Menjadi Muslimah Sejati di Akhir Zaman

0
125
menjadi muslimah sejati

Menjadi muslimah sejati – Hidup di akhir zaman, memberikan tantangan tersendiri. Terutama sebagai seorang muslmah, kita harus mampu menjadi muslimah sejati. Muslmah sejati merupakan sosok mulia diantara satujuta wanita yang terhina.

Ketika banyak wanita yang bangga memamerkan auratnya, musliah sejati justru tampil mempesona dengan gamis dan jilbab yang menutupi tubuh secara sempurna. Faktanya, sangat sedkit sekali muslimah yang mampu menjadi muslimah sejati.

Akhlak Menjadi Muslimah Sejati

Seperti yang disinggung sebelumnya, masih jarang muslimah sejati saat ini. Memang banyak yang menutup aurat sempurna, tapi akhlaknya belum mencerminkan seorang muslimah sejati. Berikut ini, akan dibahas kriteria untuk menjadi musliamah sejati.

1.       Memiliki keimanan yang kuat

menjadi muslimah sejati

Diberkan ujian apa pun, tetap tabah dan memarahkan diri pada ketapan Allah. Inilah yang menjadi kriteria utama seorang muslimah sejati. Tidak mengeluh sedikit pun atas ujian yang diberikan justru ujian ini semakn meneguhkan keimanannya.

“Malu dan iman itu bergandengan bersama, bila salah satunya di angkat maka yang lain pun akan terangkat.”

(HR. Al Hakim dalam Mustadroknya 1/73. Al Hakim mengatakan sesuai syarat Bukhari Muslim, begitu pula Adz Dzahabi)

2.       Patuh pada perintah Allah

Kriteria yang kedua, patuh dan taat pada setiap perintah Allah. Tidak hanya itu, muslimah sejati juga menghindari apa-apa yang telah dilarang oleh Allah Subhanahu’wataala. Melaksankan sunnah-sunnah yang telah diajarkan oleh Rasulullah dan tak lupa melaksanakan kewajiban sebagai seorang muslim.

3.       Tawazun

Tidak hanya berperan menjadi seorang anak yang patuh dan mencintai kedua orangtua, seorang muslimah sejati juga harus patuh paa suami dan mampu mendidik anak-anaknya. Membagi kasih sayang dan waktu ini tidak mudah, hanya dapat dilakukan oleh muslimah sejati. Karena ia mampu mengatur waktu dengan tawazun, tanpa menggugurkan setiap kewajibannya.

4.       Rajin menuntut ilmu dan semangat

menjadi muslimah sejati

Sikap yang perlu dimiliki seorang muslimah sejati, adalah selalu semangat dan rajin menuntut ilmu. Semangatnya dalam menghadapi apapun tidak pernah surut, terutama untuk menuntut ilmu. Seorang muslimah nantinya menjadi seorang ibu, madrasah pertama bagi anak. Untuk itu, muslimah sejati harus membekali diri dengan akhlak mulia dan ilmu.

5.       Suka sedekah dan berdakwah

Tidak hanya menjadi ibu yangh cerdas, istri dan anak yang berbakti, peran muslimah sejati juga diperlukan adalam berdakwah. Tidak hanya mengajak melalui kata-kata,  tapi juga harus memberikan contoh melalui prilaku. Orang lebih menangkap perbuatan, dibandingkan perkataan. Maka muslimah sejati harus memilki akhlak yang mulia.

“Dan orang-orang yang beriman, lelaki dan perempuan, sebahagian mereka (adalah) menjadi penolong bagi sebahagian yang lain. Mereka menyuruh (mengerjakan) yang ma’ruf, mencegah dari yang munkar”

 (QS. At Taubah: 71).

6.       Menjaga Iffa dan Izzah

Iffa berarti menjaga kemuliaan. Muslimah sejati harus menjaga kemuliaan serta kehormatannya. Menilik fenomena saat ini, tidak sedikit muslimah yang menggadaikan kemuliannya demi konten TikTok. Bahkan yang menutup aurat sempurna sekalipun masih menampakan diri dkhalayak umum, dengan ketidak jelasannya. Seolah haus akan pujian orang lain.

Srdangkan izzah, mampu menahan diri. Menahan diri dalam hal apa? yakni, mampu menahan diri dari berbnuat zinah, bahkan menjauhi berkhalwat bersama lawan jenis. Bisa juga diartikan menahan diri mencuri perhatian lawan jenis atau tidak tampil mencolok.

“Sesungguhnya setiap agama itu memiliki akhlak dan akhlak Islam itu adalah rasa malu.”

 (HR. Ibnu Majah no. 4181)

Bukan perkara mudah untuk menjadikan diri sebagai muslimah sejati. Tapi perlu Sobat Cahaya Islam ketahui, jika diri kita sudah berniat sungguh-sungguh karena Allah, tantangan seperti apapun dapat terlewati.

Itulah informasi seputar kriteria menjadi muslimah sejati. Semoga bermanfaat bagi Sobat Cahaya Islam.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY