Niat Puasa Rajab yang Perlu Diketahui

0
36
niat puasa rajab

Niat Puasa Rajab – Ada banyak sekali amalan yang bisa dilakukan oleh setiap Muslim ketika mulai memasuki bulan rajab. Pada bulan ini biasanya muslim melakukan puasa sunah. Para ulama banyak menganjurkan setiap muslim untuk memperbanyak amalan yang baik dibulan-bulan haram karena pahalanya memang sangat besar. Salah satu amalan yang bisa dilakukan adalah melakukan puasa rajab.

niat puasa rajab

Selain mengharap pahala dari Allah, menjalankan puasa sunah di bulan rajab sebaiknya diniatkan untuk mencari Ridho Allah dan juga mengikuti apa yang disunahkan oleh Rasulullah. Setiap amalan yang dilakukan memang sebaiknya diniatkan semata-mata untuk mendapatkan ridho dari Allah. Soal pahala atau apapun itu nantinya akan mengikuti dan itu merupakan hak Allah untuk memberikan pahala kepada setiap hambanya yang beribadah.

Apabila sobat cahaya Islam ingin melakukan puasa sunah ini maka sebaiknya menyadari bahwa bukan hanya bulan rajab saja yang baik untuk melakukan puasa sunah. Namun juga perlu untuk melakukan puasa sunah lain di bulan haram seperti bulan Dzulhijah, Dzulkaidah dan juga di bulan Muharam. Bulan-bulan tersebut memang merupakan bulan-bulan haram yang termasuk bulan yang istimewa.

Puasa Bulan Rajab Banyak Manfaatnya

Menjalankan puasa sunah memang merupakan amalan yang sangat baik. Bukan hanya sebagai sarana untuk mendekatkan diri kepada Allah namun dari segi kesehatan berpuasa juga memiliki manfaat yang luar biasa. Ketika seseorang rutin menjalankan puasa maka akan ada banyak manfaat yang bisa didapatkan oleh tubuh.

Tubuh menjadi lebih sehat dan juga tidak mudah sakit. Oleh karena itu apabila sobat cahaya Islam memang hendak melakukan puasa sunah maka bisa mulai untuk membiasakannya. Puasa di bulan rajab sendiri bisa dilakukan di 3 hari pertama.

niat puasa rajab

Niat Puasa Rajab

Berikut ini adalah niat yang bisa dibaca oleh setiap muslim yang akan melaksanakan puasa sunah dibulan Rajab:

نَوَيْتُ صَوْمَ شَهْرِ رَجَبَ سُنَّةً لِلّهِ تَعَالى

Nawaitu shouma syahri Rajaba sunnatan lillahi ta’aala.

Artinya: Saya berniat puasa Rajab sunah karena Allah ta’ala.

Hal-hal tentang puasa rajab yang perlu diketahui

Setelah mengetahui niat puasa rajab, sobat cahaya Islam juga perlu untuk mengetahui beberapa hal mengenai puasa rajab. Hal yang pertama adalah puasa rajab sebaiknya jangan dijadikan sebagai satu-satunya puasa sunah. Jadi apabila kita hendak melakukan sunah puasa rajab sebaiknya melakukan puasa sunah lainnya.

Selanjutnya setiap muslim yang menjalankan puasa sunah di bulan Rajab juga sebaiknya melakukan puasa di bulan suci lain atau di bulan haram lainnya yakni Dzulqaidah, Dzulhijjah, dan Muharram. Bulan-bulan tersebut merupakan bulan yang sangat baik untuk memperbanyak amalan. Jika hanya mengutamakan bulan rajab saja padahal bulan haram ada bulan lainnya maka bisa menyebabkan pengertian atau pemahaman yang keliru mengenai keistimewaan bulan rajab.

Kesimpulan yang lainnya adalah sobat cahaya Islam dapat melakukan puasa bulan rajab sebanyak 3 hari berturut-turut dan untuk ketentuan harinya bisa memilih sendiri. Namun jika ingin melakukan di 3 hari pertama juga merupakan pilihan yang baik.

niat puasa rajab

Jadi pada intinya melakukan puasa di bulan Rajab adalah boleh dan dianjurkan asalkan memperhatikan hal-hal yang telah disebutkan diatas. Membaca niat puasa rajab bisa dilakukan ketika sahur atau pada malam hari sebelum menjalankan puasa keesokan harinya.

Rasulullah biasanya mengawali bulan Rajab dengan berpuasa namun jika anda ingin melakukan di hari lain selain di 3 hari pertama maka itu juga diperbolehkan. Puasa Rajab bisa dikatakan fleksibel namun yang terpenting adalah sesuai dengan syariat dan dengan niat puasa rajab yang baik karena setiap umat Islam hendaknya beribadah hanya dengan mengharapkan ridho dari Allah SWT.

TIDAK ADA KOMENTAR

Ikut Berkomentar Yuk!