Pesawat Jatuh Di Riau, Amalkan 4 Tuntunan Saat Berkendara

0
74
pesawat jatuh

Pesawat Jatuh – Sebuah pesawat tempur milik TNI AU jatuh di Kabupaten Kampar, Provinsi Riau. Pesawat tempur yang jatuh tersebut adalah Hawk buatan BAE System, Inggris. Pilot pesawat naas tersebut dalam kondisi selamat. Pilot menyelamatkan diri dengan kursi pelontar sebelum pesawat jatuh.

Pesawat Jatuh Adalah Kehendak Allah

Pesawat jatuh menimpa salah satu rumah warga. Akibatnya, rumah warga tersebut hancur. Warga yang tinggal tidak jauh dari lokasi jatuhnya pesawat mendatangi tempat tersebut. Pihak TNI AU segera mengamankan lokasi dengan memberi batas radius 30 meter.

pesawat jatuh

Peristiwa pesawat jatuh di Riau hendaknya menjadi pengingat bagi kita agar berdoa sebelum maupun selama berkendara. Naik kendaraan apapun termasuk pesawat, harus berdoa. Berdoa adalah bentuk tawakkal kita kepada Allah. Karena Allah-lah yang berkuasa atas segala sesuatu di alam semesta ini.

Kendaraan yang mengangkut kita adalah karunia dari Allah. Setiap kendaraan dikaruniakan Allah kepada manusia untuk memenuhi kebutuhan. Maka dari itu, hendaknya kita selalu berdoa dan melakukan amalan selama berkendara.

۞ وَلَقَدْ كَرَّمْنَا بَنِىٓ ءَادَمَ وَحَمَلْنَٰهُمْ فِى ٱلْبَرِّ وَٱلْبَحْرِ وَرَزَقْنَٰهُم مِّنَ ٱلطَّيِّبَٰتِ وَفَضَّلْنَٰهُمْ عَلَىٰ كَثِيرٍ مِّمَّنْ خَلَقْنَا تَفْضِيلًا

Arti: “Dan sesungguhnya telah Kami muliakan anak-anak Adam, Kami angkut mereka di daratan dan di lautan, Kami beri mereka rezeki dari yang baik-baik dan Kami lebihkan mereka dengan kelebihan yang sempurna atas kebanyakan makhluk yang telah Kami ciptakan.” (QS. Al Israa ayat 70)

4 Tuntunan Saat Berkendara

Sobat Cahaya Islam, lakukan 4 tuntunan berikut ini saat berkendara. Dengan mengamalkan tuntunan saat berkendara, maka Allah selalu menjaga dan melindungi kita.

Membaca Bismillah

Bacalah bismillahirrahmanirrahim setiap kali sobat Cahaya Islam melakukan aktivitas apapun. Mengucapkan bismillah adalah bentuk pujian kepada Allah serta bukti ketawakalan kita. Insyaallah mengawali dengan bismillah akan memberi keselamatan bagi kita semua.

pesawat jatuh

Membaca Doa Naik Kendaraan

Sobat Cahaya Islam bisa membaca doa naik kendaraan sebelum berkendara. Doa berikut adalah doa naik kendaraan sesuai tuntunan dari Rasulullah.

Subhaanal ladzii sakhkharolanaa haadzaa wa maa kunnaa lahu muqrinin, wa innaa ilaa robbinaa lamunqolibuun

Arti: “Mahasuci Allah yang telah menundukkan kendaraan ini, padahal kami tak kuasa menundukkannya dan kepada Allah lah kami semua dikembalikan”.

Doa tersebut adalah bentuk kesadaran dan pengakuan kita kepada Allah. Kita menyadari dan mengakui bahwa Allah yang mengendalikan kendaraan yang ditumpangi. Berdoa kepada Allah juga berarti bahwa kita berserah diri kepada Allah. Apapun yang akan terjadi adalah kehendak Allah. Kita hanya bisa berdoa dan berusaha.

Istighfar dan Dzikir Selama Perjalanan

Selama perjalanan hati dan mulut dianjurkan untuk berdzikir dan istighfar. Dimanapun dan dalam keadaan bagaimanapun tautkan diri kita untuk mengingat Allah. Rasulullah mencontohkan pada kita untuk berdzikir saat perjalanan. Beliau saat perjalanan mendaki membaca takbir, saat jalan menurun mengucap tasbih.

Sebagai umat beliau, kita hendaknya mengikuti amalan beliau, termasuk saat melakukan perjalanan. Nabi Muhammad SAW tidak hanya panutan umat Islam saja tetapi juga panutan dan suri tauladan seluruh umat manusia.

pesawat jatuh

Memohon Kebaikan Saat Hampir Sampai Tempat Tujuan

Saat hampir tiba di tempat tujuan, berdoalah untuk meminta kebaikan dan perlindungan kepada Allah dari segala jenis kejahatan dan keburukan.

“Allahumma inni as-aluka khoirohaa wa khoiro ahlihaa wa khoiro maa fiihaa. Wa a’uudzubika min syarrihaa wa syarri ahlihaa wa syarri maa fiihaa

Arti: “Ya Allah, aku memohon kebaikan, kebaikan penduduknya, dan kebaikan segala sesuatu yang ada di tempat ini. Aku berlindung dari kejelekan, kejelekan penduduknya, dan kejelekan segala sesuatu yang ada di tempat ini”.

Sobat Cahaya Islam, dari peristiwa pesawat jatuh di Kabupaten Kampar, Riau, kita bisa memetik pelajaran sangat berharga. Bahwa dalam berkendara kita terus berdoa. Selalu tawakkal, berdzikir untuk mengingat Allah yang menjalankan semua yang ada di dunia, termasuk kendaraan yang kita tumpangi.

TIDAK ADA KOMENTAR

Ikut Berkomentar Yuk!