Islam dan Ilmu Pengetahuan: Hukum Donor Organ Menurut Islam

0
2388
hukum donor organ

Tafsir Al Quran dan Sunnah sobat islam ingin mendonorkan organ? bagaimana hukum donor organ menurut islam? apa boleh?

Dengan semakin modernya dunia yang mana kita tinggal dan hidup ini, segala hal menjadi lebih mudah dan praktis.

Hal-hal yang di masa lalu di anggap tidak memungkinkan untuk terjadi di masa kini bisa terjadi. Salah satunya seperti donor organ.

Dalam dunia medis, di zaman sekarang para pakar kesehatan sudah mengenal metode pencangkokan organ dalam atau transplantasi.

Salah satunya menolong orang-orang yang memiliki penyakit kronis dan memerlukan transplantasi sebagai jalan satu-satunya untuk tetap hidup.

Hal ini banyak menjadi perbincangan oleh banyak orang dari berbagai perspektif, seperti kaum muslim dengan point of view menurut islam.

Lalu bagaimana sih penjelasan atau hukum donor organ menurut islam itu sendiri? Tim Cahayaislam akan membahasnya secara detail disini.

Islam dan Ilmu Pengetahuan: Hukum Donor Organ Menurut Islam

Donor Organ berdasarkan beberapa ketentuan

Ketika berbicara tentang hukum donor organ menurut islam, maka kita tidak boleh melewatkan beberapa tinjauan pakar medis yang menggeluti donor organ.

Terutama mereka yang bekerja dengan perspektif islam yang dalam, salah satunya Doktor Joseph Al-Qardhawi dan Doktor Wahbah Zuhaliyi yang mengemukakkan bahwasanya ada 3 tipe donor organ tubuh:

(1) Organ tubuh yang ada satu-satunya (contoh seperti hati, otak, jantung dan lainnya),

(2) Organ tubuh dalam yang berpasangan (ginjal), dan

(3) Organ tubuh yang tampak dari luar (mata, tangan, kaki).

Sedangkan pendonor ada dua ketegori, yaitu pendonor yang masih hidup atau pendonor yang sudah meninggal dan bersedia memberikan organnya kepada orang yang membutuhkan.

Nah, dengan mengetahui kategori-kategori tersebut, maka akan bisa di terangkan lebih jelas mana yang boleh dan mana yang tidak.

Pendapat tentang tidak bolehnya mendonorkan organ

Tim Cahayaislam telah mencari berbagai sumber kajian tentang permasalahan ini.

Menurut pendapat salah satu guru hadits besar di Yogyakarta, yaitu Ustadz Hafid, mengatakan bahwasanya ada pendapat dimana hal ini dilarang menurut islam.

Dasar dari tidak bolehnya mendonorkan organ ini di landaskan dari salah satu hadits Rasulullah tentang perintah untuk menyegerakan mayit untuk di kebumikan.

Jenazah yang akan mendonorkan organnya tidak mematuhi perintah Rasulullah dengan tidak di segerakan ke liang kubur dan itu menjadi salah satu penyebab donor organ tidak boleh.

عَنۡ أَبِي هُرَيۡرَةَ رَضِيَ اللهُ عَنۡهُ، عَنِ النَّبِيِّ ﷺ قَالَ: (أَسۡرِعُوا بِالۡجَنَازَةِ، فَإِنۡ تَكُ صَالِحَةً فَخَيۡرٌ تُقَدِّمُونَهَا، وَإِنۡ تَكُ سِوَى ذٰلِكَ، فَشَرٌّ تَضَعُونَهُ عَنۡ رِقَابِكُمۡ)

Dalam kategori di atas kita mengetahui kategori pendonor yaitu orang yang masih hidup dan kategori organ yang di donorkan yaitu organ yang hanya satu-satunya.

Seseorang tidak boleh mendonorkan organ satu-satunya ketika masih hidup dan berkorban demi menolong seseorang yang membutuhkan, karena hukumnya di anggap bunuh diri.

Dan bunuh diri memiliki konsekuensi yang sangat berat.

Selain pendapat berdasarkan kategori tersebut, ada beberapa ulama yang menggunakan dasar hadits riwayat Ibn Majjah dan Abu Dawud yang berbunyi “meremukkan tulang orang yang telah mati adalah sama seperti meremukkan tulangnya ketika masih hidup”.

Banyak ulama yang menggunakan dasar hadits ini sebagai pendukung opini mereka pada mutlaknya larangan tentang hukum donor organ menurut islam. Selain itu mereka juga berpendapat bahwa ada dua hal yang membuat keadaan ini (donor organ) memiliki banyak mudharat. Salah satunya adalah rasa sakit yang akan di rasakan oleh si pendonor dan kemungkinan berhasilnya transplantasi yang tidak pasti.

Pendapat tentang bolehnya mendonorkan organ

Pendapat yang mengemukakan bahwa mendonorkan organ tidak di perbolehkan.

Ustadz Hafid juga menyatakan bahwa ada pula pendapat tentang bolehnya melakukan hal itu.

Hal ini berlandaskan hadits tentang perintah Rasulullah untuk membantu saudaranya yang tertimpa musibah/kemalangan. Beberapa ulama lain juga mengatakan bahwa donor bisa di samakan dengan bersedekah, dan seperti yang kita ketahui! Bersedekah di anjurkan di dalam Islam.

Ada beberapa pendapat dari ulama lain yang juga mengemukakan bahwa :

donor organ merupakan salah satu bentuk amal jariyah yang bisa kita lakukan

Karena bila kita mendonorkan organ kita kepada orang muslim yang lain dan di gunakan selama hidupnya untuk beramal sholih dan beribadah.

Maka itu baik dan kita akan mendapatkan aliran amalan meskipun kita telah meninggalkan dunia ini.

Namun menurut mayoritas ulama yang tim Cahayaislam temui, pendapat perihal amal jariyah dengan donor organ itu lemah karena tidak memiliki dasar hadits yang kuat.

Nah kira-kira itu yang bisa tim cahayaislam sampaikan tentang hukum donor organ menurut islam untuk saat ini.

Yang pasti adalah apakah anda ingin mendonorkan organ baik dengan cara langsung atau dengan cara mendaftar donor organ tubuh dalam forum donor organ tubuh maupun asosiasi lainnya, hukum boleh tidaknya tergantung dari pribadi masing-masing. Be wise sobat Cahayaislam.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY