Mengatasi Tantrum Anak Sesuai Ajaran Allah dan Rasulullah, Gimana Tuh?

0
1381
Mengatasi Tantrum Anak Sesuai Ajaran Allah dan Rasulullah

Mengatasi Tantrum Anak – Sobat cahayaislam yang gemar belanja grosir bulanan atau mingguan mungkin pernah mengalami kejadian ini satu hingga beberapa kali di supermarket dan tempat belanja: seorang anak yang ngambek dan nangis nangis kenceng karena gak diturutin keinginannya untuk beli sesuatu oleh orang tuanya. Level chaos nya cukup beragam ya. Ada yang cuman nangis doang sampai ada yang klesotan di lantai tempat belanja, hehe.

Itu baru ngelihat aja lho, bayangin aja gimana kalo jadi orang tua dari anak tersebut. Oleh karena itu perlu banget sih belajar dalam rangka melakukan persiapan terlebih dahulu soal hal ini. Mempelajari gimana cara mengatasi tantrum anak adalah hal yang perlu. Apalagi bagi sobat cahayaislam yang sudah punya anak kan.

Gimana Mengatasi Tantrum Anak dalam Islam? Kunci Utamanya Orang Tua

ما مِن مَوْلُودٍ إلَّا يُولَدُ علَى الفِطْرَةِ، فأبَوَاهُ يُهَوِّدَانِهِ أوْ يُنَصِّرَانِهِ، أوْ يُمَجِّسَانِهِ

Dalam hadits Riwayat Bukhari 1358 diatas kita mengetahui bahwa seorang anak terlahir dalam keadaan yang fitrah atau suci. Untuk perjalanan hidupnya kemudian, orang tua yang mengarahkan. Parenting terbaik untuk anak adalah dengan memberikan contoh yang baik. Maka dari itu, Jadilah teladan yang baik dengan mempraktikkan nilai-nilai Islam dalam kehidupan sehari-hari Anda. Anak-anak akan belajar banyak melalui pengamatan dan peniruan. Jika mereka melihat Anda menghadapi tantangan dengan kesabaran dan ketenangan, mereka akan cenderung mengikuti contoh Anda.

Komunikasi Baik dan Ajari Anak Tentang Pengendalian Emosi

Bicaralah dengan anak Anda dengan nada yang lembut dan penuh kasih. Cobalah untuk memahami apa yang menyebabkan tantrum tersebut dan berikan perhatian kepada anak. Dengarkan dengan sabar dan biarkan mereka mengungkapkan perasaan mereka. Ketika anak tantrum, ada baiknya kita sebagai orang tua tidak langsung membentak atau memarahi. Sabarkan diri dan biarkan anak anda hingga tenang.

Selanjutnya, Bantu anak Anda mengembangkan keterampilan pengelolaan emosi seperti pernapasan dalam, menghitung hingga sepuluh, atau mengalihkan perhatian mereka ke aktivitas yang positif. Ajarkan mereka bahwa mengendalikan emosi adalah tanda kekuatan, bukan kelemahan.

***

Kesimpulannya, belajar Parenting is important! Itu aja sih kira kira sedikit tips dan ulasan yang bisa kita kasih ke sobat cahayaislam. Kita percaya bahwa setiap orang tua memiliki Style dan karakteristik masing masing dalam mendidik anak. Hal ini dikarenakan setiap orang tua memiliki nilai yang dipegang dan kultur keluarga yang berbeda. Namun bukankah lebih baik bila kita menjadikan Ajaran Allah dan Rasulullah sebagai salah satu pedoman baik yang bisa kita gunakan? – Semoga bermanfaat ya! Happy Parenting!

Catatan Penting – Ingatlah bahwa setiap anak adalah unik, dan pendekatan yang efektif dapat berbeda untuk setiap individu. Penting untuk selalu memperlakukan anak dengan penuh kasih, mengajarkan mereka nilai-nilai Islam, dan memberikan dukungan yang konstruktif dalam mengelola emosi mereka.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY