Rezeki Tak Berwujud yang Wajib Disyukuri oleh Umat Muslim

0
602
rezeki tak berwujud

cahayaislam.id – Rezeki yang diturunkan ke bumi oleh Allah SWT dikelompokkan menjadi dua kategori, yakni rezeki berwujud dan rezeki tak berwujud.

Rezeki yang berwujud adalah pemberian dari Allah SWT yang dapat kita lihat bentuk dan wujudnya. Seperti uang untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari, makanan, minuman, pakaian, serta tempat tinggal.

Sedangkan rezeki yang tak berwujud merupakan pemberianNya yang tidak bisa kita lihat dengan kasat mata, akan tetapi bisa kita rasakan manfaat dan juga kenikmatannya. Apakah Anda pernah berpikir bahwa rezeki tersebut hadir dalam kehidupan kita dengan bentuk yang lain?

Ada banyak sekali rezeki yang tidak berwujud, biasanya kita peroleh tanpa sadar dan jarang bisa kita rasakan. Hal demikian akhirnya cenderung membuat kita tidak mensyukurinya.

Akibatnya, kita menjadi hamba yang kurang bersyukur, parahnya lagi dapat membuat kita selalu mengukur rezeki hanya berdasarkan materi yang tampak oleh mata saja.

Nah, Sobat Cahaya Islam, lantas apa saja yang termasuk ke dalam kategori rezeki yang tak memiliki wujud? Di mana Allah SWT senantiasa melimpahkan rezeki itu pada kehidupan setiap hambaNya? Demikian penjelasannya.

Rezeki Tak Berwujud yang Wajib Disyukuri oleh Umat Muslim

Rezeki yang tak berwujud apakah yang sudah kita peroleh selama ini?

1.      Kesehatan

Kesehatan adalah sebuah wujud dari rezeki yang kita dapatkan setiap hari. Meskipun tidak berwujud namun kita senantiasa merasakan kenikmatannya.

Orang yang sehat biasanya cenderung lebih produktif untuk melakukan berbagai hal. Baik bagi keluarga, masyarakat, lingkungan di tempat kerja maupun diri sendiri.

rezeki tak berwujud

Tak hanya itu, kesehatan adalah satu anugerah yang nilainya tidak dapat diukur dengan materi. Contohnya saja orang sedang ditimpa musibah sakit maka dia akan berusaha untuk sembuh apapun caranya.

Salah satunya adalah dengan mengeluarkan sejumlah uang untuk membayar biaya berobat.

2.      Cinta dalam Keluarga

Kita sebaiknya tidak pernah meremehkan cinta yang ada dalam keluarga. sebab cinta tersebut bisa memberikan kekuatan dan juga nilai-nilai kehidupan yang nantinya akan kita nikmati sepanjang hidup.

Cinta dalam keluarga juga membuat kita mampu bertahan dari segala cobaan hidup dan berbagai tantangan.

Cinta dalam keluarga tidak dapat dibeli dengan materi, misalnya saat kita pulang ke rumah sepulang kerja melihat senyum tulus dari istri/suami serta anak-anak maka kita akan merasakan bahwa cinta itu hadir.

3.      Kebahagiaan

Kebahagian adalah salah satu rezeki yang tidak berwujud dan sering kali lupa untuk kita syukuri. Padahal, kebahagian datang dari hati dan mampu membuat kita merasakan bahwa hidup yang kita jalani saat ini sangatlah berarti.

rezeki tak berwujud

Orang yang bahagia, hatinya pun akan terasa tenang dan juga gembira. Maka dari itu jagalah kebahagiaan yang kita miliki saat ini dengan cara memperbanyak syukur kepada Allah SWT.

Itulah beberapa rezeki yang tidak berwujud namun selalu kita dapatkan setiap hari. Sudahkan kita bersyukur atas rezeki tersebut?

Allah SWT berfirman :

فَبِاَ يِّ  اٰلَآ ءِ  رَبِّكُمَا  تُكَذِّبٰنِ

“Maka nikmat Tuhanmu yang manakah yang kamu dustakan?”

(QS. Ar-Rahman 55)

Demikian di atas adalah ulasan tentang rezeki tak berwujud yang wajib untuk disyukuri oleh umat muslim. Semoga artikel ini bermanfaat.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY