilah ini ditujukkan kepada para jomblo yang berkualitas. Mereka memiliki status single namun tidak lantas membuat mereka merasa sedih atau kesepian. Justru orang yang menyebut diri mereka Quirky alone ini cenderung lebih merasa bahagia dengan kesendiriannya. Nah kira kira itu aja sih ulasan singkat kita kawula muda yang ngaku berada dalam line Quirkyalone dan menikmati kesendirian kita. Yang penting sih simple, jangan terlalu berlarut – larut, karena segala hal di dunia ini harus seimbang. Sama kayak dunia yang harus juga seimbang dengan hal hal akhirat kita. Menjadi single and free bukan berarti bisa seenaknya, namun harus tetap produktif dan berada di jalan yang bener dan diridhoi oleh Allah. Semoga bermanfaat yaa!

Menikah Punya Banyak Keutamaan, tapi beserta Tanggung Jawab yang nggak ringan

Beberapa sobat cahaya islam disini mungkin menyangka kalo kita bikin semangat berumah tangga melempem niiih? Oh jangan salah menikah itu banyak sekali keutamaannya dalam perspektif islam. Seperti ketenangan hati, sempurnanya iman, ibadah yang menjadi berlipat ganda pahalanya dan masih banyak lagi, bahkan menikah itu sendiri adalah sunnah dari Rasulullah. Dan barang siapa yang tidak mengikuti sunnah Rasulullah, maka bukan golongan orang mukmin. Seperti yang Rasulullah jelaskan dalam hadits Ibnu Majjah 1848 dibawah ini:

حَدَّثَنَا أَحْمَدُ بْنُ الأَزْهَرِ، حَدَّثَنَا آدَمُ، حَدَّثَنَا عِيسَى بْنُ مَيْمُونٍ، عَنِ الْقَاسِمِ، عَنْ عَائِشَةَ، قَالَتْ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ ـ صلى الله عليه وسلم ـ ‏ “‏ النِّكَاحُ مِنْ سُنَّتِي فَمَنْ لَمْ يَعْمَلْ بِسُنَّتِي فَلَيْسَ مِنِّي وَتَزَوَّجُوا فَإِنِّي مُكَاثِرٌ بِكُمُ الأُمَمَ وَمَنْ كَانَ ذَا طَوْلٍ فَلْيَنْكِحْ وَمَنْ لَمْ يَجِدْ فَعَلَيْهِ بِالصِّيَامِ فَإِنَّ الصَّوْمَ لَهُ وِجَاءٌ ‏

Dalam hadits tersebut juga jelas sekali bahwa menikah memiliki fungsi sebagai jalan untuk meneruskan keturunan. Bahwa Rasulullah ingin kaumnya memiliki keturunan yang berkelanjutan dan besar. Namun jangan lupa bahwa menikah memiliki tanggung jawab yang perlu diperhatikan. Dan tetap saja apa yang kita berikan kepada anak istri sebagai suami, dan dukungan apapun yang istri dengan ikhlas memberikan kepada suami semuanya berbuah pahala yang penuh rahmat.

وَقَالَ عَلَيْهِ الصَّلَاةُ وَالسَّلَامُ: {مَا أطْعَمْتَ زَوْجَتَكَ فَهُوَ لَكَ صَدَقَةٌ}.

Apa yang engkau berikan kepada anak istrimu adalah sedekah

Quirkyalone nggak boleh kebablasan karena Jomblo adalah sehina – hinanya manusia (menurut Ajaran Islam)

Jadi gini sih, mungkin terdengar keren dan wah ya istilah ini. Jomblo yang berkualitas. Namun keputusan memilih hal ini harus benar. Apakah memang hal ini dipilih untuk menghindari kebaikan dan barokahnya menikah, atau memang untuk proses pengembangan diri agar bisa menjadi sosok suami atau istri yang baik nantinya. Semua kembali kepada niyat.


عَنْ أَبِي ذَرٍّ قَالَ دَخَلَ عَلَى رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ رَجُلٌ يُقَالُ لَهُ عَكَّافُ بْنُ بِشْرٍ التَّمِيمِيُّ فَقَالَ لَهُ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَا عَكَّافُ هَلْ لَكَ مِنْ زَوْجَةٍ قَالَ لَا قَالَ وَلَا جَارِيَةٍ قَالَ وَلَا جَارِيَةَ قَالَ وَأَنْتَ مُوسِرٌ بِخَيْرٍ قَالَ وَأَنَا مُوسِرٌ بِخَيْرٍ قَالَ أَنْتَ إِذًا مِنْ إِخْوَانِ الشَّيَاطِينِ وَلَوْ كُنْتَ فِي النَّصَارَى كُنْتَ مِنْ رُهْبَانِهِمْ إِنَّ سُنَّتَنَا النِّكَاحُ شِرَارُكُمْ عُزَّابُكُمْ وَأَرَاذِلُ مَوْتَاكُمْ عُزَّابُكُمْ

Dalam hadits riwayat Ahmad diatas dijelaskan bahwa seburuk buruknya kalian adalah yang tidak mau menikah. Hmmm, jadi sobat cahayaislam bisa simpulkan sendiri ya apakah quirkyalone sejalan dengan ajaran islam. hehe

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY