Dasa Dharma Pramuka Ada Kandungan Dakwah Islamnya, Ini Penjelasannya  

0
36

 

Dasa Dharma Pramuka – Bagian dari Gerakan Pramuka yang berisi sepuluh nilai terpuji yang menjadi tonggak dalam kehidupan. Pramuka (Praja Muda Karana) menjadi sebuah gerakan yang mengarah pada pembentukan jiwa dan karakter, di mana lewat rangkaian kegiatan yang menantang, dengan nilai-nilai positif yang terkandung.

Kegunaan Dasa Dharma Pramuka yakni sebagai pedoman dalam menjalankan berbagai kegiatan dalam Pramuka sekaligus dapat diaplikasikan oleh peserta didik ke dalam kehidupan sehari-hari.

Sobat Cahaya Islam bila ditinjau dari isi, sepuluh nilai terpuji itu berisi dakwah ajaran Islam yang dibalut dengan gaya nasionalis sebagaimana negara kita yang bernafaskan Pancasila dengan Bhineka Tunggal Ika sebagai semboyannya.

Kandungan Dakwah Islam dalam Dasa Dharma Pramuka

Isi dari Dharma Pramuka mengandung dakwah Islam yang dapat digolongkan menjadi tiga apek yang besar.

  1. Mengajarkan Hubungan dengan Allah

Nomor satu yaitu “Takwa kepada Tuhan yang Maha Esa” setiap warga negara Indonesia harus mempunyai kepercayaan. Islam yang mempercayai Allah SWT sebagai Tuhan yang satu. Bagi agama Islam disyaratkan untuk mengetahui ilmu-ilmu agama seperti rukun, iman, berbagai ibadah seperti sholat.

Poin nomor satu ini sebagai tonggak, poin-poin selanjutnya bilamana ada iman di dada maka pasti mengerucut mengajarkan lima rukun Islam, dan merasa diawasi oleh Allah SWT dalam setiap tingkah lakunya (Ihsan).

  1. Mengajarkan Hubungan dengan Sesama Makhluk

Selain menjadi makhluk yang berada di bawah kekuasaan Sang Pencipta, manusia juga bagian dari makhluk sosial yang tidak lepas dari peran makhluk lainnya yang mencangkup sosial dan lingkunganya (alam beserta isinya: tumbuhan dan hewan).

Ajaran hubungan dengan makhluk tertera dalam poin nomor dua hingga nomor lima Dharma Pramuka.

  • Cinta alam dan kasih sayang sesama manusia

Alam tempat kita beredar perlu dijaga dengan tidak merusaknya serta menjaga kelestarian ekosistem alam. Allah SWT memerintahkan untuk tidak merusak alam, sebab tindakan merusak alam dapat berdampak bencana. Ajaran ini terdapat dalam Al-Qur’an surah

وَإِذَا تَوَلَّى سَعَى فِي الْأَرْضِ لِيُفْسِدَ فِيهَا وَيُهْلِكَ الْحَرْثَ وَالنَّسْلَ وَاللَّهُ لا يُحِبُّ الْفَسَادَ

Artinya: “Dan apabila ia berpaling (dari kamu), ia berjalan di bumi untuk mengadakan kerusakan padanya, dan merusak tanam-tanaman dan binatang ternak, dan Allah tidak menyukai kebinasaan.” (QS Al Baqarah: 205)

Sesama manusia harus saling bertebaran kasih sayang, ingat tidak ada yang mampu hidup sendiri tanpa bantuan orang lain. Manusia dilahirkan dalam keadaan lemah, dari bayi yang belum bisa apa-apa.

  • Patriot yang sopan dan ksatria

Menghormati yang lebih tua dan menghargai yang lebih muda, sopan dalam tingkah laku yang dan berjiwa ksatria yang pemberani menegakkan kebenaran.

  • Patuh dan suka bermusyawarah

Islam mengajarkan untuk mentaati perintah bila masih dalam lingkaran kebaikan, serta bermusyawarah untuk mengambil keputusan atas permasalahan bersama dengan artian tidak sepihak bertindak demi kemaslahatan umat.

  • Rela menolong dan tabah

Apabila ada yang butuh bantuan diharapkan untuk mengulurkan tangan, serta tabah dalam menghadapi cobaan.

  1. Penanaman Karakter Diri

  • Rajin, terampil, dan gembira
  • Hemat, cermat, dan bersahaja
  • Disiplin, berani, dan setia
  • Bertanggung jawab dan dapat dipercaya
  • Suci dalam pikiran, perkataan, dan perbuatan

Lima poin Dharma Pramuka di atas menanamkan karakter diri, yang bisa mempengaruhi kesuksesan hidup sehingga perlu diasah terus mengingat musuh terbesar manusia adalah hawa nafsu.

Kandungan Isi Dasa Dharma Pramuka itu jelas bila dijabarkan menyimpan ajaran agama Islam yang kental. Semoga Sobat Cahaya Islam dapat menerapkan dalam kehidupan.

 

TIDAK ADA KOMENTAR

Ikut Berkomentar Yuk!