Keutamaan Bulan Dzulhijjah, Apa Saja?

0
55

Keutamaan bulan dzulhijjah – Tepat pada hari rabu, tanggal 22 Juli 2020 jatuh sebagai dimulainya bulan dzulhijjah. Bulan dzullhijjah mempunyai banyak sekali peristiwa-peristiwa penting dari mulai Nabi Adam sampai dengan Nabi Muhammad SAW. Mungkin sebagian dari sobat cahaya islam tidak tahu peristiwa apa yang terjadi pada bulan penuh keistimewaan ini, keutamaan bulan dzulhijjah ini.

 

Keutamaan bulan dzulhijah telah disabdakan oleh nabi Muhammad;

Rasulullah SAW bersabda “tidaklah ada hari-hari yang amal shalih di dalamnya lebih Allah cintai dari hari-hari ini (maksudnya sepuluh hari pertama bulan Dzulhijjah). (HR al-Bukhâri nomor 969)

Peristiwa Istimewa Pada Bulan Dzulhijjah

  • Nabi Adam dan Siti Hawa yang telah memakan buah khuldi di surga diturunkan oleh Allah ke bumi. Pada tanggal 1 dzulhijjah Allah mengampuni dosa-dosa Nabi Adam dan Siti Hawa yang telah melanggar aturan Allah.
  • Tidak hanya peristiwa itu, pada tanggal 2 dzulhijjah Allah mengabulkan dua doa Nabi Yunus yang saat itu berada di dalam perut ikan akibat meninggalkan umatnya yang tidak mau taat. Selain Allah mengabulkan dua doa, Nabi Yunus pun dikeluarkan dari perut ikan.
  • Pada tanggal 3, 4, 5 dzulhijjah, Allah mengabulkan doa Nabi Zakaria untuk memiliki keturunan diusianya menginjak 120 tahun. Beurutan dengan itu, pada tanggal 4 Nabi Isa lahir ke bumi, dari rahim yang suci milik bunda Maryam. Sedangkan pada tanggal 5 dzuhijjah, Nabi Musa dilahirkan dari rahim ibunya.
  • Tanggal 6, pintu-pintu kebaikan dibukakan oleh Allah SWT kepada Nabi Muhammad. Pada tanggal 7 dzuhijjah pula pintu-pintu neraka yang keji siksaannya ditutup.
  • Pada tanggal 8 Dzulhijjah, Nabi Ibrahim diperintahkan oleh Allah untuk membangun ka’bah. Hari itu, Nabi Ibrahim merenung apakah yang ia lakukan mendapat pahala atau tidak. Tanggal ini pun, dikenal sebagi hari merenung dan berpikir atau yaumul al-tarwiyah. Selain itu, nabi Ibrahim pun merenungkan mimpinya yang menyembelih anaknya, nabi Ismail.
  • Tepat ditanggal 9, meyakini mimpinya yang menyembelih nabi Ismail adalah dari Allah. Dengan keteguhan hati nabi Ibrahim pun merelakan dirinya jika memang hal itu datangnya dari Allah. Hari pada tanggal ini dikenal dengan Arafah. Berkaitan dengan tempat nabi Ismail akan disembelih, yakni Arafah.

Tidak hanya peristiwa-peristiwa penting ini yang perlu sobat cahaya islam ketahui. Beberapa keutamaan bulan dzulhijah ini patut dijadikan sebagai amalan untuk meningkatkan ketaatan.

Keutamaan Bulan Dzulhijjah

  • Orang-orang yang berpuasa pada tanggal 1, Allah akan mengampuni dosa-dosa kecil. Sebagai mana peristiwa yang terjadi pada nabi Adam dan Siti Hawa.
  • Tanggal 2 pun dianjurkan berpuasa, pahalanya setara dengan berpuasa selama satu tahun tanpa mendurhakai Allah.
  • Pada tanggal 3 dzulhijah, orang yang berpuasa dan berdoa pada tanggal ini, Allah akan mengabulkan doa-doa dan permohonannya.
  • Tepat tanggal 4 dimana nabi Isa lahir, orang yang berpuasa akan dihilangkan segala kesusahan hidup dan kefakirannya serta akan mengumpulkannya bersama orang-orang di akhirat nanti.
  • Di tanggal 5, orang yang berpuasa akan dihindarkan dari siksa kubur yang meyakitkan.
  • Pada tanggal 6, akan terhindar dari siksa selama-lamayanya serta Allah akan menurunkan rahmat bagi orang yang berpuasa.
  • Orang yang berpuasa ditanggal 7, akan terhindar dari 30 pintu kesulitan, dan dibukakan pula 30 pintu kemudahan.
  • Sedangkan pada tanggal 8 dzulhijah, Allah akan memberikan pahala yang jumlahnya hanya diketahui oleh Allah SWT.
  • dan pada tanggal ke-9 dzulhijah, Allah akan mengampuni dosa-dosanya setahun yang lalu dan setahun yang akan datang.

Keutamaan bulan dzulhijjah, seharusnya dapat meningkatkan semangat sobat cahaya islam untuk meningkatkan ibadah pada bulan ini. Keuntungan-untungan akan didapatkan,  terutama pahala yang berlimpah dan berlipat ganda.

TIDAK ADA KOMENTAR

Ikut Berkomentar Yuk!