Natalie Portman Dianggap Wanita Tercantik, Kriteria Wanita Cantik Menurut Islam

0
37

Natalie Portman – Mencuat namanya menduduki wanita tercantik versi Ariel Noah, penyanyi yang terbilang menawan parasnya. Ia merupakan produser sekaligus aktris Hollywood yang telah memerankan beberapa film ternama, salah satunya yakni film Star Wars.

Aktris kelahiran 9 Juni 1981 di Yerusalem, Natalie Portman merupakan aktris berdarah Israel-Amerika. Ayahnya dari Israel, sedangkan ibunya dari Amerika. Namun, ia kemudian tumbuh di Long Island, New York.

Benarkah tercantik menurut Ariel Noah, juga menjadi tercantik menurut lelaki lainnya? Belum tentu, cantik itu relatif, setiap orang memiliki definisi orang disebut cantik, misalnya ada yang menganggap cantik itu yang alisnya tebal, kulitnya putih, atau yang matanya berbinar-binar.

Sobat Cahaya Islam, setiap negara pun memiliki definisi tersendiri tentang kecantikan wanita. Negara Asia banyak yang mendambakan wanita berkulit putih, sedangkan Amerika Serikat mendambakan wanita berkulit gelap. Negara Mindanao menginginkan wanita dengan gigi yang runcing.

Islam, bagaimana dengan Islam memandang wanita. Bagaimana kriteria wanita bisa dikategorikan sebagai wanita yang cantik?

Natalie Portman Wanita Tercantik Versi Ariel Noah, Kriteria Wanita Cantik dalam Islam

Bicara fisik, memang tidak ada habis-habisnya. Memantaskan diri sedemikian rupa, dengan merias ke salon tanpa pikir harus mengeluarkan uang banyak. Sudah menjadi hal biasa di Indonesia khususnya, tapi apa? Jika cantik secara fisik yang didamba, tentu akan lambat laun luntur karena usia.

Pada hakikatnya kedudukan setiap orang dalam Islam sama, yang menentukan adalah ketakwaannya. Sebagaimana dalam Al-Qur’an surah Al-Hujurat ayat 13.

ﺇِﻥَّ ﺃَﻛْﺮَﻣَﻜُﻢْ ﻋِﻨْﺪَ ﺍﻟﻠَّﻪِ ﺃَﺗْﻘَﺎﻛُﻢْ

“Sesungguhnya orang yang paling mulia di antara kamu di sisi Allah ialah orang yang paling takwa di antara kamu” (QS. Al Hujurat: 13).

Jadi, bisa disimpulkan berdasarkan ayat di atas, bahwa fisik tidak menjadi masalah kedudukannya dalam Islam. Lalu, bisa dikategorikan wanita cantik menurut Islam dengan beberapa kriteria berikut ini.

  1. Pandai Menjaga Diri

Hifdzun nafs alias memelihara diri dari segala perilaku yang dilarang agama. Serta menjaga kehormatannya, memelihara kepercayaan suami manakala sedang ditinggalkan di rumah sendiri. Mampu menjaga keutuhan keluarga dari segala gonjang-ganjingnya.

  1. Berbudi Pekerti Luhur

Sebaik-baiknya manusia, yang baik budi pekertinya. Apa artinya cantik fisiknya, bila sering berbohong, bermuka dua, atau malah mendua. Jika baik budi pekertinya, maka hubungan dengan sesama manusia akan berjalan dengan lancar, dan disegani banyak orang.,

  1. Mampu Mengatur Waktu

Waktu menjadi elemen yang penting dalam hidup. Manusia bisa terjerumus karena lalai dengan namanya waktu. Perihal waktu banyak Allah SWT tekankan dalam Al-Qur’an dengan adanya beberapa surah dengan nama Al-Lail, Al-‘Ashr, dan Adh-Dhuha.

Wanita yang cantik yakni yang baik dalam mengatur waktunya. Dapat  mengelola waktu sebaik mungkin, dan bisa menjalankannya secara real bukan semata agenda tertulis belaka.

  1. Bisa Menempatkan Diri

Menempatkan pada tempatnya, akan terlihat menawan secara porsinya. Bisa menempatkan diri ketika sedang berada di posisi sebagai anak, istri, keluarga, sahabat maupun masyarakat yang mana setiap posisi memiliki hak dan kewajiban yang berbeda-,beda.

  1. Bijaksana dalam Menyelesaikan Masalah

Wanita khususnya yang sudah bersuami, harus bijak bila ada masalah. Di mana jelas otomatis cara berpikir wanita dan laki-laki berbeda. Wanita yang sering mengandalkan perasaan, tidak selayaknya menyelesaikan masalah hanya dengan mengandalkan perasaan.

Lima kriteria wanita cantik ditelaah menurut Islam, semoga Natalie Portman serta pembaca dapat menerapkan kriteria di atas. Ingat, peran wanita sangat berpengaruh untuk keluarga dan negara.

TIDAK ADA KOMENTAR

Ikut Berkomentar Yuk!