Milad Muhammadiyah 2021 dan Perannya dalam Penyebaran Islam

0
32
Milad Muhammadiyah 2021

Milad Muhammadiyah 2021 Tahukah Sobat cahaya Islam Milad Muhammadiyah 2021 ke 112 jatuh pada tanggal 8 Dzulhijjah 1442 Hijriyah atau 18 Juli 2021.

Peringatan milad sebanyak dua kali yakni peringatan dalam penangalan Hijriyah dan Masehi. Adapun penanggalan masehi Muhammadiyah berdiri pada tanggal 18 Nopember 1912.

Sedangkan dalam penanggalan hijriyah pada tanggal 8 Dzulhijjah 1330. Muhammadiyah berdiri di kampung Kauman yogyakarta. Muhammadiyah adalah organisasi Islam besar di Indonesia.

Nama organisasi mengambil nama nabi Muhammad SAW. Sehingga organisasi Muhammadiyah juga terkenal sebagai orang-orang yang menjadi umat nabi Muhammad SAW.

Milad Muhammadiyah 2021 dalam Pandemi Covid-19

Tahun ini Milad Muhammadiyah 2021 tepat ke 112 tahun, saat kondisi pandemi covid-19 masih merajalela di tengah-tengah kita. Hal ini memberikan nuansa tersendiri.

Muhammadiyah selalu hadir di tengah masyarakat, baik dalam bidan pendidikan, kesehatan, lazizmu, pemberdayaan, ekonomi, tabligh, tarjih dan lain lain.

Tahun 2021 ini pendemi covid-19 masih menyelimuti kita. Muhammadiyah benar-benar diuji kekokohan dalam menghadapi pandemi ini.

Bagaimana persyarikatan ini melalui semua majelis dan lembaga bergerah saling melengkapi. Tak terhitung lagi berapa banyak tenaga kesehatan yang meninggal saat mereka berjihad menjadi penolong para pasien covid-19.

Bukan hanya tenaga kesehatan bahkan para relawan untuk mengurus jenazah pasien covid-19. Itu baru dari segi kesehatan, belum dari segi pendidikan dan lain lain.Menjadi bagian dari Muhammadiyah adalah nikmat yang luar biasa.

Pada Milad Muhammadiyah 2021kami tidak dapat memberikan apa-apa yang berarti, kami hanya orang kecil yang berperan kecil  didaerah ini.

Jangan tanyakan apa yang sudah Muhammadiyah berikan kepada kita, tapi bertanyalah apa yang sudah kita berikan untuk Muhammadiyah.

Peran Muhammadiyah dalam Penyebaran Agama Islam

Milad Muhammadiyah 2021

Peran Muhammadiyah dalam berjuang penyebaran agama islam dapat membangkitkan semangat berjuang umat islam di indonesia. Oleh karena itu pola pikir dan cara hidup yang telah diperbaharui itulah yang disebut denan kebangkitan islam atau modernis islam.

Muhammadiyah memiliki tujuan untuk meluruskan kembali perkara yang menyimpang dalam proses dakwah. Biasanya sering Sobat temui hal ini dapat menyebabkan ajaran Islam bercampur dengan kebiasaan daerah tertentu dengan alasan adaptasi.

Dalam pembentukan Muhammadiyah banyak merefleksikan pada perintah perintah Al-Quran yang berbunyi :

“dan hendaklan ada diantara kamu segolongan umat yang menyeru kepada kebajikan, menyuruh kepada yang ma’ruf dan mencegah dr yang mungkar, merekalah orang orang yang beruntung.” (QS. Ali Imron Ayat 104).

Ayat tersebut menurut para tokoh Muhammadiyah mengandung isyarat untuk bergeraknya umat untuk berdakwah.

Maksud dan Tujuan Muhammadiyah adalah menjunjung tinggi agama islam hingga terwujud masyarakat islam yang sebenar benar nya. Muhammadiyah merupakan gerakan islam dakwah amar ma’ruf nahi munkar dan tajdid (pembaruan tentang pokok ajaran islam) yan bersumber pada AlQuran dan As Sunnah As sohihah.

Mengutip pernyataan dari Direktur Pesantren Ahmad Dahlan, setidaknya ada dua cara yang dapat pemuda Muhammadiyah lakukan untuk mempelajari pengetahuan tentang Muhammadiyah.

Caranya yaitu mempelajari tokoh-tokoh seperti KH. Ahmad Dahlan, Buya Hamka, KH. Ibrahim dan lainnya. Serta mempelajari latar belakang  berdirinya Muhammadiyah.

Sobat Cahaya Islamitulah peran Muhammadiyah dalam penyebaran agama islam di Indonesia yang dapat kita perjuangkan dari para leluhur. Hidup hidupilah Muhammadiyah dengan merayakan Milad Muhammadiyah 2021 secara islami dan sesuai prinsip organisasi.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY