Ketahui Apa Penyebab Munculnya Hadis Hadis Palsu, Waspadalah!

0
80
penyebab munculnya hadis hadis palsu

Penyebab munculnya hadis hadis palsu – Sobat Cahaya Islam, waspadalah terhadap apa penyebab munculnya hadis hadis palsu yang dapat memecah belah umat Islam. Kemunculan hadis palsu ini tidak hanya terjadi di zaman modern saja. Sejak zaman para khalifah dan sahabat Nabi masih hidup, hadis palsu sudah banyak bermunculan.

Namun, pada zaman tersebut, kemunculan hadis palsu masih dapat ditanggulangi. Hal ini dikarenakan masih banyak tabi’in yang menjaga hadis Nabi Muhammad SAW. Di zaman sekarang, kemunculan hadis palsu sangat mengkhawatirkan dan motif di balik kemunculannya sangat beragam.

Apa Penyebab Munculnya Hadis Hadis Palsu yang Meresahkan?

Hadis Rasulullah Muhammad SAW sangat penting dikarenakan hadis merupakan salah satu pedoman hidup umat Islam selain Al Qur’an.  Hadis merupakan tuntunan yang  berisi ajaran Rasulullah. Allah telah memerintahkan umat Islam untuk mengikuti semua ajaran yang Baginda Rasul sebagaimana tercantum dalam QS. An Nisa’ ayat 80,

مَنْ يُّطِعِ الرَّسُوْلَ فَقَدْ اَطَاعَ اللّٰهَ ۚ وَمَنْ تَوَلّٰى فَمَآ اَرْسَلْنٰكَ عَلَيْهِمْ حَفِيْظًا ۗ

“Barangsiapa menaati Rasul (Muhammad), maka sesungguhnya dia telah menaati Allah. Dan barangsiapa berpaling (dari ketaatan itu), maka (ketahuilah) Kami tidak mengutusmu (Muhammad) untuk menjadi pemelihara mereka.” (QS An Nisa’ : 80)

Jika kita mengikuti hadis yang palsu, tentu saja akan merusak tatanan dan pedoman hidup yang seharusnya diikuti. Hal ini harus dihindari dan umat Islam harus mengetahui apa saja yang menyebabkan ini terjadi. Mengapa hadis palsu ini bermunculan?

1. Latar Belakang  Kepemimpinan dan Kepentingan Politik

Dalam kitab Al Manhalul Lathif fi Ushulil Hadits As-Syarif, Sayyid Muhammad Alawi menuliskan bahwa pada tahun 41 H terjadi perpecahan kaum muslimin akibat pergolakan politik. Umat Islam terbagi menjadi golongan Syiah, Khawarij dan Jumhur. Hal ini memicu munculnya ahli bid’ah yang melahirkan hadis palsu dikalangan umat untuk mendukung golongannya.

2. Rencana Untuk Mengotori Kesucian Agama Islam

Apa penyebab munculnya hadis hadis palsu selanjutnya yaitu fitnah terhadap ajaran Rasul. Para pembuat hadis palsu memiliki maksud untuk mengotori agama Islam dengan mengeluarkan hadis yang bertentangan. Dengan demikian, umat Islam akan meyakini sebuah ajaran yang salah dan mengaplikasikannya dalam kehiduoan mereka.

penyebab munculnya hadis hadis palsu

3. Ingin Memiliki Pedoman Sendiri yang Sesuai dengan Zaman

Hadis adalah tuntunan dan ajaran Rasul, walaupun dibuat pada zaman dahulu kala namun tetap relevan dengan kehidupan di masa kini. Pemikiran bahwa hadis tidak sesuai dengan kebutuhan zaman sangat tidak masuk akal. Para pembuat hadis palsu ini hanya berdalih demi kepentingan umat untuk mendukung hawa nafsu pribadinya.

Allah telah berfirman lewat QS Ali Imran ayat 164,

لَقَدْ مَنَّ اللّٰهُ عَلَى الْمُؤْمِنِيْنَ اِذْ بَعَثَ فِيْهِمْ رَسُوْلًا مِّنْ اَنْفُسِهِمْ يَتْلُوْا عَلَيْهِمْ اٰيٰتِهٖ

وَيُزَكِّيْهِمْ وَيُعَلِّمُهُمُ الْكِتٰبَ وَالْحِكْمَةَۚ وَاِنْ كَانُوْا مِنْ قَبْلُ لَفِيْ ضَلٰلٍ مُّبِيْنٍ

“Sungguh, Allah telah memberi karunia kepada orang-orang beriman ketika (Allah) mengutus seorang Rasul (Muhammad) di tengah-tengah mereka dari kalangan mereka sendiri, yang membacakan kepada mereka ayat-ayat-Nya, menyucikan (jiwa) mereka, dan mengajarkan kepada mereka Kitab (Al-Qur’an) dan Hikmah (Sunnah), meskipun sebelumnya, mereka benar-benar dalam kesesatan yang nyata.”(Q.S Ali Imran : 164)

Disini dituliskan bahwa Allah SWT mengutus Rasul untuk menyampaikan wahyu dan ajaran. Tentu saja ajaran tersebut tidak akan pernah lekang oleh zaman.

4. Sifat Penjilat dan Ingin Membuat Pemimpin Senang

Hal ini terjadi pada zaman khalifah Abbasiyah ketika konflik politik dikalangan pemimpin umat Islam memanas. Banyak yang membuat hadis palsu agar bisa dekat dengan pemerintah. Hadis hadis palsu dibuat untuk mengambil hati para khalifah saat itu.

5. Berniat Baik Namun Pendalaman Agama Kurang

Apa penyebab munculnya hadis hadis palsu terakhir yaitu niat untuk menarik simpati orang agar berbuat baik. Golongan ini menciptakan hadis palsu untuk menarik perhatian orang dengan mengikuti ajaran dari hadis yang dibuatnya. Niatnya memang mulia tapi tidak diiringi oleh pemahaman yang benar.

penyebab munculnya hadis hadis palsu

Sobat Cahaya Islam, hadis merupakan tuntunan hidup dan sumber hukum yang penting bagi umat Islam. Keberadaan hadis palsu merupakan hal yang harus diwaspadai dan dicegah penyebarannya. Dengan mengetahui apa penyebab munculnya hadis hadis palsu, semoga kita semua lebih waspada dan mawas diri.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY