Misca Chandrawinata Putus dengan Jessica, Ini Kadar Mencintai Seseorang Menurut Islam

0
109

Misca Chandrawinata Baru-baru ini dunia selebriti nasional dihebohkan dengan berita putusnya Mischa Chandrawinata dengan Jessica Mila Agnesia. Keduanya sempat menjalin hubungan selama kurang lebih dua tahun. Kandasnya hubungan mereka juga dikonfirmasi masing-masing pihak dalam video vlog milik Daniel Mananta.

Saat diwawancarai oleh pihak reporter salah satu kanal berita, Jessica mengaku putus dengan Mischa karena beberapa hal. Menurut aktris yang banyak mewarnai film layar lebar Indonesia ini Mischa Chandrawinata merupakan sosok yang belum dewasa. Hal tersebut berlawanan dengan kriteria yang diharapkan Jessica. Pun Mischa diakui Jessica terlalu memanjakannya sehingga berdampak pada sikap Jessica yang manja.

Meski rasa sayang Mischa terkesan begitu dalam pada Jessica hingga sesaat setelah hubungan mereka kandas, Mischa melarikan diri ke Bali dan berteman dengan miras. Mischa di mata Jessica merupakan sosok yang penyayang. Namun, karena terlalu dalam rasa kasih dan sayang yang diberikan Mischa ke Jessica semakin lama membuat Jessica tidak nyaman dan merasa terlalu dimanjakan.

Sobat Cahaya Islam, selain artis papan atas, kita juga tentu pernah menjumpai hal seperti yang dialami Mischa Chandrawinata di lingkungan sekitar kita. Entah itu teman atau bahkan kita sendiri. Namun, tahukah Sobat bahwa dalam Islam telah mengajarkan bagaimana seharusnya kita mencintai seseorang dan membenci seseorang.

Mischa Chandrawinata Terlalu Mencintai Jessica, Simak Hadist tentang Mencintai dan Membenci dalam Islam

Bersikap over dalam suatu hubungan terkadang menjadi sesuatu yang sebaiknya dihindari. Terlebih saat kita mengagumi, mencintai, atau bahkan membenci orang lain. Hal ini tentu bukan tanpa alasan karena mencintai dan membenci tidak boleh dilakukan dengan berlebihan, karena memang kita tidak boleh melakukan sesuatu secara berlebihan.

1.      Mencintai dan Membenci Sekadarnya

Sebagaimana yang telah dijelaskan pada uraian di atas bahwa mencintai maupun membenci tidak boleh dilakukan secara berlebihan. Saat kita mencintai orang lain secara berlebihan bukan tidak mungkin suatu saat orang tersebut dapat menjadi orang yang kita benci. Begitu juga sebaliknya saat kita membenci orang secara berlebihan. Hal ini sesuai dengan sabda Rasulullah SAW:

“Cintailah orang yang kamu cintai sekadarnya. Bisa jadi orang yang sekarang kamu cintai suatu hari nanti harus kamu benci. Dan bencilah orang yang kamu benci sekadarnya, bisa jadi di satu hari nanti dia menjadi orang yang harus kamu cintai.” (HR. At-Tirmidzi No. 1997)

2.      Perbuatan yang Tidak disukai Allah

Rasulullah telah melarang mencintai dan membenci seseorang secara berlebihan. Allah SWT pun tidak menyukai perbuatan yang dilakukan secara berlebihan. Kita diperkenankan melakukan segala sesuatu sekadarnya saja. Mencintai dan membenci sekadarnya tidak berlebihan karena dampaknya bisa saja membuat kita kecewa dan terluka sendiri.

Contoh lain pada perbuatan yang berlebih-lebihan adalah saat menuruti gaya hidup. Allah telah memerintahkan manusia untuk hidup secara sederhana. Tidak berlebihan dalam bertindak dan bertingkahlaku. Hal ini akan membawa dampak positif ke kehidupan kita sendiri. Maka dari itu, sebagai seorang hamba diberikan perasaan cinta dan benci kita harus bijak dalam mengendalikan perasaan tersebut.

Dari kisah cinta Mischa Chandrawinata dan Jessica Mila yang berujung kandas, kita dapat mengambil pelajaran berharga bahwa setiap kali kita terlalu mencintai seseorang bisa jadi suatu saat kita akan dikecewakan hingga merasa kehilangan sesuatu yang besar.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY