Pengobatan Ningsih Tinampi dalam Pandangan Ulama

Ningsih TInampi tengah viral karena cara pengobatannya yang begitu kontroversial

0
298
ningsih tinampi

Ningsih Tinampi-Pengobatan tradisional Ningsih Tinampi memang tengah sangat viral dan begitu fenomenal. Pengobatan ini dilakukan oleh seorang ibu dari Pasuruan. Cara pengobatan ini memang sangat cepat viral karena Ningsih Tinampi banyak berdialog dengan jin yang merasuki orang yang diobati.

ningsih tinampi

Penyakit yang terkena gangguan jin dan terkena santet memang banyak dan ada sejak jaman dahulu. Namun banyak yang mulai menganggap pengobatan Ningsih Tinampi ini sesat setelah pernyataannya bahwa dia dapat mengundang para Malaikat dan dapat mengundang para Nabi bahkan Rasulullah.

Betapa pernyataan itu sangat menghebohkan semua orang terutama orang-orang muslim. Bagaimana seorang manusia bisa dapat mengundang Malaikat, Nabi-Nabi dan bahkan seorang yang paling mulia yakni Rasulullah saw.

Setelah kejadian tersebut, banyak masyarakat yang bertanya-tanya dan menganggap jika pengobatan Ningsih Tinampi mulai berlebihan. Tentu bagi kita orang yang masih sangat awam juga akan sangat tidak eprcaya dengan hal tersebut merkipun kita tahu bahwa tidak ada hal yang tidak mungkin jika Allah berkehendak.

ningsih tinampi

Sebagai orang yang beriman, kita perlu untuk berhati-hati dalam memutuskan sesuatu terutama dalam mempercayai hal semacam ini. Kita perlu untuk bertanya kepada orang yang lebih berilmu seperti para ulama yang memabhg sudah tidak perlu diragukan lagi keilmuannya dalam hal agama.

Pendapat para ulama tentang Ningsih Tinampi

Setelah beredar video pengakuan Ningsih Tinampi bahwa dia mengundang para Malaikat, Nabi dan rasul, maka dia akhirnya mendapatkan banyak sekali hujatan dari masyarakat. Namun meskipun banyak yang menyebutnya sesat, Ningsih Tinampi tetap kokoh dalam pendiriannya bahwa memang itu adalah kelebihan yang diberikan oleh Allah kepada dirinya agar menjadi peringatan bagi manusia agar kembali ke jalan Allah.

وَنُنَزِّلُ مِنَ الْقُرْآنِ مَا هُوَ شِفَاءٌوَرَحْمَةٌ لِلْمُؤْمِنِيْنَ وَلاَ يَزِيْدُ الظَّالِمِيْنَ إِلاَّخَسَارًا

“Dan kami turunkan dari al quran suatu yang menjadi obat (penawar) dan rahmat bagi orang-orang yang beriman dan al-quran itu tidaklah menambah kepada orang-orang yang zalim selain kerugian.” (1)

hal positif yang bisa diambil memang kita sebaiknya hanya takut kepada Allah dan selalu berusaha untuk mendekatkan diri kepada Allah seperti pesan yang disampaikan oleh Ningsih Tinampi. Namun disisi lain kita juga harus tetap waspada dan jangan terlalu percaya begitu saja. Lebih baik kita ikuti kata ulama soleh yang sudah kita kenal kesolihannya.

ningsih tinampi

Pendapat Buya Yahya

Buya Yahya adalah salah satu ulama yang sudah sangat banyak dikenal oleh masyarakat. Pendapat beliau juga sangat berdasar dengan al-quran dan hadist. Menurutnya, apa yang disampikan oleh Ningsih Tinampi jangan dipercaya karena bisa berbahaya. Ruqyah memang salah satu metode pengobatan Islam yang sudah ada sejak zaman Nabi. Namun jika sudah dicampuri dengan pernyataan yang aneh-aneh seperti dapat mengundang para Malaikat, Nabi dan rasul maka kita harus waspada. Bisa jadi nanti suatu saat orang tersebut mengaku Nabi.

Oleh karena itu kita harus berhati-hati dan jangan mudah percaya. Jangan mudah terpesona dengan kemampuan seseorang. Penting bagi setiap muslim untuk selalu mengutamakan ketenangan dan mencari banyak ilmu dari pada ulama agar tidak mudah tersesat.

Pendapat Ustad Abdul Somad

Pendapat yang selanjutnya adalah dari ustad kondang UAS. Beliau berpendapat bahwa pengobatan dengan mengaku-ngaku mampu mengundang Malaikat bisa menjadi perbuatan sesat dan syirik. Pengobatan ruqyah memang pengobatan yang baik namun jika sudah dicampur dengan penyataan yang seperti itu maka bisa masuk syirik, sedang perbuatan syirik dapat menyebabkan semua alaman menjadi rusak.

مَنْ أَتَى عَرَّافًا فَسَأَلَهُ عَنْ شَىْءٍ لَمْ تُقْبَلْ لَهُ صَلاَةٌ أَرْبَعِينَ لَيْلَةً

“Siapa yang mendatangi peramal/dukun, lalu bertanya kepadanya tentang sesuatu, niscaya shalatnya tidak diterima selama empat puluh hari”. [2]

Sobat cahaya Islam, dari sini kita bisa ambil kesimpulan bahwa percaya dengan apa yang dilakukan oleh Ningsih Tinampi ini tidak dibenarkan oleh banyak ulama. Lebih aman bagi kita untuk mengikuti ulama dan jangan membangkang dengan perintah Allah. Meksipun memang Ningsih Tinampi mampu mengobati orang-orang yang terkena gangguan jin namun tidak dibenarkan jika sampai berani mengatakan hal tersebut. WAllahualam bishawab.


Catatan kaki:

[1]. Qs Al-Isrâ’/17: 82

[2]. Hadits Riwayat Muslim, Kitab As-Salam 2230

TIDAK ADA KOMENTAR

Ikut Berkomentar Yuk!