Mengeluh Ketika Sakit? Hati Hati Allah Membenci Hal Itu

0
244
Allah membenci orang yang mengeluh ketika sakit

Mengeluh Ketika SakitAda beberapa dari sobat cahaya islam disini yang suka ngomel ngomel kalo lagi sakit?  Entah ngomel ke keluarga atau orang disekitarnya karena sakit ya. Hal itu sebenernya sama saja secara tidak langsung mengeluh dan marah kepada Allah. Nah, sobat cahaya islam tahu nggak sih kalo Allah itu ga suka sama orang yang mengeluh ketika sakit atau ditimpa musibah dan cobaan? Kita bakal ulas lengkap tentang hal ini dalam artikel singkat kali ini.

Mengeluh Ketika Sakit Kepada Allah Terlebih Dahulu

Rasa sakit yang kita alami tak lain dan tak bukan berasal dari Allah. Para alim ulama yang kami temui semuanya menasihati untuk berkeluh kesah saja kepada Allah. Apa yang berasal dari Allah, kita kembalikan kepada Allah. Simple nya begitu. Daripada kita berkeluh kesah kepada orang lain tentang betapa malangnya kita yang diberi kesakitan. Akan lebih baik untuk menengadahkan tangan kita ke atas, dan meminta ampunan dan kesembuhan kepadaNya.

Dalam kisah Nabi Ayyub ‘alaihis salam, Allah berfirman tentang ketabahan seorang Ayyub menjalani penyakit hina sebagai ujian Allah.

إِنَّا وَجَدْنَاهُ صَابِرًا نِعْمَ الْعَبْدُ إِنَّهُ أَوَّابٌ

“Sesungguhnya Kami dapati dia (Ayyub) seorang yang sabar. Dialah Sebaik-baik hamba. Sesungguhnya dia Amat taat (kepada Tuhan-nya)” (Shad : 44), begitu pula ayat cerita Nabi Yaqub yang kehilangan anaknya. Segala kesedihan dan nestapanya, dilayangkan hanya kepada Allah. Sehingga Allah pun mengukuhkan namanya dalam kitab suci.

Allah berfirman tentang Nabi Ya’quub ‘alaihis salam,

قَالَ إِنَّمَا أَشْكُو بَثِّي وَحُزْنِي إِلَى اللَّهِ وَأَعْلَمُ مِنَ اللَّهِ مَا لا تَعْلَمُونَ

Ya’qub menjawab: “Sesungguhnya hanyalah kepada Allah aku mengadukan kesusahan dan kesedihanku, dan aku mengetahui dari Allah apa yang kamu tiada mengetahuinya.” (Yusuf : 86)

Sabar dan Syukur yang Menyertai Usaha Baik Tentu Jauh Lebih Baik daripada Mengeluh Ketika Sakit

Sabar adalah salah satu konsep penting dalam Islam. Ini mengajarkan umat Muslim untuk bersabar dalam menghadapi cobaan, termasuk sakit. Dalam Al-Quran, Allah SWT mengatakan bahwa Allah akan memberikan balasan yang besar kepada orang-orang yang bersabar dalam menghadapi cobaan, termasuk cobaan sakit.

sebaliknya, Meskipun Islam mengajarkan untuk bersabar dalam menghadapi sakit, itu juga mendorong umatnya untuk tetap bersyukur kepada Allah SWT atas segala hal, termasuk kesehatan. Bersyukur dapat membantu mengurangi perasaan keluh kesah. Meskipun Islam mengajarkan untuk bersabar, itu tidak berarti Anda tidak boleh berbicara tentang sakit atau mencari pengobatan. Islam tidak melarang berbicara tentang sakit atau mencari perawatan medis. Islam bahkan mendorong umatnya untuk mencari perawatan medis dan pengobatan yang perlu. Nabi Muhammad SAW sendiri memerintahkan umatnya untuk mencari obat ketika sakit.

***

Menjalani ketetapan Allah termasuk sakit tanpa mengeluhkan keadaan ataupun menghujat Allah karenanya merupakan satu pertanda bahwa keimanan kita baik. Tiada suatu hal di dunia ini terjadi kecuali atas ketentuan Allah. Sakit memang rasanya tidak enak, dan dengan rasa tidak nyaman itulah Allah menguji kita. Allah ingin tahu apakah hambaNya itu termasuk orang yang bersabar atau malah mengeluh dan menyalahkan Allah. Semoga kita menjadi hamba yang selalu bisa menemukan jalan untuk bersyukur ya.  Allahuma Aamiin.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY