Bolehkah Melaksanakan Puasa 1 Muharram 2024? Cek Jawabannya di Sini

0
76
puasa 1 Muharram 2024

Puasa 1 Muharram 2024 – Di setiap bulan, banyak sekali jenis amalan yang mendatangkan pahala besar. Salah satu amalan tersebut adalah puasa sunnah. Karena itu, tidak sedikit orang yang menyarankan umat islam untuk menjalankan puasa 1 Muharram 2024.

Memang, memperbanyak ibadah saat memasuki bulan Muharram dapat mendatangkan keutamaan besar di sisi Allah. Tetapi, bagaimana dengan ibadah puasa di tanggal 1 Muharram?

Apa Hukum Ibadah Puasa 1 Muharram 2024?

Sobat Cahaya Islam, ibadah puasa 1 Muharram 2024 menjadi perbincangan di kalangan masyarakat Indonesia. Bahkan banyak sekali orang mencari tahu niat dan kapan waktu yang tepat untuk puasa 1 Muharram.

Menurut perhitungan kalender Masehi, ibadah puasa 1 Muharram tahun 2024 jatuh pada besok tepatnya 8 Juli 2024. Namun perlukah umat islam menjalankan ibadah puasa 1 Muharram?

puasa 1 Muharram 2024

Perlu Sobat pahami, sebenarnya tak ada dalil spesifik yang menganjurkan apalagi memerintahkan umat islam berpuasa di tanggal 1 Muharram. Nabi Muhammad SAW memang sangat menganjurkan puasa di bulan Muharram.

Hal itu karena, Muharram adalah salah satu bulan yang spesial di dalam kalender Hijriyah. Tetapi anjuran tersebut tidak spesifik ditujukan untuk puasa di tanggal 1 Muharram. Di samping itu, para ulama juga mengatakan bahwa puasa yang dikerjakan selama Muharram adalah puasa mutlak.

Artinya, puasa itu tak berkaitan dengan waktu dan sebab yang spesifik. Oleh karenanya, umat islam yang ingin melaksanakan puasa di bulan Muharram, dianjurkan meniatkan atau menjalankannya sebagai puasa mutlak.

Harap pahami bahwa puasa yang spesifik Sobat niatkan dan kerjakan di 1 Muharram saja dapat menjadi bid’ah. Pasalnya dalil perintahnya sangat lemah, bahkan termasuk hadits palsu.

Amalan Sunnah di Bulan Muharram

Jika puasa 1 Muharram 2024 saja tidak dianjurkan, lalu bagaimana solusinya untuk mendapat pahala berlimpah di bulan baik ini? Tak perlu risau, sebab masih ada sejumlah amalan sunnah yang bisa Sobat lakukan di bulan Muharram, yaitu:

1. Puasa di Beberapa Hari Bulan Muharram

Solusi pertama adalah menunaikan puasa di beberapa hari dalam bulan Muharram. Salah satunya puasa di hari ‘Asyura dan Tasu’a. Hari tersebut jatuh di tanggal 9 dan 10 Muharram, Sobat bisa mengamalkan niat puasa asyura dan keutamaannya ketika akan melaksanakan puasa sunnah ini. Sejalan dengan sabda Nabi Muhammad SAW,

أَفْضَلُ الصِّيَامِ بَعْدَ رَمَضَانَ شَهْرُ اللَّهِ الْمُحَرَّمُ

“Puasa yang paling afdhol setelah puasa Ramadhan adalah puasa pada bulan Allah al-Muharram.” (HR.Muslim: 1982)

Namun Sobat jangan menunaikan ibadah puasa selama sebulan penuh saat Muharram. Pasalnya Nabi Muhammad SAW tak pernah mencontohkan hal tersebut.

2. Perbanyak Amalan Shalih

Solusi berikutnya adalah dengan memperbanyak amalan shalih dan senantiasa menjadi orang yang bertakwa. Bagi mereka yang beramal shalih di bulan ini, maka ia akan mendapat pahala besar sebagai kasih sayang.

puasa 1 Muharram 2024

Sebaliknya, mereka yang berbuat kerusakan, maka akan mendapat balasan setimpal. Karena itu, di bulan Muharram, Allah SWT melarang hambanya melakukan peperangan dan memerintahkan untuk melakukan amal shalih.

Ini sejalan dengan,

 “Sesungguhnya bilangan bulan pada sisi Allah adalah 12 bulan, dalam ketetapan Allah di waktu Dia menciptakan langit dan bumi, di antaranya empat bulan haram. Itulah (ketetapan) agama yang lurus, maka janganlah kamu menganiaya diri kamu dalam bulan yang empat itu, dan perangilah kaum musyrikin itu semuanya sebagaimana merekapun memerangi kamu semuanya, dan ketahuilah bahwasanya Allah beserta orang-orang yang bertakwa.” (QS. At Taubah : 36).

3. Taubat

Bertaubat menjadi solusi selanjutnya agar umat islam mendapat pahala berlimpah di bulan Muharram. Jangan sampai, Sobat melewatkan kesempatan Muharram sebagai bulan yang mulia untuk mendapat ampunan Allah SWT.

Sobat Cahaya Islam, itulah pembahasan lengkap tentang ibadah puasa 1 Muharram 2024. Sebelum menjalankan ibadah di bulan apapun, hendaknya Sobat mencari tahu terlebih dahulu. Dengan begitu, Sobat terhindar dari ibadah tanpa tuntunan yang benar.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY