Arab Saudi Hentikan Umrah, Banyak Jamaah Gagal Berangkat

Arab Saudi menutup izin umrah seluruh negara di dunia

0
76
arab saudi hentikan umrah

Arab Saudi Hentikan Umrah – Berangkat Umrah merupkan hal yang banyak di Impikan oleh setiap muslim.  Baru-baru ini Arab Saudi menghentikan izin umrah untuk para jamaah dari berbagai negara sebagai bentuk antisipasi virus corona.

arab saudi hentikan umrah

Berdasarkan berita yang beredar, saat ini virus corona memang sudah mulai menyebar hingga masuk ke timur tengah. Hal ini tentu saja menyebabkan pemerintah Arab saudi merasa khawatir mengingat virus ini begitu cepat menyebar dan telah melumpuhkan China dan beberapa negara lainnya.

Pencabutan izin umrah ini dilakukan secara mendadak sehingga banyak jamaah yang sudah berangkat ke bandara dan kemudian dibatalkan keberangkatannya. Para jamaah yang awalnya merasa sangat senaang karena telah tiba waktunya menginjakkan kaki di tanah suci akhirnyaa mersa begitu kaget dan bahkan kecewa karena tiba-tiba keberangkatannya dibatalkan secara mendadak. Para jamaah telah menyiapkan segala hal yang diperlukan untuk umrah dan bahkan ada juga yang sudah transit di Singapura namun harus rela kembali ke tanah air karena memang tidak dapat izin melakukan umrah oleh pemerintah Arab Saudi.

Arab Saudi Hentikan Umrah khawatir virus corona

Virus corona menjadi penyebab utama penghentian izin umrah bagi non Saudi. Oleh karena itu banyak jamaah bukan hanya dari Indonesia saja yang tidak bisa melakukan ibadah umrah. Kemenlu Arab Saudi mengumumkan penutupan sementara ibadah umrah untuk seluruh negara di dunia hingga batas waktu yang belum jelas.

arab saudi hentikan umrah

Hingga saat ini telahh tercatat sekitar 81.109 kasus orang yang terjangkit virus corona di seluruh dunia. Hal ini tentu menyebabkan kekhawatiran yang tinggi di pemerintahan Arab Saudi sehingga mengambil keputusan tersebut. Dengan adanya penutupan umrah ini tentu banyak orang yang merasa kecewa namun juga tetap memaklumi hal tersebut mengingat virus corona masih terus menyebar ke seluruh dunia.

Batas waktu penghentian umrah belum diketahui

Hal yang membuat para jamaah dan pemerintah Indonesia merasa khawatir adalah mengenai batas waktu penghentian umrah. Betapa banyak jamaah yang telah menanti lama untuk bisa berangkat umrah namun harus batal berangkat hingga batas waktu yang tidak ditentukan.

Agen umrah dan haji tidak mampu memberikan kepastian mengenai batas waktu penundaan keberangkatan umrah kepada jamaah.

Umrah merupakan ibadah yang banyak dilakukan oleh mereka yang diberi kemampuan dan kelebihan dalam hal materi. Bagi mereka yang sudah sangat rindu dengan Rasulullah maka mrngunjungi makam Rasulullah adalah pilihan yang sangat tepat. Selain itu umrah juga menjadi opsi bagi siapapun yang ingin mengunjungi Ka’bah tanpa harus mengantri lama seperti ketika akan berangkat haji.

إِنَّ الصَّفَا وَالْمَرْوَةَ مِنْ شَعَائِرِ اللَّهِ ۖ فَمَنْ حَجَّ الْبَيْتَ أَوِ اعْتَمَرَ فَلَا جُنَاحَ عَلَيْهِ أَنْ يَطَّوَّفَ بِهِمَا ۚ وَمَنْ تَطَوَّعَ خَيْرًا فَإِنَّ اللَّهَ شَاكِرٌ عَلِيمٌ

Innaṣ-ṣafā wal-marwata min sya’ā`irillāh, fa man ḥajjal-baita awi’tamara fa lā junāḥa ‘alaihi ay yaṭṭawwafa bihimā, wa man taṭawwa’a khairan fa innallāha syākirun ‘alīm

Artinya: “Sesungguhnya Shafaa dan Marwa adalah sebagian dari syi’ar Allah. Maka barangsiapa yang beribadah haji ke Baitullah atau ber’umrah, maka tidak ada dosa baginya mengerjakan sa’i antara keduanya. Dan barangsiapa yang mengerjakan suatu kebajikan dengan kerelaan hati, maka sesungguhnya Allah Maha Mensyukuri kebaikan lagi Maha Mengetahui.”

arab saudi hentikan umrah

Sobat cahaya Islam, melakukan ibadah umrah adalah sesuatu yang sangat istimewa karena tidak semua orang memiliki kesempatan yang sama. Semoga suatu hari nanti kita bisa mengunjungi Mekah atas izin Allah.

Segala sesuatu yang terjadi di dunia ini merupakan kehendak Allah. Oleh karena itu kita harus bersabar dan semoga Allah masih membuka kesempatan untuk para jamaah bisa berangkat ke tanah suci.

TIDAK ADA KOMENTAR

Ikut Berkomentar Yuk!