Waspadai 2 Hal Ini! Karena Menghalangi Malaikat Rahmat Masuk Rumah Anda!

0
940

Kita hidup dengan dibanjiri oleh rahmat dan anugrah dari Allah SWT. Banyak kenikmatan-kenikmatan yang bisa kita rasakan dan patut disyukuri. Tapi tahukah sobat, kalau rahmat-rahmat Allah tersebut didistribusikan melalui banyak cara, yang salah satunya melalui Malaikat rahmat yang berlalu lalang dirumah anda? Yang pasti anda tidak bisa melihat sosok mereka, tapi malaikat rahmat itu ada dan mengemban tugas dari Allah untuk menyebarkan Rahmatnya kepada kita. Tapi jangan salah, ada dua hal sepele lho yang bisa menghalangi malaikat rahmat masuk rumah anda!

حَدَّثَنَا أَبُو بَكْرٍ، حَدَّثَنَا غُنْدَرٌ، عَنْ شُعْبَةَ، عَنْ عَلِيِّ بْنِ مُدْرِكٍ، عَنْ أَبِي زُرْعَةَ، عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ نُجَىٍّ، عَنْ أَبِيهِ، عَنْ عَلِيِّ بْنِ أَبِي طَالِبٍ، عَنِ النَّبِيِّ ـ صلى الله عليه وسلم ـ قَالَ ‏ “‏ إِنَّ الْمَلاَئِكَةَ لاَ تَدْخُلُ بَيْتًا فِيهِ كَلْبٌ وَلاَ صُورَةٌ ‏”‏ ‏.‏

Jangan memelihara anjing dirumah anda

Dalam penjelasan hadits tersebut sudah jelas dikatakan (…). Hal ini mutlak menerangkan bahwa keberadaan anjing itu tidak hanya membuat rumah kita rawan terkena najis, namun juga adanya anjing di dalam rumah akan menahan malaikat rahmat untuk masuk kedalam rumah kita. Rasulullah sendiri pernah bingung melihat jibril sedang berdiri didepan rumahnya tak bergeming, walaupun Rasulullah telah mempersilakan dia untuk masuk. Jibril kemudian mengatakan bahwa dia tidak mau masuk karena kebetulan ada anak anjing liar yang tidak sengaja masuk kedalam rumah Rasulullah. Nah, jadi kami yakin kok sobat Cahayaislam lebih memilih untuk tidak memelihara anjing daripada menjauhkan malaikat Rahmat dari rumah.

حَدَّثَنَا أَبُو بَكْرِ بْنُ أَبِي شَيْبَةَ، حَدَّثَنَا عَلِيُّ بْنُ مُسْهِرٍ، عَنْ مُحَمَّدِ بْنِ عَمْرٍو، عَنْ أَبِي سَلَمَةَ، عَنْ عَائِشَةَ، قَالَتْ وَاعَدَ رَسُولَ اللَّهِ ـ صلى الله عليه وسلم ـ جِبْرِيلُ عَلَيْهِ السَّلاَمُ فِي سَاعَةٍ يَأْتِيهِ فِيهَا فَرَاثَ عَلَيْهِ فَخَرَجَ النَّبِيُّ ـ صلى الله عليه وسلم ـ فَإِذَا هُوَ بِجِبْرِيلَ قَائِمٌ عَلَى الْبَابِ فَقَالَ ‏ “‏ مَا مَنَعَكَ أَنْ تَدْخُلَ ‏”‏ ‏.‏ قَالَ إِنَّ فِي الْبَيْتِ كَلْبًا وَإِنَّا لاَ نَدْخُلُ بَيْتًا فِيهِ كَلْبٌ وَلاَ صُورَةٌ ‏.‏

Perhatikan apakah ada benda/gambar timbul dirumah anda

Selain anjing, hal yang menghalangi malaikat rahmat masuk rumah anda adalah benda atau gambar timbul. Gambar atau benda timbul dijelaskan merupakan gambar atau benda yang memiliki definisi dan volume (mirip-mirip 3 dimensi lah). Beberapa alim ulama menjelaskan bahwa gambar atau benda timbul yang dilarang terbatas pada benda-benda yang menyerupai makhluk hidup. Sedangkan yang bukan tidak termasuk misalnya saja: replika robot, mainan mobil-mobilan dan yang lainnya.

Gambar-gambar yang meragukan supaya ditinggalkan saja

Selain gambar atau benda timbul, beberapa alim ulama juga menambahkan keterangan tambahan yang dinukil dari hadits lanjutan diatas. Gambar-gambar yang meragukan disini didefinisikan menjadi 2, yakni (1) gambar yang anda tidak yakin apakah itu timbul atau tidak, dan (2) gambar yang meskipun tidak timbul namun tidak memiliki manfaat.

Bila anda memiliki benda atau gambar yang anda ragu apakah itu timbul atau tidak, maka banyak para ulama menganjurkan untuk meninggalkannya saja. Sedangkan gambar yang meskipun tidak timbul namun tidak memiliki manfaat diambil dari hadits cerita tentang seseorang wanita yang melaporakan pada Rasulullah bahwa suaminya memajang lukisan (tidak timbul) bergambar pohon kurma. Meski tidak timbul, Rasulullah melarangnya karena tidak ada manfaat yang bisa didapatkan dari gambar tersebut.

حَدَّثَنَا الْعَبَّاسُ بْنُ عُثْمَانَ الدِّمَشْقِيُّ، حَدَّثَنَا الْوَلِيدُ، حَدَّثَنَا عُفَيْرُ بْنُ مَعْدَانَ، حَدَّثَنَا سُلَيْمُ بْنُ عَامِرٍ، عَنْ أَبِي أُمَامَةَ، أَنَّ امْرَأَةً، أَتَتِ النَّبِيَّ ـ صلى الله عليه وسلم ـ فَأَخْبَرَتْهُ أَنَّ زَوْجَهَا فِي بَعْضِ الْمَغَازِي فَاسْتَأْذَنَتْهُ أَنْ تُصَوِّرَ فِي بَيْتِهَا نَخْلَةً فَمَنَعَهَا أَوْ نَهَاهَا ‏.‏

Contoh-contoh rill yang lainnya yang paling gampang kita temui didunia modern ini misalnya adalah gambar-gambar pornografi yang banyak dari remaja sering mengambilnya dari majalah atau tabloid dan kemudian digunakan untuk pajangan dikamarnya. Insha Allah dengan mengikuti aturan Rasulullah tentang memperhatikan dan meninggalkan hal hal yang menghalangi Malaikat Rahmat Masuk Rumah Anda tersebut, rumah kita akan selalu dipenuhi oleh Rahmat dari Allah. Amiin.

TIDAK ADA KOMENTAR

Ikut Berkomentar Yuk!