Nisfu Sya’ban 2021, Bacaan Doa dan Amalannya

0
106
Nisfu Sya'ban 2021

Nisfu Sya’ban 2021 – Nisfu Sya’ban 2021 jatuh pada 25 Hijriyah, atau terhitung mulai hari Minggu 29 Maret 2021. Momen tersebut merupakan tanda pertengahan bulan Sya’ban

Hal itu juga menjadi tanda waktu untuk masuk bulan Ramadan sebentar lagi. Bulan Nisfu Sya’ban juga menjadi momen untuk meminta ampun kepada Allah SWT, serta doanya akan di ijabah.

Salah satu peristiwa penting lainnya yang terjadi pada bulan Sya’ban adalah perpindahan kiblat. Dari Baitul Maqdis ke Ka’bah di Mekkah.

Peristiwa tersebut tercantum dalam Surat Al Baqarah. Anjuran untuk membaca sholawat juga Allah SWT anjurkan loh.

Nisfu Sya’ban 2021, Simak Bacaan Doanya

Nisfu Sya’ban 2021 jatuh pada bulan ke-8 Hijriyah, atau lebih tepat di tanggal 25 Hijriyah. Berikut ini dalil dan bacaan do’anya.

لى الله على سيدنا محمد وعلى أله وصحبه وسلّم

اَللَّهُمَّ يَا ذَا الْمَنِّ وَ لا يَمُنُّ عَلَيْكَ يَا ذَا اْلجَلاَلِ وَ اْلاِكْرَامِ ياَ ذَا الطَّوْلِ وَ اْلاِنْعَامِ لاَ اِلهَ اِلاَّ اَنْتَ ظَهْرَ اللاَّجِيْنَ وَجَارَ الْمُسْتَجِيْرِيْنَ وَ اَمَانَ اْلخَائِفِيْنَ . اَللَّهُمَّ اِنْ كُنْتَ كَتَبْتَنِى عِنْدَكَ فِيْ اُمِّ اْلكِتَابِ شَقِيًّا اَوْ مَحْرُوْمًا اَوْ مَطْرُوْدًا اَوْ مُقْتَرًّا عَلَىَّ فِى الرِّزْقِ فَامْحُ اللَّهُمَّ بِفَضْلِكَ فِيْ اُمِّ اْلكِتَابِ شَقَاوَتِي وَ حِرْمَانِي وَ طَرْدِي وَ اِقْتَارَ رِزْقِي وَ اَثْبِتْنِىْ عِنْدَكَ فِي اُمِّ اْلكِتَابِ سَعِيْدًا مَرْزُوْقًا مُوَفَّقًا لِلْخَيْرَاتِ فَإِنَّكَ قُلْتَ وَ قَوْلُكَ اْلحَقُّ فِى كِتَابِكَ الْمُنْزَلِ عَلَى نَبِيِّكَ الْمُرْسَلِ يَمْحُو اللهُ مَا يَشَاءُ وَ يُثْبِتُ وَ عِنْدَهُ اُمُّ اْلكِتَابِ. اِلهِيْ بِالتَّجَلِّى اْلاَعْظَمِ فِي لَيْلَةِ النِّصْفِ مِنْ شَهْرِ شَعْبَانَ الْمُكَرَّمِ الَّتِيْ يُفْرَقُ فِيْهَا كُلُّ اَمْرٍ حَكِيْمٍ وَ يُبْرَمُ اِصْرِفْ عَنِّيْ مِنَ اْلبَلاَءِ مَا اَعْلَمُ وَ مَا لا اَعْلَمُ وَاَنْتَ عَلاَّمُ اْلغُيُوْبِ بِرَحْمَتِكَ يَا اَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ وَصَلَّى اللهُ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى اَلِهِ وَ صَحْبِهِ وَ سَلَّمَ . اَمِيْنَ

Artinya:

Ya Allah, Dzat Pemilik anugrah, bukan penerima anugrah. Wahai Dzat yang memiliki keagungan dan kemuliaan. Wahai dzat yang memiliki kekuasaan dan kenikmatan. Tiada Tuhan selain Engkau: Engkaulah penolong para pengungsi, pelindung para pencari perlindungan, pemberi keamanan bagi yang ketakutan.

Ya Allah, jika Engkau telah menulis aku di sisi-Mu di dalam Ummul Kitab sebagai orang yang celaka atau terhalang atau tertolak atau sempit rezeki, maka hapuskanlah, wahai Allah, dengan anugrah-Mu, dari Ummul Kitab akan celakaku, terhalangku, tertolakku dan kesempitanku dalam rezeki, dan tetapkanlah aku di sisi-Mu, dalam Ummul Kitab, sebagai orang yang beruntung, luas rezeki dan memperoleh taufik dalam melakukan kebajikan.

Sunguh Engkau telah berfirman dan firman-Mu pasti benar, di dalam Kitab Suci-Mu yang telah Engkau turunkan dengan lisan nabi-Mu yang terutus: “Allah menghapus apa yang di kehendaki dan menetapkan apa yang di kehendaki-Nya dan di sisi Allah terdapat Ummul Kitab.”

Wahai Tuhanku, demi keagungan yang tampak di malam pertengahan bulan Sya’ban nan mulia, saat di pisahkan (di jelaskan, di rinci) segala urusan yang di tetapkan dan yang di hapuskan, hapuskanlah dariku bencana, baik yang kuketahui maupun yang tidak kuketahui.

Engkaulah Yang Maha Mengetahui segala sesuatu yang tersembunyi, demi Rahmat-Mu wahai Tuhan Yang Maha Mengasihi.

Semoga Allah melimpahkan solawat dan salam kepada junjungan kami Muhammad SAW beserta keluarga dan para sahabat beliau. Aamiin

Amalan Saat Bulan Sya’ban

1. Salat Wajib

Sulhani mengatakan, bulan istimewa ini menjadi momen agar umat muslim untuk memperbaiki kualitas salatnya. Salat tersebut akan berpengaruh pada hubungan Allah dan sesama manusia.

Nisfu Sya'ban 2021

2. Salat Sunnah

Tidak ada yang menjelaskan secara pasti salat sunnah seperti apa. Namun salat malam atau salat tahajud termasuk di dalamnya.

3. Puasa Sunnah

Memperbanyak puasa sunnah di bulan Sya’ban, bersalawat, berdoa, memohon ampun, dan bersedekah. Hal itu menjadi lebih baik ketika kita lakukan di Bulan Sya’ban ini.

4. Membaca Yasin

Pada malam Nisfu Sya’ban atau setelah salat maghrib, kita bisa membaca surat Yasin sebanyak 3 kali agar di berikan umur yang panjang oleh Allah. Lalu kita berdoa agar di berikan keselamatan dan kekayaan hati.

Nisfu Sya'ban 2021

5. Membaca doa Nisfu Sya’ban

Setelah membaca surat Yasin, maka kita di anjurkan untuk membaca doa Sya’ban. Doa ini di bacakan agar kita terlindungi dari keburukan dan menjadi umat yang lebih beriman.

Sobat Cahaya Islam, demikianlah amalan di Bulan Nisfu Sya’ban 2021 ini. Mudah-mudahan kita menjadi umat muslim yang lebih baik lagi dari sebelumnya, terlebih lagi dalam segi beribadahnya, Aamiin.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY