Operasi Zebra 2020 sebagai Wujud Perlunya Muslim Saling Mengingatkan

0
109

Operasi Zebra 2020 – Kembali dilakukan oleh satuan polisi mulai Senin, 26 Oktober 2020 dan rencananya akan berakhir sampai tanggal 8 November mendatang. Hal ini tidak lain bertujuan untuk menertibkan pengguna jalan agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan seperti kecelakaan yang sering meregang nyawa.

Adapun di Operasi Zebra 2020, polisi menjaring beberapa bentuk pelanggaran, di antaranya: pengendara yang melawan arus, tidak memakai helm, pelanggaran stop line, sirene, trotoar, serta ditujukan kepada pengendara yang sengaja di bahu jalan.

Semacam operasi atau razia bermaksud untuk memperingatkan orang lain untuk menjalankan apa yang menjadi ketetapan demi kemaslahatan bersama. Peringatan biasanya bersifat universal ditujukan kepada semua lapisan masyarakat.

Sobat Cahaya Islam, agama Islam memerintahkan untuk saling mengingatkan kepada kebaikan dan mengingat untuk tidak melakukan hal yang dilarang atau kemungkaran. Sebagaimana dalam Al-Qur’an surah Luqman ayat 17.

وَأْمُرْ بِالْمَعْرُوفِ وَانْهَ عَنِ الْمُنْكَرِ وَاصْبِرْ عَلَى مَا أَصَابَكَ إِنَّ ذَلِكَ مِنْ عَزْمِ الْأُمُورِ

Dan suruhlah (manusia) mengerjakan yang baik dan cegahlah (mereka) dari perbuatan yang mungkar dan bersabarlah terhadap apa yang menimpa kamu. Sesungguhnya yang demikian itu termasuk hal-hal yang diwajibkan (oleh Allah).” (QS. Luqman: 17)

Memperingatkan untuk senantiasa mengerjakan yang baik dan mencegah perbuatan yang mungkar serta bersabar terhadap kenyataan yang menimpa itulah inti dari ayat di atas.

Operasi Zebra 2020, Alasan Perlunya Muslim Saling Mengingatkan

Peringatan akan didengarkan manakala terlihat adanya alasan yag jelas. Ada beberapa alasan mengapa muslim dianjurkan untuk saling mengingatkan kepada kebaikan.

  1. Perintah Agama

Perintah agama yakni untuk saling memperingatkan mana yang baik dan mana yang buruk sesuai syariat agama Islam. Di mana syariat agama berperan langsung dalam kehidupan sehari-hari.

Oleh karena itu, berpegang teguh kepada syariat agama. InsyaAllah hidup akan senantiasa merasa bahagia dan berkah tentunya. Sebab hakikatnya, agama adalah kunci kehidupan itu sendiri.

  1. Manusia Sering Lupa

Lupa hal yang lumrah dan wajar. Siapa pun bisa lupa, sebaik apa pun muslim itu, mungkin tidak bisa lepas dari namanya lupa, maka dibutuhkan peringatan baik untuk diri sendiri maupun orang lain. Masih ingatkah? Ketika pendakwah memberikan petuah sebenarnya sedang memperingatkan dirinya untuk selalu ingat dengan ketentuan agama Islam.

  1. Sebagai Ladang Kebaikan

Memperingatkan untuk tidak melakukan hal ini itu, sehingga orang yang diperingatkan menjauhinya, lambat laun juga bisa mengajak orang lainnya, bersambung terus. Ini adalah buah dari peringatan bisa sebagai ladang kebaikan.

Kapan lagi coba? Bisa beramal baik dengan kebaikan yang saling bersambung menyambung. Tapi ingat, berani memberi peringatan harus juga berani melakukannya, tidak hanya omong kosong saja.

  1. Bisa Mencegah Perilaku Tercela

Peringatan berfungsi mencegah perilaku yang tercela dan tidak jadi lakukan. Oleh karena itu semacam kecelakaan dalam kehidupan bisa dihindarkan.

  1. Membuat Orang Hati-hati

Dalam Al-Qur’an sudah banyak diperingatkan untuk menjadi muslim yang baik dan menjauhi larangan. Muslim yang hatinya terisi petuah peringatan akan jauh lebih hati-hati dalam menata kehidupan.

Hati-hati di sini bukan berarti takut secara berlebih-lebihan dan khawatir. Melainkan, perlunya bersikap waspada dan berpikir terlebih dahulu sebelum bertindak agar tidak menyesal nantinya.

Itu lima alasan mengapa sebagai umat Islam perlu saling memperingatkan. Semoga dengan adanya Operasi Zebra 2020, dalam berkendara menjadi lancar dan bisa memutuskan rantai kecelakaan lalu lintas. Aamiin.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY