Kiat untuk Melancarkan Rezeki, Lakukan Ini!

0
116
Kiat untuk Melancarkan Rezeki 1

Kiat untuk melancarkan rezeki – Rezeki adalah suatu berkah atau pemberian yang Allah limpahkan kepada umat manusia agar dapat melangsungkan hidup dengan baik. Itu sebabnya, rezeki dikatakan sebagai sesuatu yang sudah Allah atur untuk tiap-tiap hamba-Nya. Sehingga kita tidak dapat mengukur atau membandingkan rezeki yang kita peroleh dengan yang orang lain peroleh.

Dalam islam, rezeki adalah sesuatu yang bisa untuk kita usahakan. Walaupun Allah telah mengatur sesuai porsinya, namun kita bisa berdoa, berusaha dan meminta agar Allah mencukupkan segalanya. Tentu saja ini perlu kita imbangi dengan usaha lainnya. Jangan sampai kita sebagai seorang muslim hanya meminta rezeki berlimpah untuk urusan duniawi saja. Lalu bagaimana untuk bisa melancarkan rezeki?

Kiat untuk Melancarkan Rezeki 2

Kiat untuk Melancarkan Rezeki, Lakukan Beberapa Hal Ini

Kiat untuk melancarkan rezeki bisa kita lakukan agar Allah mempermudah urusan kita untuk mendapatkan kecukupan. Tentu saja kembali lagi pada ketentuan Allah SWT. Dalam hal ini, berikhtiar adalah tindakan yang dianjurkan. Sehingga sebagai manusia, kita tidak hanya berdiam diri kemudian berpasrah pada keadaan saja. Sedangkan Allah pun menginginkan kaum muslimin untuk berusaha.

وَيَرْزُقْهُ مِنْ حَيْثُ لَا يَحْتَسِبُ ۚ وَمَنْ يَتَوَكَّلْ عَلَى اللَّهِ فَهُوَ حَسْبُهُ ۚ إِنَّ اللَّهَ بَالِغُ أَمْرِهِ ۚ قَدْ جَعَلَ اللَّهُ لِكُلِّ شَيْءٍ قَدْرًا

Dan memberinya rezeki dari arah yang tiada disangka-sangkanya. Dan barangsiapa yang bertawakkal kepada Allah niscaya Allah akan mencukupkan (keperluan)nya. Sesungguhnya Allah melaksanakan urusan yang (dikehendaki)Nya. Sesungguhnya Allah telah mengadakan ketentuan bagi tiap-tiap sesuatu.

Ayat ini menunjukkan bahwasanya Allah telah menjamin rezeki bagi tiap-tiap makhluk-Nya sesuai yang Allah kehendaki. Itu sebabnya, kita dianjurkan untuk terus bertawakal dan tentunya berusaha sehingga Allah memberikan apa yang kita butuhkan. Lalu bagaimana kiat untuk dapat melancarkan pintu rezeki menurut islam?

Bersyukur dan Bersabar

Salah satu cara untuk memperoleh kemudahan dalam urusan hidup adalah dengan bersyukur serta bersabar. Barangsiapa yang bersyukur maka Allah pun akan menambahkan nikmat untuknya. Apabila kita bersabar, maka kelak kita akan dapat melihat hal-hal baik yang pasti Allah berikan.

Istiqomah Dalam Berdoa

Allah menyukai golongan orang yang berdoa dan meminta kepada-Nya. Maka dari itu, kaum muslimin harus rajin berdoa dan istiqomah. Sehingga Allah dapat melihat kesungguhan dari doa-doa yang kita panjatkan untuk minta Allah kabulkan.

Bersedekah Dengan Ikhlas

Allah dapat memberikan rezeki dari pintu manapun yang Allah kehendaki. Itu sebabnya, selain terus bersabar dan bertawakal, kita juga perlu bersedekah. Memberikan sebagian rezeki meskipun sedikit untuk orang yang membutuhkan dapat juga melancarkan jalan kita lho sobat CahayaIslam.

Bertawakal Kepada Allah SWT

Seperti yang tertulis dalam ayat Al Quran bahwasanya Allah memerintahkan kaum muslimin untuk bertawakal kepada-Nya. Kemudian Allah akan mencukupkan baginya dari tiap-tiap sesuatu yang kita butuhkan.

Kiat untuk melancarkan rezeki – Ada beberapa hal yang dapat dilakukan seorang muslim agar pintu rezeki terbuka dan diberikan kemudahan. Diantaranya tentu saja bertawakal dan berdoa dengan sungguh-sungguh kepada Allah SWT. Semoga kita termasuk golongan orang yang akan Allah permudah dan cukupkan ya.


Catatan Kaki:

(1) – Surat At-Talaq Ayat 3

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY