Video Shalat Main HP Bukan Penistaan Agama, Bergurau Soal Agama Bolehkah?

0
42
Video Shalat Main HP dan Pandangan Islam Tentang Bergurau

Video shalat main HP – Maraknya media sosial di era modern saat ini mempengaruhi budaya masyarakat. Dalam hal ini, sikap hingga pola pikir masyarakat semakin berubah dengan adanya teknologi semacam ini. Bermain media sosial tentu bukan hal yang dilarang, namun tetap harus tahu batasannya. Sehingga tidak menjerumuskan kita pada hal-hal yang negatif. Beberapa waktu lalu tersebar sebuah video, dimana terlihat seorang pria melakukan ibadah shalat sambil bermain ponsel. Ini salah satu dampak teknologi masa kini.

Video Shalat Main HP dan Islam Larang Agama Sebagai Bahan Bergurau

Penggunaan media sosial yang tidak terarah dengan baik akan menimbulkan sikap-sikap yang mengarah pada hal negatif. Video yang menjadikan ibadah sebagai gurauan, ini adalah salah satu tindakan yang tidak terpuji. Bagaimanapun, agama bukan sesuatu yang layak untuk menjadi bahan bergurau. Namun pihak kepolisian menyatakan bahwa para pelaku dalam video ini hanya bergurau saja dan tidak bermaksud menistakan agama. Lalu bagaimana menurut pandangan islam?

Video Shalat Main HP Bukan Penistaan Agama, Ini Pandangan Islam Tentang Bergurau Soal Agama

Video Shalat Main HP dan Begini Pandangan Islam

Video shalat main HP yang dibuat oleh para pria Sampang ini hanya sebagai bahan bercanda saja. Hal tersebut diutarakan oleh keempat pelaku yang kemudian dipanggil oleh tokoh agama dan kepala desa. Dalam pandangan islam, bercanda sendiri ada adab dan batasannya. Bahkan dilarang untuk bercanda secara berlebihan. Lalu bagaimana jika agama menjadi bahan untuk bercanda? sementara ibadah adalah sesuatu yang sakral karena hubungannya adalah dengan Allah SWT.

وَلَئِنْ سَأَلْتَهُمْ لَيَقُولُنَّ إِنَّمَا كُنَّا نَخُوضُ وَنَلْعَبُ ۚ قُلْ أَبِاللَّهِ وَآيَاتِهِ وَرَسُولِهِ كُنْتُمْ تَسْتَهْزِئُونَ لَا تَعْتَذِرُوا قَدْ كَفَرْتُمْ بَعْدَ إِيمَانِكُمْ ۚ إِنْ نَعْفُ عَنْ طَائِفَةٍ مِنْكُمْ نُعَذِّبْ طَائِفَةً بِأَنَّهُمْ كَانُوا مُجْرِمِينَ

Dan jika kamu tanyakan kepada mereka (tentang apa yang mereka lakukan itu), tentulah mereka akan manjawab, “Sesungguhnya kami hanyalah bersenda gurau dan bermain-main saja”. Katakanlah: “Apakah dengan Allah, ayat-ayat-Nya dan Rasul-Nya kamu selalu berolok-olok?” Tidak usah kamu minta maaf, karena kamu kafir sesudah beriman. Jika Kami memaafkan segolongan kamu (lantaran mereka taubat), niscaya Kami akan mengazab golongan (yang lain) disebabkan mereka adalah orang-orang yang selalu berbuat dosa. (1)

Ayat ini menjelaskan bahwasanya hal-hal yang berkaitan dengan agama bukanlah sesuatu yang bisa dijadikan bahan untuk berolok-olok. Bahkan dalam tahapan bergurau yang berlebihan, ini bisa menyebabkan seseorang menjadi golongan kafir.

Islam Larang Agama Dijadikan Sebagai Bahan Bergurau

Video Shalat Main HP dan Pandangan Islam Tentang Bergurau

Dengan ayat tersebut, sudah jelas bahwa islam melarang bercanda atau bergurau dengan menggunakan agama sebagai bahan untuk bergurau. Parahnya, seorang muslim bisa dianggap kafir jika menjadikan agama sebagai bahan untuk berolok-olok. Itu sebabnya, dalam bergurau sebaiknya memperhatikan apa saja yang diperbolehkan dan tidak. Shalat merupakan ibadah yang sakral, sungguh tidak terpuji menjadikan ibadah untuk bermain-main meskipun hanya untuk bergurau.

Video shalat main HP – beberapa waktu lalu viral dan menimbulkan banyak komentar. Pelakunya diminta membuat surat permintaan maaf dan berjanji untuk tidak mengulanginya. Sobat Cahaya Islam, agama adalah pedoman hidup bagi seorang muslim. Sungguh tidak pantas jika agama menjadi bahan gurauan. Mari kita berhati-hati dalam bercanda ya, jangan sampai menjerumuskan pada keburukan.


Catatan Kaki:

(1) – Surat At-Taubah Ayat 65-66

TIDAK ADA KOMENTAR

Ikut Berkomentar Yuk!