Bagaimana Hujan Es Jogja Terjadi? Simak Proses Terjadinya Hujan dan Hal Unik tentang Hujan dalam Al-Quran

0
35

Hujan Es Jogja – Fenomena alam kembali terjadi. Hujan es Jogja terjadi pada Rabu (3/3) siang hari. Hujan es juga terjadi di beberapa Daerah Istimewa Yogyakarta seperti Sleman, Turi, dan Kotabaru. Sejak Selasa daerah Turi telah mengalami hujan es sebesar kelereng.

Mengutip Tirto.id dari hasil wawancara bersama Sigit Hadi Prakosa selaku Kepala BMKG Yogyakarta yang membenarkan hujan es Jogja pada Selasa dan Rabu kemarin. Menurut Sigit hujan es dapat terjadi pada rentang bulan Maret hingga April disejumlah daerah di Jogja dan sekitarnya.

Menurut Sigit, selain hujan es Jogja, beberapa wilayah lain yang berpotensi hujan es adalah Sleman, sebagian besar kota Jogja, Cangkringan, Turi, Ngaglik, Ngemplak, Pakem, Kulonprogo, Kalibawang, Samigaluh, dan Girimulyo.

Selain itu, Sigit juga menjelaskan bagaimana fenomena hujan es Jogja terjadi. Ciri-ciri hujan es juga dapat diketahui seperti: terjadi pada musim pancaroba atau sekitar bulan Maret hingga April, hujan bersifat sporadis lokal alias tidak merata, juga terjadi pada siang atau sore hari.

Hujan es terjadi bersama dengan hujan lebat. Sebelum hujan turun terjadi kondensasi di bumi sehingga uap udara di bumi naik ke awan dan menggumpal membentuk titik-titik air dan mengkristal. Titik-titik air tersebut akan terlihat sebagai awan Cumulonimbus. Saat awan tidak mampu menampung berat kristal air maka turun ke bumi menjadi hujan.

Hujan Es Jogja dan Berkah dari Turunnya Air Hujan

Selain hujan dalam bentuk air ternyata di kawasan Indonesia juga dapat terjadi hujan es. Berbeda dengan hujan salju yang hanya akan terjadi di negara dengan belahan dunia bagian lain. Hujan itu rahmat dari Tuhan, sehingga doa mustajab juga disebut saat hujan turun.

Sobat Cahaya Islam, kita telah mengetahui bagaimana hujan es Jogja terjadi. Berikutnya kita akan membahas apa saja keutamaan saat hujan turun. Selain itu, apa saja yang dapat kita lakukan saat hujan turun utamanya kita dapat meniru perilaku Rasulullah SAW. Simak penjelasannya berikut ini:

1.     Berdoa

Dalam sebuah hadist dijelaskan bahwa Rasulullah berdoa ketika melihat awan mendung atau awan hitam atau angin kencang yang menandakan terjadinya hujan. Rasulullah berdoa agar angin atau hujan yang nantinya turun tidak membawa bencana atau malapetaka, tetapi membawa berkah. Oleh sebab itu dalam Al-Quran juga disebutkan sebagai berikut:

“Kami turunkan dari langit air yang berkah (banyak manfaatnya) lalu Kami tumbuhkan dengan air itu pohon-pohon dan biji-biji tanaman yang diketam”. (QS. Qaf Ayat 9)

Berikut ini doa ketika hujan turun:

Allâhumma shayyiban haniyyâ wa sayyiban nâfi‘â.

2.     Menyingkap Pakaian

Sebagaimana dijelaskan di atas bahwa hujan adalah rahmat dari Tuhan, maka dalam sebuah riwayat hadist sahabat menjelaskan bahwa Rasulullah menyingkap pakaian ketika hujan hingga pakaian beliau terkena air hujan. Melalui tindakan menyingkap pakaian ini Rasulullah bertabarruk (Mengambil berkah) dengan hujan tersebut.

Rasulullah SAW bersabda:

“Telah menceritakan kepada kami Qutaibah bin Sa’id dan Musaddad secara makna, keduanya berkata; telah menceritakan kepada kami Ja’far bin Sulaiman dari Tsabit dari Anas ia berkata, “Pernah kami dan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam kehujanan, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam kemudian keluar seraya menyingkap (menyingsing) kainnya hingga terkena air hujan. Maka kami pun bertanya, “Wahai Rasulullah, kenapa engkau lakukan hal itu?” beliau menjawab: “Karena hujan adalah ciptaan yang baru saja diciptakan oleh Tuhan-Nya.” (yakni Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam ingin bertabarruk (mandapatkan barakah Allah) dengan hujan)” (HR. Abu Dawud Nomor 4435)

Nah, Sobat Cahaya Islam, melalui fenomena hujan es Jogja ini kita semua dapat mengetahui bahwa selain dalam bentuk air, hujan juga dapat turun dalam bentuk es. Selain itu, kita juga dapat mengambil keberkahan hujan sebagaimana yang Rasulullah SAW lakukan. Berdoa dan menyingkap pakaian sampai terkena air hujan. Wallahu a’lam.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY