Penembakan Prajurit TNI oleh KKB di Papua, Bagaimana Hukum Penembakan dalam Islam?

0
51

KKB – Tahukah Sobat Cahaya Islam apa itu KKB? KKB adalah akronim dari Kelompok Kriminal Bersenjata yang ada di tanah Papua. Senin, 15 Februari kemarin kelompok bersenjata ini kembali berulah dan menewaskan satu anggota prajurit TNI yang tengah berjaga di Kampung Mamba, Distrik Sugapa, Kabupaten Intan Jaya, Papua.

Personel TNI tersebut adalah Prada Ginanjar Arianda yang tertembak di bagian perut oleh anggota KKB. Prada Ginanjar sebenarnya telah dilarikan ke Timika. Namun, meninggal dalam perjalanan. Akhirnya, jenazah Prada Ginanjar dimakamkan di kampung halamannya, Banjar, Jawa Barat.

Sebelumnya, KKB juga sering melakukan tindak kriminal seperti penyanderaan, pengancaman, bahkan menyatakan perang terhadap anggota TNI dan Polri yang ada di Kabupaten Intan Jaya, Papua. Selain mengancam TNI di sana, kelompok bersenjata ilegal ini juga kerap menyandera masyarakat sipil yang tinggal di sekitar daerah tersebut.

Gerak cepat TNI membuahkan hasil. Rabu tadi (17/2) TNI dan Polri berhasil menangkap anggota KKB yang terlibat dengan baku tembak Senin kemarin. Seorang anggota KKB yang diketahui bernama Janius Bagau tertembak di bagian lengan. Namun, ia berhasil kabur dan meloncat ke jurang. Sayangnya, upaya pelariannya gagal.

Janius dan 2 temannya yang juga anggota KKB nekat merampas senjata milik aparat dan mereka berhasil melumpuhkan Januis beserta 2 temannya. Tidak sekali dua kali KKB berulah di bumi Papua. Konflik yang telah berlangsung bertahun-tahun ini belum juga usai. KKB bahkan telah menyatakan perang dengan TNI dan Polri serta menentukan tempat perang.

KKB dan Penembakan TNI, Simak Hukum Penembakan dalam Islam

Kelompok bersenjata yang ada di Papua kembali berulah. Kegiatan mereka yang berbau kriminal terus gercar dilakukan. Mereka berharap akan ada perundingan dari pemerintah Indonesia untuk menyelesaikan konflik ini. Namun, bukan hanya dengan pemerintah saja, KKB juga perlu meditasi dari pihak PBB.

Kasus penembakan oleh kelompok bersenjata ini sebenarnya telah menyalahi aturan yang berlaku di Indonesia. Organisasi yang sering menamai dirinya sebagai TPNPB (Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat) ini bahkan menggunakan senjata yang diperoleh secara ilegal. Tentu saja hal ini bertentangan dengan hukum di Indonesia.

1.     Hukum Penembakan dalam Islam

Penembakan, penyerangan, penyanderaan, dan segala aksi kriminal lain di Indonesia perlu ditumpas. Hal ini tentu membuat masyarakat Indonesia kehilangan hak mendapatkan rasa nyaman tinggal dalam sebuah negara. Sama halnya dengan kejadian akhir tahun lalu saat 6 anggota FPI tertembak mati oleh aparat kepolisian.

2.     Pelanggaran HAM

Penghilangan nyawa seseorang termasuk perbuatan yang melanggar HAM. Bahkan, kegiatan kriminal yang sering dilakukan oleh KKB agaknya menjadi sorotan dari pemerintah untuk segera menuntuaskan permasalahan ini. Menghilangkan nyawa orang lain dapat berarti pembunuhan. Pembunuhan tentu saja telah melanggar HAM.

Allah telah berfirman dalam Al-Quran:

“Katakanlah: Hai Ahli Kitab, marilah (berpegang) kepada suatu kalimat (ketetapan) yang tidak ada perselisihan antara kami dan kamu” (QS Ali Imran ayat 64)

Sobat Cahaya Islam, dari kasus KKB yang menewaskan seorang anggota prajurit TNI ini dapat menjadikan pelajaran bahwa kegiatan kriminal dalam bentuk apapun adalah perbuatan yang melanggar aturan dan tata tertib bernegara. Semoga konflik KKB segera terselesaikan.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY