Keutamaan Shalat Fajar di Bulan Ramadhan

0
22
keutamaan shalat fajar

Keutamaan Shalat Fajar – Bulan Ramadhan adalah momen yang tepat untuk mendulang berbagai pahala termasuk keutamaan shalat fajar. Shalat Fajar baisa disebut shalat sunnah qabliyah yang dilakukan sebelum shalat Shubuh dilaksanakan. Walaupun hanya berjumlah dua rakaat, faktanya shalat Fajar sulit untuk dilaksanakan secara terus menerus.

Sobat Cahaya Islam, karea keutaman shalat Fajar sangatlah istimewa di mata Allah SWT, maka dari itu tak banyak yang mampu memeprjuangkannya. Hanya umat pilihan yang rela dan berjuang untuk bangun sebelum masuknya waktu Shubuh.

Apa Keutamaan Shalat Fajar bagi Kaum Muslimin?

Rasulullah SAW menyampaikan bahwa keutamaan shalat fajar yang dilakukan kaum muslimin lebih berharga dari dunia dan seisinya. Bayangkan saja, berapa harga dunia beserta isinya dijual, dan ternyata hal itu tak lebih baik dari shalat fajar yang dilakukan kaum muslimin. Sungguh, suatu keutamaan yang sangat jarang bisa didapatkan.

Hal ini sesuai dengan apa yang Allah SWT sampaikan melalui lisan Rasulullah SAW yakni :

Dari ‘Aisyah radhiyallahu ‘anha, ia menyatakan, “Dua rakaat shalat Sunnah Fajar lebih baik daripada dunia dan seisinya.” (HR. Muslim). Dalam riwayat lain disebutkan, “Dua rakaat shalat Sunnah Fajar lebih aku sukai daripada dunia semuanya.” [HR. Muslim, no. 725]

Bisa jadi, umat muslim di dunia mengalami banyak cacian dan makian sebagai ujian hidup, namun ternyata karena seringnya melaksanakan shalat Fajar umat tersebut malah diberikan keutamaan di mata para penghuni langit.

Namun, di era kecanggihan teknologi sekarang rasamnya sulit untuk tetap bisa melaksanakan shalat fajar di bulan Ramadhan tanpa filosofi. Artinya, jika umat tak mengetahui esensi  dari shalat tersebut maka udah bisa dipastikan shalat ini akan dibiarkan berlalu karena hukumnya sekedar sunnah.

Padahal Bulan Ramadhan adalah bulan dilipatgandakannya pahala ibadah umat muslim. Artinya, walaupun hukumnya sunnah di mata Allah SWT tetap saja akan ada limpahan bonus yang diberikan dan tidak bisa dihitung dengan nalar manusia.

Tips Rutinkan Shalat Fajar

Supaya Sobat Cahaya Islam bisa mendapatkan keutamaan shalat sunnah ini ada banyak perjuangan yang ditempuh. Bayangkan saja Sobat Cahaya Islam adalah pasukan garda terdepan di Bulan ramadhan yang melawan hawa nafsu. Berikut beberapa tips yang bisa penulis bagikan agar rutin shat sunnahnya :

1.      Tidak Tidur Setelah Sahur

keutamaan shalat fajar

Tips pertama yng dilakukan yakni tanamkan dalam pola pikir bahwa “haram tidur setelah sahur”. Sebab tertidur setelah s ahur adalah salahs atu gerbang yang menyebabkan shalat Fajar tak bisa dilaksanakan. Walaupun sudah mempercayakan pada jam digital, tetap saja ada kemungkinan untuk tak bangun.

Selingi dengan mengaji ataupun mengobrol yang bermanfaat bersama keluarga dan teman untuk menunggu masuknya waktu shubuh. Ketika adzan berkumandang, segera dirikanlah shalat sunnah fajar.

2.      Kuatkan Filosofi

keutamaan shalat fajar

Sebelum ada pogram tak tidur setelah sahur, sudah seharusnya kaum muslimin melakukan penguatan secara internal yakni menguatkan aqidah. Hal ini dimaksudkan agar diri tak mudah terjerat dengan godaan tidur maupun tontonan tak layak saat dan setelah sahur. Hal ini memang tidak membatalkan puasa, hanya saja dapat mengurangi pahala puasa.

Nah, Sobat Cahaya Islam itu tadi pembahasan tentang keutamaan shalat fajar dan tips untuk rutin melaksanakannya. Semoga di Bulan Ramadhan ini, seluruh umat muslim diberi kemudahan untuk menjalankan puasa ssekaligus ibadah wajib maupun sunnah lainnya terutama shalat fajar. Aamin.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY