Intip Bagaimana Konsep Keluarga Dalam Islam

0
62
Konsep Keluarga Dalam Islam

Tanya jawab islam tentang keluarga – Islam merupakan agama yang lembut dan juga fleksibel. Dengan kata lain, ajaran islam ini bukanlah ajaran agama yang kaku. Karena agama islam itu sendiri penuh dengan toleransi, namun juga tetap harus pada aturan agama yang berlaku. Dalam aturan agama islam, ada banyak hal yang menerangkan mengenai Keluarga. Yuk Intip Bagaimana Konsep Keluarga Dalam Islam !

Hal ini karena rumah tangga atau pernikahan adalah kehidupan yang panjang untuk dijalani. Sehingga banyak dibahas untuk membantu para umat muslim membina keluarga yang sakinah, mawadah dan warohmah. Pada ulasan berikut ini, apa konsep keluarga dalam islam? mari kita temukan jawabannya.

Untuk membangun keluarga yang benar, maka agama adalah pedoman yang harus ditanamkan dengan baik sejak dini. Sehingga bukan hanya untuk yang sudah menjalani hidup berumah tangga. Namun putra putri kita bisa memiliki ilmu yang cukup untuk menjalankan kehidupan dengan baik. Sehingga tidak terjadi perilaku negatif karena kurangnya ilmu mengenai agama.

Oleh karena itu, keluarga merupakan penentu untuk lahirnya generasi yang baru dan juga baik. Keluarga harmonis akan mempengaruhi untuk pertumbuhan putra putri sekaligus untuk pasangan yang menjalankan rumah tangga itu sendiri. Lalu bagaimana konsep keluarga dalam islam pada tanya jawab islam tentang keluarga ini?

Konsep Keluarga Dalam Islam

Untuk menjalankan kehidupan keluarga, maka ada tujuan yang sudah pasti ingin dicapai. Seperti membentuk keluarga yang harmonis, yang bahagia, yang berkualitas dan yang beragama. Untuk membentuk dan mencapai konsep tersebut. Tentu anda harus memiliki beberapa hal untuk bisa menciptakan keluarga impian anda.

Dalam tanya jawab islam tentang keluarga ini, ada beberapa konsep keluarga yang harus diwujudkan. Sehingga bukan hanya menciptakan keluarga seperti yang diharapkan. Namun juga keluarga yang memegang teguh prinsip agama. Sehingga apapun yang ada dalam keluarga adalah aturan-aturan agama yang dianjurkan.

Kewajiban suami-istri

Merupakan hal yang harus diperhatikan dalam konsep keluarga itu sendiri menurut islam. Disini terdapat aturan mengenai kewajiban dari suami dan istri. Sebagai seorang muslim, kita tahu bahwa tugas seorang laki-laki atau suami adalah sebagai pemimpin keluarga.

Bukan hanya itu saja, suami juga berkewajiban untuk memberi nafkah kepada istri dan anak-anak. Serta bertanggungjawab dengan keluarga yang dipimpinnya. Begitu juga dengan tugas istri yang merupakan madrasah bagi anak-anaknya dan bertugas untuk melayani suami dan mengurus keluarganya dengan baik tentunya. Dalam konsultasi syariah pernikahan ini jelas sekali, bahwa keduanya memiliki kewajiban untuk dijalankan.

Mendidik anak

merupakan salah satu konsep keluarga yang harus dijalankan. Dalam tanya jawab islam tentang keluarga ini, mendidik anak dijelaskan sebagai bagian penting untuk membentuk keluarga yang baik. Mendidik anak memang tugas seorang istri, namun juga harus didukung dengan suami.

Proses ini akan menentukan juga kualitas keluarga yang akan terbentuk nanti. Itu sebabnya, mendidik anak pun juga didasarkan dengan aturan agama yang ada. Sehingga nantinya bisa berjalan dengan baik sesuai dengan syariat agama. Pastikan juga bahwa nilai agama ditanamkan dnegan baik dalam keluarga.

Konsep keluarga harusnya ditanamkan bukan ketika membangun keluarga, namun mulai dari ketika sebelum dilakukan pernikahan. Seperti konsep yang sudah dijelaskan pada tanya jawab islam tentang keluarga. Maka dari itu, untuk membangun keluarga diperlukan ilmu agama yang cukup. Bahkan seharusnya ini dipelajari sejak dini agar nantinya membantu untuk kesiapan membangun rumah tangga. Semoga ulasan tanya jawab rumah tangga dalam islam ini dapat membantu anda untuk mengetahui bagaimana konsep keluarga dalam islam.

TIDAK ADA KOMENTAR

Ikut Berkomentar Yuk!