Komodo Hewan Langka, Sudah Tahu Kewajiban Muslim terhadap Lingkungan?

0
18

Komodo – Salah satu hewan langka yang tergolong dalam spesies reptil purba dan kadal terbesar di dunia, baru-baru ini viral dengan adanya video adegan komodo menghadang truk. Hewan ini bisa ditemukan di Pulau Rinca, Pulau Padar, dan Pulau Komodo.

Ketiga pulau yang bisa ditemukan komodo itu, masuk dalam wilayah Taman Nasional Komodo. Hewan ini termasuk dalam karnivora (pemakan daging) yang dikenal memiliki air liur yang mematikan. Sebab air liurnya menggandung enam puluh bakteri beracun.

Hewan langka merupakan satu objek yang parut dilindungi kelestariannya. Mengingat bahwa setiap makhluk memiliki peranan penting bagi lingkungan, utamanya dalam keseimbangan ekosistem alam, yang mencapai produsen, konsumen, dan pengurai melalui rantai makanan.

Sobat Cahaya Islam, sebagai umat Islam memiliki kewajiban untuk lingkungan. Apalagi manusia adalah makhluk yang sempurna diberi akal sekaligus dan diberi kepercayaan sebagai pemimpin di bumi. Sebagaimana dalam Al-Qur’an surah Al-Baqarah ayat 30.
وَإِذۡ قَالَ رَبُّكَ لِلۡمَلَٰٓئِكَةِ إِنِّي جَاعِلٞ فِي ٱلۡأَرۡضِ خَلِيفَةٗۖ قَالُوٓاْ أَتَجۡعَلُ فِيهَا مَن يُفۡسِدُ فِيهَا وَيَسۡفِكُ ٱلدِّمَآءَ وَنَحۡنُ نُسَبِّحُ بِحَمۡدِكَ وَنُقَدِّسُ لَكَۖ قَالَ إِنِّيٓ أَعۡلَمُ مَا لَا تَعۡلَمُونَ ٣٠

Artinya: “Ingatlah ketika Tuhanmu berfirman kepada para malaikat, “Sesungguhnya Aku hendak menjadikan seorang khalifah di muka bumi.'” Mereka berkata, “Mengapa Engkau hendak menjadikan (khalifah) di bumi itu orang yang akan membuat kerusakan padanya dan menumpahkan darah, padahal kami senantiasa bertasbih dengan memuji Engkau dan menyucikan Engkau!” Tuhan berfirman, “Sesungguhnya Aku mengetahui apa yang tidak kalian ketahui.” (QS. Al-Baqarah: 30)

Maka dari itu, sebagai khalifah fil ardhi perlu melaksanakan beberapa kewajiban, termasuk kewajiban dengan lingkungannya. Pasalnya, lingkungan adalah kehidupan manusia terjadi, dan elemen di dalamnya seperti tumbuhan dan hewan melengkapi kebutuhan manusia.

Komodo Hewan yang Dilindungi dan Kewajiban Muslim terhadap Lingkungan

Kewajiban adalah sesuatu yang harus dilakukan, berlainan dengan hak yang perlu didapatkan. Sedangkan larangan berarti menunjukkan adanya kewajiban atas hal sebaliknya. Melalui wasilah larangan, umat Islam memiliki kewajiban terhadap lingkungan sebagai berikut.

  1. Tidak Mencemari Lingkungan

Manusia makhluk yang menjadi poros lingkungan bisa lestari atau tidak. Kewajibannya yakni tidak mencemari lingkungan seperti, membuang sampah sembarangan. Cara menangkalnya yakni dengan membuang sampah pada tempatnya.

Selain itu juga, tidak membiarkan limbah pabrik masuk ke aliran sungai dengan mengolahnya sedemikian rupa, tidak menangkap ikan dengan racun atau bahan peledak yang bisa memungkinkan rusaknya ekosistem perairan.

Islam sendiri, memerintahkan untuk tidak merusak alam, hal ini dikarenakan bisa mengakibatkan bencana alam semisal banjir, pemanasan global, dan tanah longsor.

  1. Menjaga Kelestarian Hidup Elemen di Dalamnya

Muslim perlu menjaga kelestarian hidup elemen di dalamnya, melalui berbagai cara berikut ini. Pertama, melakukan sistem tebang pilih maksudnya tidak diperkenankan untuk eksploitasi sebagai bentuk berlebihan, bukan agama melarang umatnya untuk berlebih-lebihan?

Selain itu juga perlunya menggadakan pembudidayaan fauna dan flora langka untuk keseimbangan cagar alam, serta menggalangkan reboisasi atau penanaman kembali hutan yang telah gundul dengan harapan bisa menjadi hijau kembali.

Mengenai penanaman kembali, maka bisa tumbuh pohon yang bisa memberikan manfaat. Rasulullah SAW. Menganjurkan umatnya untuk menanam pohon karena menghasilkan kebaikan di dalamnya.

Satu pohon yang ditanam bisa membuahkan banyak buah, jadi orang yang menanam pohon bisa diibaratkan sedang menggandakan kebaikan. Lebih lagi, jika pohon yang ditanam bisa berubah menjadi barang yang jauh bermanfaat, di antaranya bisa menyokong pembangunan masjid, dan lain sebagainya.

Sobat Cahaya Islam, itu adalah sebagian kewajiban umat Islam terhadap lingkungan. Mulai dari mencegah melakukan hal yang dilarang dan melakukan hal yang perlu dilakukan. Semoga kita dapat saling menjaga kelestarian lingkungan, serta komodo bisa tetap lestari keberadaannya. Aamiin.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY