Niat Sholat Dhuha dan Keutamaan Sholat Dhuha, Salah Satunya Kebutuhan Hidup Dijamin Allah

0
60

Niat Sholat Dhuha –  Sholat dhuha memiliki keutamaan yang sebaiknya Sobat Cahaya Islam ketahui. Salat Dhuha adalah salat sunah yang dikerjakan pada waktu dhuha yaitu sekitar pukul 08.00 hingga 10.00 pagi.

Meskipun salat sunah ini memiliki banyak keutamaan tetapi banyak yang justru tidak melakukan salat dhuha. Alasan banyak yang tidak melaksanakan salat ini karena kesibukannya. Padahal sholat ini salah satu keutamaannya adalah mendatangkan rezeki.

Jumlah salat Dhuha yang dikerjakan paling sedikit yaitu 2 rokaat dan paling banyak 12 rokaat. Tata cara dan bacaannya tidak banyak berbeda dengan salat sunah lainnya. Diawali dengan niat kemudian takbirotul ikhrom lalu membaca al-fatihah dan surat-surat pendek. Salam dilakukan setiap 2 rakaat.

Niat Sholat Dhuha

Sebelum melaksanakan salat Dhuha sebaiknya sobat lebih dulu harus tahu bacaan niat sholat Dhuha. Niat sangat penting ketika melakukan sesuatu khususnya ibadah. Berikut ini adalah bacaan niat sholat dhuha.

أُصَلِّيْ سُنَّةَ الضُّحَى رَكْعَتَيْنِ لِلهِ تَعَالَى

Ushalli sunnatad dhuhā rak‘ataini lillāhi ta‘ālā.

Artinya, “Aku menyengaja salat sunah duha dua rakaat karena Allah SWT.”

Keutamaan Sholat Dhuha

Banyak keutamaan dari sholat dhuha, sobat Cahaya Islam perlu mengetahui keutamaan-keutamaan dari salat dhuha berikut ini. Dengan mengetahui keutamaannya maka dapat memberi motivasi agar melaksanakan salat Dhuha.

Nilai Pahalanya Sama dengan Bersedekah

Tahukah sobat Cahaya Islam bahwa pahala dari mengerjakan salat dhuha sama nilainya dengan pahala bersedekah. Sobat tidak harus mengerjakan 12 rakaat salat Dhuha untuk mendapat nilai yang sama dengan pahala sedekah. 2 rokaat salat duha bernilai sama dengan pahala bersedekah.

يُصْبِحُ عَلَى كُلِّ سُلاَمَى مِنْ أَحَدِكُمْ صَدَقَةٌ فَكُلُّ تَسْبِيحَةٍ صَدَقَةٌ وَكُلُّ تَحْمِيدَةٍ صَدَقَةٌ وَكُلُّ تَهْلِيلَةٍ صَدَقَةٌ وَكُلُّ تَكْبِيرَةٍ صَدَقَةٌ وَأَمْرٌ بِالْمَعْرُوفِ صَدَقَةٌ وَنَهْىٌ عَنِ الْمُنْكَرِ صَدَقَةٌ وَيُجْزِئُ مِنْ ذَلِكَ رَكْعَتَانِ يَرْكَعُهُمَا مِنَ الضُّحَى

“Di pagi hari ada kewajiban bagi seluruh persendian kalian untuk bersedekah. Maka setiap bacaan tasbih adalah sedekah, setiap bacaan tahmid adalah sedekah, setiap bacaan tahlil adalah sedekah, dan setiap bacaan takbir adalah sedekah. Demikian juga amar ma’ruf dan nahi mungkar adalah sedekah. Semua ini bisa dicukupi dengan melaksanakan shalat dhuha sebanyak dua raka’at” (HR. Muslim no. 720).

Kebutuhan Hidup Selalu Dicukupi

Allah akan memberikan rezeki kepada umatnya yang melakukan salat Dhuha. Salat Dhuha memang bisa membuka pintu rezeki. Dengan mengerjakan salat duha kebutuhan hidup akan dicukupi dan dijamin oleh Allah. Allah akan memberi rezeki yang barokah bagi yang mengerjakan salat Dhuha. Tidak ada salahnya sobat Cahaya Islam melaksanakan salat dhuha di sela-sela pekerjaan.

Mendapat Pahala Haji dan Umrah

Rasulullah SAW bersabda dalam suatu riwayat hadits bahwa barang siapa yang melaksanakan salat fajar, kemudian subuh, dan diteruskan salat Dhuha maka ibadahnya sama dengan pahala haji dan umrah yang sempurna.

Dapat Menggugurkan Dosa

Manusia tidak lepas dari yang namanya dosa. Siapa pun pasti pernah melakukan perbuatan dosa. Kita semua tahu bahwa Allah Maha Pengampun. Dia akan mengampuni hambanya meskipun memiliki dosa sebanyak buih di lautan.

Asalkan banyak tersebut memohon ampun serta bertobat. Salah satu amalan yang bisa menggugurkan dosa sebanyak buih di lautan adalah salat sunah Dhuha. Mengerjakan salat sunah Dhuha bisa menggugurkan dosa-dosa kita selama hidup di dunia.

Dibangunkan Pintu Surga Oleh Allah

Allah menjanjikan akan membangunkan pintu surga kepada hambanya yang selalu mengerjakan salat sunah satu ini. Pintu surga yang khusus untuk yang selalu menjaga salat duha bernama pintu Dhuha.

Itulah beberapa keutamaan salat Dhuha yang dijanjikan oleh Allah kepada mereka yang meluangkan waktunya melaksanakan salat Dhuha. Jangan lupa untuk menghafalkan niat sholat Dhuha beserta doa sesudah salat dhuha. Sebab membaca niat sebelum merupakan hal yang juga penting untuk dilaksanakan.

 

TIDAK ADA KOMENTAR

Ikut Berkomentar Yuk!