Polda Metro Bantu Warga Terdampak Covid-19, Ini Manfaat Tolong-Menolong Dalam Islam!

0
32
Polda Metro Bantu Warga Terdampak Covid dan Ini Hukumnya Dalam Islam

Polda Metro bantu warga – Situasi pandemi saat ini tidak dipungkiri menjadi situasi yang cukup sulit bagi sebagian orang. Bukan hanya tidak bisa menjalani aktivitas seperti biasa, namun banyak diantaranya yang harus berhenti bekerja. Sehingga ini menjadi sebab banyaknya permasalahan ekonomi yang muncul. Dalam hal ini, tidak sedikit orang yang berkecukupan menyalurkan bantuannya kepada masyarakat yang terkena dampak covid-19. Termasuk yang dilakukan oleh Polda Metro Jaya dalam rangka HUT Lalu Lintas Bhayangkara ke-65.

Polda Metro Bantu Warga dan Ini Keutamaan Tolong Menolong Dalam Islam

Polda Metro Jaya memberikan bantuan bagi warga terdampak covid-19 dengan membagikan 25 ton beras. Paket sembako ini akan diantarkan ke rumah-rumah warga yang membutuhkan. Bahkan polda Metro juga melibatkan 100 mobil dan 33 motor untuk membagikan paket sembako ini. Tindakan ini merupakan salah satu cermin sikap seorang muslim yang bisa menjadi teladan. Hal ini karena dalam islam sendiri, kita dianjurkan untuk tolong menolong dalam kebaikan.

Polda Metro Bantu Warga Terdampak Covid-19, Begini Manfaat Dari Sikap Tolong-Menolong Dalam Islam

Polda Metro Bantu Warga dan Manfaat Sikap Tolong Menolong

Polda Metro bantu warga yang terdampak covid-19 dengan memberikan paket sembako. Ini bisa menjadi salah satu langkah untuk membantu warga yang kesulitan ekonomi. Sehingga warga atau masyarakat tetap bisa bertahan hidup dengan baik selama pandemi ini. Dalam islam, kita diajarkan untuk memiliki sikap tolong-menolong kepada sesama. Terlebih sejatinya manusia merupakan makhluk sosial yang tidak bisa hidup sendiri. Dan senantiasa membutuhkan bantuan orang lain.

وَتَعَاوَنُوا عَلَى الْبِرِّ وَالتَّقْوَىٰ ۖ وَلَا تَعَاوَنُوا عَلَى الْإِثْمِ وَالْعُدْوَانِ ۚ وَاتَّقُوا اللَّهَ ۖ إِنَّ اللَّهَ شَدِيدُ الْعِقَابِ

Dan tolong-menolonglah kamu dalam (mengerjakan) kebajikan dan takwa, dan jangan tolong-menolong dalam berbuat dosa dan pelanggaran. Dan bertakwalah kamu kepada Allah, sesungguhnya Allah amat berat siksa-Nya.(1)

Ayat diatas menegaskan bahwa sebagai seorang muslim dianjurkan untuk saling tolong menolong dalam kebaikan. Dan tahukah sobat CahayaIslam, bahwa ada banyak keutamaan atau manfaat dari sikap tolong menolong sesama muslim?

Mendapatkan Pahala dan Amal Kebaikan

Polda Metro Bantu Warga Terdampak Covid dan Ini Hukumnya Dalam Islam

Ada banyak manfaat saat kita membantu atau menolong orang lain. Salah satunya adalah mendapatkan pahala yang setara dengan pahalanya orang yang berperang membela agama. Itu artinya, pahala dari menolong orang lain sungguh besar. Tentu saja tidak ada seorangpun yang tidak menginginkan pahala dari Allah SWT bukan?

Dibebaskan Dari Siksa Neraka dan Nifaq

Dalam sabda Nabi dikatakan bahwa, “Barang siapa yang berjalan dalam rangka untuk membantu kebutuhan saudara sesama muslim baik kebutuhan terlaksana ataupun tidak. Maka Allah akan mengampuni dosa-dosa yang terdahulu maupun yang akan datang. Dan Allah mencatat baginya dua pembebasan, yatu pembebasan dari neraka dan pembebasan dari nifaq.”

Setiap Langkah Dibalas Dengan Kebaikan dan Dijauhkan Dari Keburukan

Keutamaan atau manfaat dari menolong orang lain adalah setiap langkahnya akan dibalas dengan kebaikan dan dijauhkan dari keburukan. Ini artinya, seorang muslim yang suka menolong orang lain maka Allah akan turunkan pertolongan kepadanya. Diantaranya dengan kebaikan yang dilimpahkan kepadanya dan keburukan yang dijauhkan darinya.

Polda metro bantu warga – dengan membagikan 25 ton beras kepada yang terdampak covid-19. Sikap ini termasuk yang dianjurkan oleh ajaran islam. Sebagai manusia yang hakekatnya adalah makhluk sosial, tolong-menolong merupakan sikap yang harus kita miliki. Terlebih agama mengajarkan ini sebagai salah satu amal kebaikan bagi kita kaum muslim.


Catatan Kaki:

(1) – Surat Al-Maidah Ayat 2

TIDAK ADA KOMENTAR

Ikut Berkomentar Yuk!