Paula Verhoeven Hamil Anak Kedua, Intip Jarak Kehamilan Ideal Menurut Islam

0
164

Paula Verhoeven – Kabar bahagia datang dari Paula Verhoeven, isteri dari Baim Wong tersebut tengah mengandung anak kedua. Kabar tersebut diunggah Paula dalam instagram pribadinya.

Meski bukan pertama kalinya melakukan tes kehamilan. Paula mengaku kembali merasa gugup. Ia berterimakasih pada orang-orang yang sudah memberikan doa untuk kehamilannya.

Rupanya keinginan Paula dan Baim memiliki anak kedua sudah direncanakan. Ia lantas menjaga pola hidup sehat untuk menjaga kesuburannya.

Sobat Cahaya Islam, Allah SWT sudah mengatur segala urusan mahlukNya di dunia ini. Mulai dari hal terkecil hingga terbesar sekalipun.

Tidak terkecuali dengan urusan kehamilan. Salah satunya mengenai jarak kehamilan yang ideal untuk kesehatan ibu dan anak.

Paula Verhoeven Hamil Anak Kedua, Jarak Kehamilannya Sudah Ideal Menurut Islam?

Jarak kehamilan tidak luput dari pandangan Allah SWT. Hal ini bahkan dicantumkan dalam Al Quran.

Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) dr. Hasto Wardoyo, Sp.OG mengatakan jarak kehamilan yang ideal adalah 30 bulan. Hal ini sesuai dengan yang tercantum dalam Al Quran.

صَّيْنَا ٱلْإِنسَٰنَ بِوَٰلِدَيْهِ إِحْسَٰنًا ۖ حَمَلَتْهُ أُمُّهُۥ كُرْهًا وَوَضَعَتْهُ كُرْهًا ۖ وَحَمْلُهُۥ وَفِصَٰلُهُۥ ثَلَٰثُونَ شَهْرًا ۚ حَتَّىٰٓ إِذَا بَلَغَ أَشُدَّهُۥ وَبَلَغَ أَرْبَعِينَ سَنَةً قَالَ رَبِّ أَوْزِعْنِىٓ أَنْ أَشْكُرَ نِعْمَتَكَ ٱلَّتِىٓ أَنْعَمْتَ عَلَىَّ وَعَلَىٰ وَٰلِدَىَّ وَأَنْ أَعْمَلَ صَٰلِحًا تَرْضَىٰهُ وَأَصْلِحْ لِى فِى ذُرِّيَّتِىٓ ۖ إِنِّى تُبْتُ إِلَيْكَ وَإِنِّى مِنَ ٱلْمُسْلِمِينَ

“Kami perintahkan kepada manusia supaya berbuat baik kepada dua orang ibu bapaknya, ibunya mengandungnya dengan susah payah, dan melahirkannya dengan susah payah (pula). Mengandungnya sampai menyapihnya adalah tiga puluh bulan, sehingga apabila dia telah dewasa dan umurnya sampai empat puluh tahun ia berdoa: “Ya Tuhanku, tunjukilah aku untuk mensyukuri nikmat Engkau yang telah Engkau berikan kepadaku dan kepada ibu bapakku dan supaya aku dapat berbuat amal yang saleh yang Engkau ridhai; berilah kebaikan kepadaku dengan (memberi kebaikan) kepada anak cucuku. Sesungguhnya aku bertaubat kepada Engkau dan sesungguhnya aku termasuk orang-orang yang berserah diri”. (Al-Ahqaf : 15)

Anjuran Al Quran tersebut sesuai dengan ilmu kedokteran yang mengatakan bahwa jarak kehamilan ideal adalah 30 bulan atau 2 tahun. Sebab kehamilan kurang dari 2 tahun memiliki risiko bagi ibu dan anak.

Tips Mempersiapkan Kehamilan Kedua

Merencanakan kehamilan kedua harus dilakukan dengan tepat. Sebab pola hidup akan sangat berpengaruh bagi kesehatan tubuh ibu dan buah hati. Berikut ini adalah 4 tips mempersiapkan kehamilan kedua.

1. Beri Waktu untuk Pemulihan

Dalam penelitian menunjukan bahwa tubuh seorang ibu yang baru melahirkan anak pertama perlu dipulihkan selama 18 bulan. Hal itu dilakukan agar kehamilan dan kelahiran berfungsi dengan baik.

2. Hormon Kembali Normal

Kehamilan sangat berpengaruh pada sistem dalam tubuh. Pada kehamilan pertama cadangan gizi akan terkuras. Sehingga Anda perlu waktu untuk mengembalikan hormon kembali normal.

3. Perhatikan Pola Makan

Bagi Anda yang berencana untuk memiliki anak kedua, cobalah atur pola makan. Seperti mencampur protein hewani, kacang-kacangan dan sayuran dalam makanan. Makanan tersebut membantu meningkatkan kesuburan.

4. Konsultasikan pada Ahlinya

Sebelum berencana kehamilan kedua, cobalah konsultasikan pada ahlinya. Sebab kelahiran anak pertama terkadang memberikan masalah-masalah kesehatan dalam tubuh.

Sobat Cahaya Islam, itulah 4 tips mempersiapkan kehamilan anak kedua. Semoga kehamilan Paula Verhoeven berjalan dengan lancar dan selalu diberikan kesehatan oleh Allah SWT, aamiin.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY