Bacaan Dzikir Supaya Hati Tenang, Baca Setiap Hari

0
232
bacaan dzikir supaya hati tenang

Bacaan dzikir supaya hati tenang – Memiliki hati yang tenang tentu menjadi dambaan bagi semua orang. Bahkan tidak jarang orang-orang melakukan berbagai cara demi hatinya menjadi tenang. Bagi Sobat Cahaya Islam yang menginginkan hal serupa, maka bacaan dzikir supaya hati tenang adalah jawaban paling tepat.

Dzikir adalah ucapan-ucapan tentang Allah yang baik dalam kehidupan manusia. Oleh sebab itu, umat islam bisa senantiasa melantunkannya untuk mendapatkan berbagai kebaikan. Salah satunya yaitu mendatangkan rasa tenang dalam hati.

Mengetahui Bacaan Dzikir Supaya Hati Tenang Sesuai Ajaran Islam

Sobat Cahaya Islam, dzikir adalah salah satu cara bagi semua umat muslim agar senantiasa mengingat Allah SWT. Bukan itu saja, dzikir juga mampu mendatangkan ketentraman dan ketenangan hati apabila Sobat amalkan. Karena itulah, sudah sewajarnya bagi kaum muslimin rutin melafalkan kalimat-kalimat dzikir.

Dzikir juga mempunyai kekuatan sebagai stabilisator dalam jiwa sehingga menciptakan rasa tenang di hati. Hal ini bisa terjadi karena Allah SWT adalah sumber ketenangan sekaligus kedamaian bagi seluruh manusia. Tak sampai di situ, dzikir juga salah satu cara supaya Allah SWT selalu bersama dengan orang yang mengamalkannya.

Manusia yang mengembalikan serta menyerahkan semua urusan kepada Allah SWT maka akan mendapatkan segudang kebaikan. Adapun kebaikan tersebut berupa kedamaian, ketenangan, serta ketentraman di dalam hatinya. Supaya mendapatkan semua kebaikan dan ketenangan seperti itu, Sobat bisa mengamalkan bacaan dzikir supaya hati tenang di bawah ini.

3 Bacaan Dzikir yang Ampuh Membuat Hati Terasa Tenang

Sobat Cahaya Islam, berikut ini ada bacaan-bacaan dzikir yang mampu membuat hati Sobat merasa tenang:

1.       Bacaan Hasbunallah Wani’mal Wakil

Pertama dalam bacaan dzikir yang mampu membuat hati tenang adalah Hasbunallah Wani’mal Wakil. Dengan mengamalkan bacaan dzikir tersebut, maka Sobat bisa merasakan ketenangan hati yang tengah menyelimuti diri terangkat. Dengan membacanya, maka Sobat sudah melakukan ibadah karena menyebut serta memuji Allah SWT.

bacaan dzikir supaya hati tenang

Kalimat dzikir tersebut merupakan gabungan dari dua surat yaitu Ali Imran ayat 173 yakni:

 ٱلَّذِينَ قَالَ لَهُمُ ٱلنَّاسُ إِنَّ ٱلنَّاسَ قَدْ جَمَعُوا لَكُمْ فَٱخْشَوْهُمْ فَزَادَهُمْ إِيمَٰنًا وَقَالُوا حَسْبُنَا اللهُ وَنِعْمَ ٱلْوَكِيلُ

Artinya : “(Yaitu) orang-orang (yang menaati Allah dan Rasul) yang ketika ada orang-orang mengatakan kepadanya, “Orang-orang (Quraisy) telah mengumpulkan pasukan untuk menyerang kamu, karena itu takutlah kepada mereka,” ternyata (ucapan) itu menambah (kuat) iman mereka dan mereka menjawab, “Cukuplah Allah (menjadi penolong) bagi kami dan Dia sebaik-baik pelindung.” (Q.SAli Imran Ayat 173)

Kemudian kelanjutannya terdapat dalam QS Al Anfal ayat 40 yang berbunyi:

:وَاِنْ تَوَلَّوْا فَاعْلَمُوْٓا اَنَّ اللّٰهَ مَوْلٰىكُمْ ۗنِعْمَ الْمَوْلٰى

 وَنِعْمَ النَّصِيْرُ 

 “Dan jika mereka berpaling, maka ketahuilah bahwasanya Allah Pelindungmu. Dia adalah sebaik-baik Pelindung dan sebaik-baik Penolong”. (Al Anfal 8:40) 

Bacaan lengkap dari dzikir penenang hati yaitu:

حَسْبُنَا اللهُ وَنِعْمَ الْوَكِيْلُ نِعْمَ الْمَوْلَى وَنِعْمَ النَّصِيْرُ

Artinya : “Cukuplah bagi kami Allah, sebaik-baiknya pelindung dan sebaik-baiknya penolong kami.”

2.       Dzikir Laa Ilaaha Illallaah

Bacaan dzikir supaya hati tenang yang perlu Sobat baca berikutnya yaitu Laa Ilaaha Illallah. Bahkan ini merupakan bacaan dzikir paling utama dan patut umat islam bacakan. Hal tersebut sebagaimana sabda Nabi Muhammad SAW dalam sebuah hadits:

وَعَنْ جَابِرٍ – رَضِيَ اللهُ عَنْهُ – قَالَ : سَمِعْتُ رَسُولَ اللهِ – صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ – ، يَقُوْلُ : (( أَفْضَلُ الذِّكْرِ : لاَ إِلهَ إِلاَّ اللهُ )) . رَوَاهُ التِّرْمِذِي ، وَقَالَ : (( حَدِيْثٌ حَسَنٌ ))

Dari Jabir radhiyallahu ‘anhu, ia berkata, bahwa ia mendengar Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Dzikir yang paling utama adalah laa ilaha illallah (tidak ada sesembahan yang berhak disembah selain Allah).” (HR. Tirmidzi, ia menyatakan bahwa hadits ini hasan) [HR. Tirmidzi, no. 3383. Al-Hafizh Abu Thahir mengatakan bahwa hadits ini hasan].

Di dalam kalimat tauhid Laa Ilaaha Illallah terkandung makna dzikir lainnya. Makna tersebut antara lain tahmid, tasbih, takbir, serta bentuk pengagungan kepada Allah SWT. Karena itu, bacaan dzikir satu ini mampu mendatangkan ketenangan hati dan kebaikan lainnya terhadap mereka yang membacanya.

3.       Ayat Kursi

Sobat Cahaya Islam juga bisa berdzikir dengan bacaan Ayat Kursi. Dengan membaca Ayat Kursi setiap hari maka nantinya Sobat merasakan energi positif di dalam hati. Sebab kandungan dalam Ayat Kursi begitu ampuh untuk menenangkan keresahan hati.

Bacaannya yakni:

اللَّهُ لَا إِلَهَ إِلَّا هُوَ الْحَيُّ الْقَيُّومُ لَا تَأْخُذُهُ سِنَةٌ وَلَا نَوْمٌ لَهُ مَا فِي السَّمَاوَاتِ وَمَا فِي الْأَرْضِ مَنْ ذَا الَّذِي يَشْفَعُ عِنْدَهُ إِلَّا بِإِذْنِهِ يَعْلَمُ مَا بَيْنَ أَيْدِيهِمْ وَمَا خَلْفَهُمْ وَلَا يُحِيطُونَ بِشَيْءٍ مِنْ عِلْمِهِ إِلَّا بِمَا شَاءَ وَسِعَ كُرْسِيُّهُ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضَ وَلَا يَئُودُهُ حِفْظُهُمَا وَهُوَ الْعَلِيُّ الْعَظِيمُ

Allah, tidak ada Tuhan (yang berhak disembah) melainkan Dia Yang Hidup kekal lagi terus menerus mengurus (makhluk-Nya); tidak mengantuk dan tidak tidur. Kepunyaan-Nya apa yang di langit dan di bumi. Tiada yang dapat memberi syafa’at di sisi Allah tanpa izin-Nya? Allah mengetahui apa-apa yang di hadapan mereka dan di belakang mereka, dan mereka tidak mengetahui apa-apa dari ilmu Allah melainkan apa yang dikehendaki-Nya. Kursi Allah meliputi langit dan bumi. Dan Allah tidak merasa berat memelihara keduanya, dan Allah Maha Tinggi lagi Maha Besar” (Al Baqarah ayat 255)

Sobat Cahaya Islam, itulah beberapa bacaan dzikir supaya hati tenang yang patut Sobat bacakan setiap hari. Amalkan dengan niat baik dan selalu ingat Allah SWT demi menghadirkan rasa tenang di dalam hati. 

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY