Puasa Asyura 2020, Ini Waktu dan 5 Keutamaannya!  

0
32

Puasa Asyura 2020 – Salah satu dari sekian banyak amalan yang dianjurkan pada bulan Muharram. Puasa ini dilakukan setiap tanggal 10 Muharram tahun Hijriyah. Tepatnya pada tanggal 29 Agustus 2020. Jika mau puasa, siap pantau kalender buat alarm biar tidak lupa, jaga-jaga mulai sekarang.

Pada hakikatnya puasa ini sudah dilaksanakan sejak zaman jahiliah oleh orang Yahudi untuk mensyukuri selamatnya Nabi Musa as dari kejaran Fir’aun di laut merah, hingga akhirnya Fir’aun dan bala tentaranya tenggelam.

Untuk membedakan puasa orang Yahudi rasulullah menganjurkan untuk puasa tanggal sembilan Muharram juga. Namun sayang, sebelum dapat melaksanakan puasa tanggal sembilan (puasa Tasu’a) rasulullah sudah dulu wafat.

Sebelum membahas mengenai puasa Asyura lebih jauh, kita lihat ada apa dibalik tanggal 10 Muharram sehingga dianjurkan puasa.

  • Nabi Adam diterima tobatnya oleh Allah SWT
  • Kapal Nabi Nuh terdampar di daratan
  • Nabi Yusuf dikeluarkan dari sumur
  • Nabi Yunus keluar dari ikan nun
  • Selamatnya Nabi Musa dari kejaran Fir’aun
  • Lahirnya Nabi Isa

Meskipun puasa Asyura 2020 berada di tengah pandemi, sobat Cahaya Islam ingat bilamana puasa yang paling utama selain puasa Ramadhan yakni puasa Asyura. Bahkan menurut mazhab Hanafi puasa Asyura awalnya dihukumi wajib tetapi setelah ada kewajiban puasa Ramadhan, dihukumi sebagai sunah saja.

Yuk Puasa Asyura 2020, Ini Keutamaannya

Tidak ada sebuah pernyataan tanpa ada alasan, tidak ada anjuran tanpa ada keutamaan. Seperti anjuran memakai masker di pandemi covid-19 dengan tujuan agar tidak menyebabkan semakin meluas. Puasa Asyura pun memendam banyak keutamaan sebagai berikut.

  1. Puasa yang Disandingkan dengan Puasa Ramadhan

Ibarat sebuah pangkat, tentu presiden disandingkan dengan wakil presiden, bukan malah camat. Begitu pun puasa di tanggal 10 Muharram disandingkan bersama puasa Ramadhan dalam hadis karena keutamaannya.

  1. Bentuk Rasa Syukur

Rasa syukur dapat diapresiasi dengan berbagai cara, misalnya baca hamdalah, melaksanakan nazar apabila bernazar, berbagi kebahagiaan dengan orang, dan bisa juga dengan puasa. Mengingat sejarah banyak peristiwa yang terjadi di tanggal 10 Muharram.

  1. Menghapuskan Dosa Satu Tahun yang Lalu

Adakah kalian yang tidak punya dosa? Tentu tidak ada, dalam satu tahun pasti entah sudah berapa dosa yang digoreskan kepada sanak saudara, orang tua, teman sebaya, atau malah guru. Oh sungguh banyak, tidak bisa menghitungnya.

صِيَامُ يَوْمِ عَاشُورَاءَ أَحْتَسِبُ عَلَى اللَّهِ أَنْ يُكَفِّرَ السَّنَةَ الَّتِي قَبْلَهُ

Puasa ‘Asyura aku memohon kepada Allah agar dapat menghapus dosa setahun yang lalu.( HR. Muslim: 1162)

Menghapus dosa satu tahun, dengan puasa satu hari. Layaknya diskon besar-besaran di supermarket yang siap diserbu pembeli. Apa puasa Asyura juga demikian? Semoga saja.

  1. Mendapatkan Pahala

Kunci surga itu murah tetapi banyak orang yang tidak mau, sedangkan kunci neraka itu mahal, tetapi banyak orang yang mau. Pahala itu bisa mudah didapat, dengan syarat niat ibadah ikhlas menjalankannya.

  1. Dikabulkan Doanya

Waktu hujan dan antara azan dan iqamah adalah waktu mustajab untuk berdoa, tanah haram Mekah dan Madinah adalah tempat mustajab. Orang yang teraniaya dan sedang berpuasa adalah orang yang doanya mustajab.

Lima keutamaan orang yang berpuasa Asyura banyak, sobat Cahaya Islam ayo kita jalankan ingat 29 Agustus puasa Asyura 2020. Jalankan tabung pahalanya, dosa pun luruh juga..

TIDAK ADA KOMENTAR

Ikut Berkomentar Yuk!