Orang Tua Jay Park Marah Setiap Kali Buat Tato Baru, Ini Alasan Tato Tidak Dianjurkan Dalam Islam

0
52
Orang Tua Jay Park 1

Orang tua Jay Park – Penyanyi Jay Park mengaku bahwa orang tuanya tidak suka jika dirinya memiliki banyak tato di tubuh. Setiap kali ia membuat tato baru, orang tuanya marah dan tidak berbicara hingga dua hari lamanya. Itu sebabnya, ia mengungkapkan bahwa ia berpikir sebaiknya saat ini berhenti untuk membuat tato baru lagi. Atau itu akan membuat kedua orang tuanya bungkam seribu bahasa.

Orang Tua Jay Park 1

Jay Park sendiri juga mengatakan bahwa dirinya mendapatkan tawaran untuk berperan sebagai pembunuh, kriminal atau semacamnya. Sobat CahayaIslam, tato seringkali dianggap sebagai sebuah seni. Kita bisa membuat desain gambar apa saja pada bagian tubuh yang kita inginkan. Namun apakah ini diperbolehkah dalam islam? Dengan  beberapa pertimbangan, tato itu sendiri tidak dianjurkan atau cenderung dilarang dalam islam. Yuk ketahui beberapa alasannya menurut islam.

Orang Tua Jay Park Marah Setiap Kali Buat Tato Baru, Yuk Ketahui Alasan Tato Tidak Dianjurkan Dalam Islam

Orang Tua Jay Park 2

Orang tua Jay Park marah setiap kali ia membuat tato baru di bagian tubuhnya. Sehingga saat ini ia memilih untuk tidak membuat tato baru. Dalam hal ini, tato sering dikatakan sebagai sebuah seni karena bisa menggambar apa saja di bagian tubuh. Namun sayangnya ini tidak dianjurkan dalam islam. Dan ini juga tidak sesuai dengan ajaran islam itu sendiri. Tentu saja dengan beberapa alasan yang berlaku dalam hukum islam.

dan aku benar-benar akan menyesatkan mereka, dan akan membangkitkan angan-angan kosong pada mereka dan menyuruh mereka (memotong telinga-telinga binatang ternak), lalu mereka benar-benar memotongnya, dan akan aku suruh mereka (mengubah ciptaan Allah), lalu benar-benar mereka meubahnya”. Barangsiapa yang menjadikan syaitan menjadi pelindung selain Allah, maka sesungguhnya ia menderita kerugian yang nyata.

Dalam ayat ini tertulis bagaimana Allah menjelaskan tentang golongan orang yang memikul kerugian. Salah satu diantaranya adalah yang mengubah ciptaanNya. Meskipun tato bukan mengubah bentuk dari bagian tubuh, namun itu sama halnya dengan mengubah apa yang seharusnya sudah dengan baik Allah berikan bagi manusia. ini lho beberapa alasan kenapa tato tidak dianjurkan menurut islam.

Tato Menyakiti Diri Sendiri

Alasan kenapa tato tidak dianjurkan dalam islam karena ini sama saja dengan  menyakiti diri sendiri. Sementara Allah melarang kaum muslimin untuk melakukan apa yang menyakiti dirinya sendiri. Maka dari itu sobat CahayaIslam, tato tidak dianjurkan karena terkesan melenceng dari ajaran islam dan syariat yang ada.

Tidak Sahnya Ibadah

Beberapa ulama berpendapat bahwa tato ini membuat air tidak bisa masuk ke permukaan kulit, atau terhalang dengan tinta pada tato. Sehingga ini menyebabkan tidak sahnya wudhu yang dilakukan. Meskipun ini tidak tertulis dengan tegas dalam ayat Al Quran, namun dikhawatirkan nantinya ibadah menjadi tidak sah karena adanya tato.

Orang tua Jay Park – marah dan diam setiap kali ia membuat tato baru. Meskipun tato seringkali disebut sebagai seni, namun seorang muslim perlu memperhatikan beberapa hal yang sesuai dengan  nilai-nilai islam. Jangan sampai yang dianggap seni ini justru menjerumuskan kita pada sikap-sikap yang menyimpang dari ajaran islam.


Catatan Kaki:

(1) – Surat An-Nisa’ Ayat 119

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY