Maulid Nabi 2023, Wujud Cinta Umat Pada Rasulullah

0
227
Maulid Nabi 2023

Maulid Nabi 2023 – Beberapa hari sebelum Maulid Nabi 2023, sudah banyak umat muslim yang sibuk melakukan persiapan menjelang perhelatan acara tersebut. Bahkan, sebagian besar daerah di Indonesia mengadakan pengajian akbar dan sholawat bersama guna memperingati hari kelahiran Rasulullah SAW.

Sobat Cahaya Islam, Maulid Nabi 2023 merupakan momen yang sangat penting bagi umat terlebih menjadi pengingat diri akan perjuangannya beliau.

Perjuangan apa? Yakni perjuangan menegakkan kalimatullah di tengah umat yang durjana. Lantas, bagaimana seharusnya umat mengambil hikmah dalam aktivitas Maulid Nabi?

Meneladani Rasulullah melalui Maulid Nabi 2023

Salah satu hal yang dapat diambil hikmahnya dari Maulid Nabi 2023 yakni momen kelahiran Rasulullah dan kepercayaan umat akan kemenangan Islam. Tak dapat dipungkiri bahwa maulid nabi adalah momen mulia untuk mengingatkan para pemuda meningkatkan kecintaan terhadap Rasulnya.

Selain itu, kendati teknologi semakin canggih, tak dapat dipungkiri bahwasannya masih ada kelompok pemuda yang tidak mengetahui kelahiran beliau apalagi sepak terjangnya menyampaikan syiar Islam. Naudzubillah.

Bukan sepenuhnya salah mereka, sebab kadang memang sirah nabawiyah sendiri menjadi hal yang tabu pada sebagian pemuda.

Mengadakan maulid nabi tentu bukan hanya menjadi momen selebrasi saja. Namun lebih dari itu, umat perlu memahami terkait pentingnya membuktikan pada dunia bagaimana wujud cinta nabi yang sebenarnya.

Sehingga tidak hanya terbatas pada seremonial belaka, namun juga mengajak para pemuda aktif meneladani Rasulullah dan mewarisi apa yang beliau lakukan semasa hidup. Lantas, apa saja yang bisa dilakukan umat untuk menyambut momen kelahiran Rasulullah SAW?

Tips Mengisi Kegiatan Momen Maulid Nabi

Ada beberapa kegiatan yang bisa dilakukan umat untuk merayakan Maulid Nabi dengan cara yang ahsan. Diantaranya yakni sebagai berikut :

1.    Mengisahkan Perjuangan Rasulullah

Hal pertama yang perlu dilakukan yakni dengan mengisahkan perjuangan Rasulullah dalam menyampaikan kebenaran Islam. Tentu saja, gaya penyampaian bisa disesuaikan dengan para audience yang mendengarkan, sehingga mudah diserap oleh yang lainnya.

Maulid Nabi 2023

Idealnya, kehadiran teknologi serba canggih sekarang dapat menjadi wasilah bagi umat untuk menyampaikan Islam dengan visual yang epik dan khas.

Namun, nyatanya alih – alih menyebarkan kebaikan Islam, masih ada beberapa golongan yang malah memperburuk citra Islam. Naudzubillah.

Oleh karena itu, perjuangan Rasulullah tentu tidak bisa asal diceritakan saja, namun perlu keilmuan yang mendalam di dalamnya. Makanya umat butuh belajar.

Selain mendapatkan ilmu yang cukup, belajar juga akan memberikan kemuliaan sebagaimana yang termaktub dalam surat Al Mujadilah ayat 11 yakni :

يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْٓا اِذَا قِيْلَ لَكُمْ تَفَسَّحُوْا فِى الْمَجٰلِسِ فَافْسَحُوْا يَفْسَحِ اللّٰهُ لَكُمْۚ وَاِذَا قِيْلَ انْشُزُوْا فَانْشُزُوْا يَرْفَعِ اللّٰهُ الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا مِنْكُمْۙ وَالَّذِيْنَ اُوْتُوا الْعِلْمَ دَرَجٰتٍۗ وَاللّٰهُ بِمَا تَعْمَلُوْنَ خَبِيْرٌ

Artinya : Wahai orang-orang yang beriman! Apabila dikatakan kepadamu, “Berilah kelapangan di dalam majelis-majelis,” maka lapangkanlah, niscaya Allah akan memberi kelapangan untukmu. Dan apabila dikatakan, “Berdirilah kamu,” maka berdirilah, niscaya Allah akan mengangkat (derajat) orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu beberapa derajat. Dan Allah Mahateliti apa yang kamu kerjakan.

2.    Memperbanyak Sholawat dan Menerapkan Islam dalam Kehidupan

Hal selanjutnya yang bisa dilakukan yakni dengan menyerukan bacaan sholawat sekaligus mensyiarkan pentingnya penerapan syariat dalam kehidupan.

Menerapkannya adalah bentuk konsekuensi dari ibadah. Hal ini sebagaimana firman Allah Ta’ala dalam surat Adz Dzariyat ayat 56 yakni :

وَمَا خَلَقْتُ الْجِنَّ وَالْاِنْسَ اِلَّا لِيَعْبُدُوْنِ

Artinya : Aku tidak menciptakan jin dan manusia melainkan agar mereka beribadah kepada-Ku.

Maulid Nabi 2023

Rasulullah merupakan sosok yang mulia dan menjadikan Islam sebagai poros kehidupan.

Maka dari itu, sebagai mukmin yang baik, perlu ditanamkan dalam diri untuk bisa menerapkan Islam di seluruh lini kehidupan. Hal ini sebagaimana firman Allah Ta’ala dalam surat Al Baqarah ayat 208 yakni :

يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوا ادْخُلُوْا فِى السِّلْمِ كَاۤفَّةً ۖوَّلَا تَتَّبِعُوْا خُطُوٰتِ الشَّيْطٰنِۗ اِنَّهٗ لَكُمْ عَدُوٌّ مُّبِيْنٌ

Artinya : Wahai orang-orang yang beriman! Masuklah ke dalam Islam secara keseluruhan, dan janganlah kamu ikuti langkah-langkah setan. Sungguh, ia musuh yang nyata bagimu.

Nah Sobat Cahaya Islam, demikianlah ulasan yang berkaitan dengan Maulid Nabi 2023 dan beberapa cara yang bisa dilakukan para pemuda untuk mengisi momen mulia tersebut. Semoga ulasannya bermanfaat.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY