Niat Puasa Sya’ban, Manfaat dan Keutamaannya

0
24
niat puasa sya'ban 2

Niat puasa Sya’ban – Kita saat ini sudah memasuki bulan Sya’ban, itu artinya sebentar lagi kita akan sampai di bulan Ramdhan. Setiap muslim tentu saja sangat menantikan kedatangan bulan Ramadhan karena pada bulan tersebut, Allah membukakan seluruh pintu rahmatnya. BUlan suci Ramadan menjadi waktu yang sangat istimewa bagi muslim untuk memanen pahala dari ibadah yang dilakukan.

Sambil menyiapkan diri menyambut bulan Ramadhan, kita bisa melakukan amalan sunnah di bulan Sya’ban seperti melakukan puasa sunnah. Ketika muslim melakukan puasa sunnah ini maka akan mendapatan pahala yang besar. Meskipun merupakan puasa sunah namun ada banyak keutamaan yang dimiliki oleh puasa sunah dibulan Sya’ban.

Bagi sobat cahaya Islam yang ingin menjalankan puasa Sya’ban maka berikut ini adalah niat yang bisa dibaca sebelum menjalankan puasa syaban:

Niat Puasa Sya’ban

نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ عَنْ أَدَاءِ سُنَّةِ شَعْبَانَ لِلهِ تَعَالَى

Nawaitu shauma ghadin ‘an adâ’i sunnati Sya‘bana lillâhi ta‘âlâ.

“Aku berniat puasa sunah Sya‘ban esok hari karena Allah SWT.”

Setelah mengetahui niat tersebut maka selanjutnya sobat cahaya Islam, juga perlu mengetahui mengenai waktu menjalankan puasa tersebut. Rasulullah SAW pada bulan Sya’ban banyak menjalankan puasa sunnah. Jadi anda bisa berpuasa kapan saja di bulan Sya’ban asalkan puasa tersebut tidak sebulan penuh.

niat puasa sya'ban

Keutamaan Puasa Sya’ban

Membaca Niat puasa Sya’ban menjadi salah satu syarat sah puasa. Supaya semakin semangat untuk menjalankan puasa sunnah di bulan Syaban, sobat cahaya Islam perlu mengetahui keutamaan dari puasa tersebut. berikut ini adalah beberapa keutamaannya:

  • Bulan Dimana Amalan Baik Diangkat

Di bulan Sya’ban, amalan kita akan diangkat sehingga sampai kepada Allah. Rasulullah banyak melakukanbanyak puasa Sya’ban karena memang pada bulan ini berbagai amalan di angkat kepada Allah. Tentu akan menjadi amalan yang istimewa ketika amalan diangkat dan kita sedang berpuasa untuk mendapatkan ridho dari Allah.

niat puasa sya'ban 1

  • Menjadi Bentuk Persiapan Sebelum Ramadhan

Sebelum bulan Ramadhan tiba memang selayaknya kita mempersiapkan diri. Salah satu bentuk persiapan yang sangat dianjurkan adalah mengisi bulan Sya’ban dengan melakukan ebrbagai macam amalan termasuk menjalankan puasa sunnah. Ketika kita telah terbiasa menjalankan puasa sunnah maka untuk menyambut dan menjalani puasa Rmadah inshaallah kita sudah sangat siap.

  • Mengharap Ridho dari Allah

Hal yang terpenting yang akan kita dapatkan apabila kita menjalankan puasa sunnah dengan niat yang baik adalah mendapatkan ridho Allah. Ridho dari Allah menjadi hal yang paling berharga dari segala hal. Oleh karena itu, setiap muslim hendaknya selalu berusaha meluruskan niat beribadah dengan hanya mengharapkan ridho Allah semata.

Nabi shallallahu alaihi wasallam bersabda:

مَنْ أَرْضَى النَّاسَ بِسَخَطِ اللهِ وَكَلَهُ اللهُ إِلَى النَّاسِ وَمَنْ أَسْخَطَ النَّاسَ بِرِضَا اللهِ كَفَاهُ اللهُ مُؤْنَةَ النَّاسِ

Artinya: “Barangsiapa mencari keridhoan manusia dengan membuat Allah murka, maka ia diserahkan oleh Allah kepada manusia. Dan barangsiapa membuat manusia murka dengan keridhoan Allah, maka Allah akan mencukupinya dari kejahatan manusia.” (Shahih. HR. Ibnu Hibban no.277 (I/510), dari Aisyah. Dan dishohihkan oleh syaikh Al-Albani dalam Shahih Al-Jami’ Ash-Shaghir no.6010).

niat puasa sya'ban 2

Setelah mengetahui niat puasa Sya’ban beserta keutamaannya, selanjutnya sobat cahaya Islam bisa menjalankan puasa ini dengan membaca niat tersebut. Semoga Allah mengampuni dosa kita semua dan meneruima amal ibadah kita.

Di Bulan Sya’ban ini kita juga sebaiknya banyak berdoa kepada Allah agar musibah yang menimpa dunia ini segera dihentikan. Wabah virus corona semoga sudah reda di bulan Ramadhan nanti. Sekian informasi yang dapat disampaikan mengenai niat puasa Sya’ban, semoga informasi ini menambah pengetahuan dan bermanfaat untuk sobat cahaya Islam semuanya.

TIDAK ADA KOMENTAR

Ikut Berkomentar Yuk!